[Advertorial] Tom Yam Kelapa yang Bikin Nagih

[Advertorial] Tom Yam Kelapa yang Bikin Nagih

Tom Yam Kelapa yang Bikin Nagih – Punya suami yang senang masak itu anugerah, terutama buat perempuan yang nggak hobi masak seperti saya. Nggak perlu lah seorang chef. Konon kalo chef, karena profesinya sudah memasak, maka di rumah penginnya dimasakin istrinya. Jadi saya sih amat sangat bersyukur punya suami yang memasak itu menjadi hobinya.

Suatu hari suami mengajak saya nyoba masak tomyam, saat itu kami menyebutnya lengkap, Tom Yam Goong. Saya sendiri nggak tahu makanan seperti apa itu. Tahunya Tom Cat, yang suka ngejar-ngejar Jerry Mouse.

Jadilah kami masak, bahannya memang lumayan banyak variasinya. Semua kesukaan kami semua, seperti udang, cumi, ayam, bakso ikan, jamur. Karena ini adalah seafood soupnya Thailand, jadi resepnya juga berbahasa Thailand.

Saya ingat banget, nama campuran bumbu rempahnya yaitu NAM RIK PAO. Isinya macem-macem, segala bumbu rempah masuk.

Pas nyoba sempat kaget dengan rasanya, kok asing ya di lidah. Asem dan pedassss banget. Pakai cabe rawit soalnya. Lama-lama diicip, ternyata suegerrrr banget. Ketagihan deh.

Selanjutnya, saat kami traveling ke Gladstone, ini salah satu kota pesisir di Queensland yang berjarak sekitar 500 km dari rumah saya di Emerald, kami nyoba rumah makan Thailand. Yang memang menyajikan banyak menu lezat. Waah, asik nih makan masakan Thailand yang dimasak orang Thailandnya langsung. Enaaaak. Lebih enak dari bikinan saya dan suami, hahaha.

Makin doyan deh, apalagi suami kan pecinta masakan pedas. Kalau dengar nama masakan itu disebut, pasti langsung deh berminat. Beli mie instant aja cari rasa tomyam.

Berikutnya, saya ketemu lagi tomyam lezat itu saat ikut seminar Kedokteran Gigi di Hotel Aston Primavera Pasteur, Bandung. Suguhannya endaaaaang banget. Sampe nambah-nambah mulu. Isinya banyak, gak pelit-pelit dan gak terlalu pedas. Jadi kuat lah makan sampe 2-3 mangkok.

Lamaaaaa nggak makan tomyam, sampai hari Senin kemarin saya nyoba lagi Tom Yam Kelapa yang rasanya beneran nendang. Nggak kalah dengan tomyam yang saya cicipi di resto Thailand. Uniknya, tomyam ini disajikan di dalam buah kelapa yang ada daging kelapa mudanya di dalam.

tom yam kelapa

Saya nggak bisa menggambarkannya deh. Pas masuk di mulut, gurihnya itu kerasa banget. Ini pasti efek kelapanya ya, karena kelapa kan punya rasa manis. Ketemu rasa asam pedas, pas banget. Isiannya juga lengkap, ada potongan cumi-cumi, udang, bakso, jamur dan ayam.

Selesai makan, yang tersisa di lidah adalah aroma daun jeruk limau (kaffir limes) yang harum. Khas banget. Anak-anak saya aja suka banget. Karena kami harus berbagi, anak saya merasa nggak puas dan mengajak kami mengunjungi warung makan Tom Yam Kelapa ini.

Dan ada satu info penting yang saya pegang, yaitu kehalalan masakannya. Pemiliknya bilang, mereka selalu memasak makanan secara halal. Dan saat ini, sedang memroses sertifikasi halal MUInya (bahkan diperlihatkan tuh surat pengajuan SHnya). Jadi makannya tenang.

Oh iya, saya belum cerita dimana bisa dapat Tom Yam Kelapa dan bagaimana belinya.

Buat orang-orang yang indorsy seperti saya (Baca postingan tentang karakter introvert di Gara-gara Sering Dicurangi Main Monopoli ini ya), sering males deh keluar rumah. Kalau semua bisa dikerjakan dari rumah, ngapain musti ke luar, gitu prinsip saya.

go food

Alhamdulillah, sekarang ada aplikasi Go Food dari GoJek yang memudahkan kita memesan makanan. Kita nggak perlu telpon rumah/warung makannya. Langsung pesan dari menu yang ada di aplikasinya aja. Dan kita bisa melacak driver gojeknya sudah sampai mana.

aplikasi gojek

Saya tuh sampe perhatiin terus peta sudah sampai mana driver GoJek bawa pesanan TomYam saya. Sempat deg-degan juga karena tiba-tiba hujan deras. Takutnya kenapa-napa deh. Alhamdulillah dalam waktu kurang lebih satu jam sejak order (agak lama karena jaraknya jauh dan hujan deras plus petir nyamber-nyamber).

Pesanan saya aman, terbungkus rapat dalam plastic wrap dan masih hangat. Langsung dimakan bareng anak-anak yang sempat heboh rebutan (lain kali pesannya harus banyak deh, hadeuh). Ya gitu, mereka mengajak makan langsung ke rumah makannya. Mungkin biar gampang kalau mau nambah.

Sebenarnya lokasi restonya nggak terlalu jauh dari rumah saya, masih wilayah Tangerang Selatan. Jadi gampang aja kalau mau kesana. Berikut alamat dan petanya ya:

TOMYAM KELAPA SAUNG IBU

Jl. Sulawesi Raya no.19 RT 08/011

Jombang – Ciputat

Tangerang Selatan

 

Share:

23 Comments

  1. January 14, 2016 / 10:10 pm

    seafoodnya ‘niat banget’ ya mba..ituh…

    • Anne Adzkia
      January 14, 2016 / 11:16 pm

      Iyaaa. Kalo yg spesial isian seafoodnya banyak

  2. January 14, 2016 / 11:10 pm

    Belum pernah makan Tom Yam. Suka enggak ya kalau nyoba? Hihihi…. Tapi kalau kelapanya sih suka. Hihihi…

    • Anne Adzkia
      January 14, 2016 / 11:15 pm

      Kelapanya nggak dominan sih. Asem pedes seger kok Yan

  3. Ria
    January 15, 2016 / 7:16 am

    Enak nih, gurih nya sehat pasti ya

  4. January 15, 2016 / 12:00 pm

    Saya pun jadi ketagihan Mba, ingedients nya lengkap ya. Suka banget!

    • January 15, 2016 / 1:51 pm

      Iya Teh. Anak-anak apalagi, ngajakin ke sana terus

  5. @SobatBercahaya
    January 15, 2016 / 1:01 pm

    Jadi pengin nyobain nih…

    • Anne Adzkia
      January 15, 2016 / 1:45 pm

      Yuuk cobain 🙂

  6. January 15, 2016 / 2:46 pm

    aku juga sukaaaa tom yam, pernah diajakin makan tom yam di mangga dua (jangan tanya letaknya ya, ga tau kekekkeke)… tp klo mo pesan yang ini, jauh banget ya 😀

    • Anne Adzkia
      January 15, 2016 / 2:51 pm

      Pesan ke Balikpapan? Keburu basi Fit, wkwkwk. Kalo masih Jkt-Tangerang sptnya bisanya.

    • Anne Adzkia
      January 17, 2016 / 8:37 am

      Nggak kok.

  7. January 18, 2016 / 9:55 am

    Hadododoh Mbak Anne. Ini saya ngileerrr. Udah diajakin Mbak Haya dari tahun lalu belom kesampaian. Mbayangin asem pedesnya ituuu. Huhuhu. Hebat euy suaminya njenengan bisa masak tom yum endeusss. Saluut

    • Anne Adzkia
      January 18, 2016 / 10:00 am

      Kapan2 yuk ngumpul di warung tomyam kelapa 🙂

  8. January 18, 2016 / 12:34 pm

    tom yam nya menggoda banget mba, enak ya bisa mesen lewat gojek, di tmpt saya mah gak ada 🙁

    • Anne Adzkia
      January 18, 2016 / 12:48 pm

      Mbak Santi dimana memang? Iya alhamdulillah bisa pesen pake gojek.

  9. January 18, 2016 / 8:06 pm

    Setelah dimakan kaldunya juga masih nempel di mulut 🙂

    • Anne Adzkia
      January 18, 2016 / 8:32 pm

      Waaaa iya ya. Jadi kangen lagih

  10. January 20, 2016 / 8:41 pm

    Ih unik ya. tom yamnya kan enak, jadi pengen nyobain tom yam kelapa begini, pasti lebih oke.

    • Anne Adzkia
      January 21, 2016 / 1:25 pm

      Kelapanya ini memberi rasa gurih. Memang enak, saya udah pesan lagi dong 🙂

  11. evrinasp
    January 22, 2016 / 7:02 pm

    mau atuh nyobain tomyamnya, di Bogor belum ada nih mbak, pasti enak nih

    • Anne Adzkia
      January 22, 2016 / 7:45 pm

      Yuk kita ketemuan di Bintaro sambil makan tomyam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *