Hadiah Ucapan Ultah Anak di Miao Mi Birthday Stars

Hadiah Ucapan Ultah Anak di Miao Mi Birthday Stars

Kami bukan keluarga yang biasa merayakan ulang tahun. Pernah sih anak-anak merayakan hari ulang tahun dengan mengundang beberapa teman/tetangga/saudara. Tapi itu bertahun-tahun lalu, ketika usia mereka baru 1-2 tahun.

Setelah itu, ulang tahun kami rayakan dengan amat sederhana. Yang paling penting adalah ucapan dan perhatian-perhatian kecil. Ucapan ini bisa dilakukan dengan beragam cara. Kalau suami, biasa mengucapkan selamat ulang tahun kepada saya di tengah malam ketika memasuki pergantian hari di hari ulang tahun saya. Kalau kepada anak-anak, biasanya saat mereka baru bangun tidur.

Anak-anak juga sering memberi kejutan pada saya dan suami. Meski sederhana, biasanya terasa spesial. Misalnya suatu kali, mereka membuat semacam scavenger hunt, dengan membuat petunjuk agar kami mencari sesuatu. Ternyata itu adalah ucapan yang ditulisnya di atas kertas dengan gambar hasil karya mereka.

Tak jarang mereka juga membuat kartu ucapan yang disiapkan beberapa hari sebelumnya.

 

Ucapan Ulang Tahun Adalah Ajang Kreativitas

Ya, momen ulang tahun ini bukan hanya momen dimana kami merayakan kegembiraan dan memperkuat bonding keluarga. Namun juga dijadikan sebuah momen dimana anak-anak bisa menunjukkan kreativitas mereka. Salah satunya dengan membuat kreasi ucapan ulang tahun tadi.

Anak-anak sering juga menyiapkan hadiah berupa craft atau membungkus sendiri hadiahnya dengan cara unik.

Pernah juga mereka menyisihkan uang tabungan dalam piggy bank mereka untuk saling membelikan kado. Menurut saya ini salah satu momen yang mengharukan dimana anak-anak mau mengorbankan uang yang mereka kumpulkan sedikit demi sedikit untuk menyenangkan orang lain.

Bicara tentang kreativitas, anak saya yang kedua punya hobi memasak. Nah, setiap momen ulang tahun, dia selalu mencoba membuat kue. Tidak jarang juga nemuin kegagalan, di awal-awal mencoba. Tapi makin ke sini, kuenya makin berhasil (baca: Dunia Memasak Kayyisha).

Di sinilah kami memanfaatkan momen ulang tahun sebagai ajang untuk mengeluarkan kreativitas anak-anak.

birthday

Kayyisha dengan kue hasil buatannya sendiri

 

ulang tahun

Kue buatan Kayyisha di hari ultah Naufal

Bagaimana dengan Ucapan untuk Anak-anak

Saya tidak pernah punya cara spesial untuk mengucapkan selamat ulang tahun buat anak. Biasanya hanya pelukan dan ciuman standar aja. Ini kan memang sehari-hari juga kerjaan kami saling memeluk dan mencium. Jadi memang tidak terasa spesial juga.

Saya juga tidak selalu memberi kado buat mereka. Hanya saat-saat tertentu aja, misal saat punya dana lebih atau ketika anak-anak memang punya wishlist yang sudah dipendam begitu lama.

Pernah juga saya berkreasi dengan membuat ucapan dari craft, tapi sekarang sudah jarang sih. Udah sibuuuk (aih sok sibuk amat).

Dan saya baru tahu, ternyata ada cara baru untuk memberi ucapan selamat ulang tahun buat anak kita, yaitu melalui program khusus birthday di stasiun TV Mandarin Miao Mi. Program ini bernama โ€œMiao Mi Birthday Stars.โ€

Apakah Miao Mi Birthday Stars itu?

Ini merupakan program terbaru dari Miao Mi yang akan perdana mengudara di bulan September 2016. Jadi, kita para orangtua, bisa memberi kejutan ucapan ulang tahun dimana dan ucapan itu akan ditanyangkan di Miao Mi TV.

Caranya begini:

  1. Pilih foto terbaik anak kita, yang berusia di bawah 12 tahun.
  2. Upload ke http://www.miaomi-tv.com/birthday!
  3. Pengiriman foto ini harus dilakukan satu bulan sebelum bulan ulang tahun anak kita.
  4. Ukuran foto minimum 2MB dalam bentuk JPEG.

Nah, begitu caranya. Sebenernya gampang banget, sama seperti saat kita mengupload foto ke medsos aja. As simple as that.

Program ini kan akan dimulai bulan September nih, jadi kalau ingin mencoba memberikan kejutan ulang tahun dalam program โ€œMiao Mi September Birthday Starsโ€, bisa mengirimkannya sejak bulan Agustus ini. Coba yuuk.

miao mi birthday stars

Kenalan Dengan Miao Mi TV

Miao Mi TV (disclaimer: postingan ini adalah advertorial. lihat Disclosure) merupakan saluran hiburan Mandarin khusus untuk anak-anak usia 3-6 tahun. Ingat lho, usia 3-6 tahun. Anak berusia di bawah itu sebaiknya jangan terpapar layar televisi dulu. Sebenarnya sih, saya nggak pernah mengajak anak-anak menonton TV terlalu banyak. Akan lebih baik waktu terbanyak mereka bermain bersama orangtuanya (baca: Pojok Bermain Anak).

Namun, bukan berarti televisi tidak ada di rumah kami. Saya masih suka nonton dengan anak-anak. Hanya siaran-siaran tertentu saja yang saya izinkan untuk ditonton oleh mereka.

Saya sendiri belum mencoba menonton Miao Mi, karena layanan TV kabel di rumah belum mencakup saluran ini. Namun sepertinya boleh dicoba, apalagi bagi teman-teman yang bisa berbahasa atau sedang mengajarkan anak-anaknya belajar Bahasa Mandarin.

Eh, bukan berarti saluran ini semua berbahasa Mandarin ya. Program-programnya sudah disulih suara ke Bahasa lokal kok. Jadi tidak perlu khawatir. Haiyaaaa [] Anne Adzkia

 

Share:

10 Comments

  1. August 19, 2016 / 7:47 am

    Hadiah atau perayaan yang dibuat sendiri sifatnya personalized. Aku suka. Cuma sayangnya keterbatasan ide dan waktu jadi suka yang praktis-praktis aja hehehe

    • Anne Adzkia
      August 19, 2016 / 7:49 am

      Iya Lia. Waktu kayaknya berkejar2an dan gak kepikiran buat hal2 simpel dan sebenarnya penuh makna spt ucapan ultah ya.

  2. August 20, 2016 / 12:28 pm

    Anak-anaknya mbak Anne keren dech. Lihat hasil kue bikinan Kayyisha gitu koq aku ngiri yach. Ajarin dong Kayyisha buat cupcakes hehehehe..

    • Anne Adzkia
      August 20, 2016 / 1:02 pm

      Hihi Tante Adel main ke rumah, nanti bikin bareng yuk

  3. August 22, 2016 / 8:33 am

    Peluk cium dan mendoakan semoga jadi anak yang sholeh sholehah dan berbakti itu jauh lebih penting yaaa

    • Anne Adzkia
      August 22, 2016 / 10:32 am

      Iyaaa Om Cum

  4. Vita Ayu Kusuma Dewi
    August 23, 2016 / 12:41 am

    Adik-adiknya pinter pinter ya mbak ๐Ÿ™‚ Belajar mandiri juga itu mbak…

    • Anne Adzkia
      August 23, 2016 / 12:42 am

      Alhamdulillah ala kulli haal..

  5. August 23, 2016 / 5:10 pm

    Saya baru 4 hari jadian ama cewek.. 3 Hari lagi di ultah.. Saya bingung mau kasih hadiah apa, secara baru 4 hari jadiannya.. Kira2 kalau anda seorang wanita, apa yang anda harapkan dari pacar anda saat hari ulang tahun anda ?? Makasih atas jawabannya..

  6. August 25, 2016 / 12:25 pm

    Kayyisha pinter banget bikin kue. Miao Mi itu bagus, ya. Syaa pernah nonton sekali ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *