Tips Sebelum Melakukan Perjalanan Dinas ke Jakarta

Tips Sebelum Melakukan Perjalanan Dinas ke Jakarta

Saya punya pengalaman tinggal di luar Jawa, tepatnya di Kalimantan Selatan. Alasan saya pindah ke sana, yaitu karena mengikuti suami setelah sekitar 5 tahun kami LDR-an. Capek aja LDR terus.

Namun karena tugas suami yang sering meeting atau workshop, jadi tetap saja saya dan anak-anak sering ditinggal-tinggal. Dia sering banget dinas ke Jakarta selama beberapa hari.

Buat teman-teman yang tinggal di daerah, pasti mengalami ya harus dinas ke Jakarta atau menemani suami/istri dinas ke Ibukota. Nah, buat yang jarang ke Jakarta mungkin agak-agak bingung ketika melihat suasana Jakarta yang riuh, macet dan bingung saat memilih tempat tinggal sementara yang nyaman hingga mencari pilihan kuliner. Karena saking banyaknya pertokoan, mall-mall besar, pilihan hotel mulai dari yang biasa hingga yang berbintang lima.

hotel aston

Sumber gambar: aston-internasional.com

Kalau teman-teman akan berdinas ke area segitga emasnya Jakarta, dimana memang disini lah pusat bisnis dan perkantorannya, ada rekomendasi tempat yang bisa dipilih. Area segitiga emas ini adalah daerah Rasuna Said – Kuningan, yang ramai dan lumayan macet. Untuk mempermudah, daripada ribet dan bingung menentukan pilihan, coba Hotel Aston Rasuna deh. Aston Rasuna adalah salah satu hotel bintang empat yang terletak di wilayah Kompleks Apartemen Taman Rasuna Said, yang bisa langsung dipesan lewat situs booking online traveloka.com (sponsored post, silakan kunjungi halaman Disclosure untuk penjelasan lebih lanjut).

Letak hotel Aston Rasuna sangat strategis jika di tempuh dari Bandara, ke tempat-tempat tujuan lain karena akses kendaraan umum di sana mudah dijangkau, seperti shelter busway.

aston rasuna

Sumber gambar: aston-internasional.com

Selain itu hotel yang ini cocok sekali kalau kamu membutuhkan waktu cukup lama di Jakarta, karena Aston Rasuna menyediakan fasilitas seperti umumnya hotel berbintang empat, namun memiliki keistimewaan yaitu seperti tengah berada di rumah sendiri.

Dan, kalau kamu pengin mengajak klien ke tempat makan atau ngopi di luar di seputaran  hotel Aston Rasuna banyak tersedia tempat-tempat makan dan ngopi, yang bisa disesuaikan dengan selera dan budget kamu.

Beberapa info tempat kuliner yang mungkin bisa membantu anda ketika berada di wilayah ini:

Kopi Luwak

Ini dia tempat yang menyediakan kopi yang lezatnya sudah mendunia. Bukan hanya kopi, tempat ini juga menyediakan makanan dengan citra rasa tradisional seperti nasi goreng dan  lainnya. Tapi tentu saja yang terkenal adalah Kopi Luwaknya. Meski harganya cukup mahal dibanding robusta dan arabica, kalau kamu penggemar kopi hardcore harus coba kopi luwak ini. Tempatnya cozy dan tenang, cocok untuk ngobrol atau pun bersantai setelah bekerja seharian di kantor.

Sate Khas Senayan

Meski sate merupakan kuliner yang cukup umum dan gampang ditemukan dimana-mana, namun Sate Khas Senayan memiliki citra rasa yang lezat sekali hingga termasuk jajaran kuliner yang cukup terkenal, terutama sate kambingnya.

Menu pendampingnya juga cukup banyak, jadi kamu punya banyak pilihan.

Dim Sum Inc

Dim Sum bisa jadi pilihan alternatif sarapan kamu karena pagi-pagi sekali Dim Sum Inc sudah buka. Saat makan kita akan disuguhkan dekorasi ruangan yang enak dilihat. Dan, meski namanya Dim Sum Inc makanan yang tersaji tidak hanya khas China tapi juga Eropa dan Indonesia. Karena selain tersedia Dim Sum yang lezat, tersedia juga spaghetti, nasi goreng dan lain-lain.

Makanan di Dim Sum Inc cukup ramah di kantong dan tentu saja enak (note: bukan review pribadi). Dim Sum ini konon cukup ramai pengunjung, jadi biar lebih santai datangnya harus pagi-pagi.

Untuk resto yang ini saya belum tahu apakah sudah punya Sertifikat Halal. Review resto halal silakan kunjungi Pepper Lunch, Marugame Udon, Popolamama, dan cemilannya bisa coba Beard Papa’s.

D’Cost Quick Plaza Festival

Kalau di sini, sangat cocok makan ramai-ramai bersama kolega atau teman kerja. Selain lezat dan fresh banget seafoodnya, kalau pesan secara ramai-ramai harganya jadi murah. Yang bebas ambil adalah nasi putih dan es teh tawar. Pasti yang gratisan gini diincar deh, hihihi.

D’Cost restoran sudah punya Sertifikat Halal, jadi nggak perlu ragu untuk makan berbagai menu seafood di sini.

Mall-mall

Kalau mau sekedar jalan-jalan ada mall yang cukup bagus untuk cuci mata atau nonton, Pasar Festival dan Epicentrum.

epicentrum

Sumber gambar: epiwalk.com

Supaya perjalan dinas ke Jakarta semakin nyaman, saya punya tips khusus yang perlu diperhatikan:

  • Pertama lihat lokasi penginapan yang terdekat dengan kantor atau tempat tugas kamu atau suami/istri dan sesuai budget yang diberikan kantor tentunya.
  • Agar tidak merasa bosan dan kepingin merasa tinggal di hotel senyaman rumah sendiri, kenali lingkungan lokasi hotel atau penginapan, seperti kuliner khasnya, wisatanya, tempat hangoutnya, dll
  • Jika kamu memiliki budget yang tidak terlalu besar, selama tinggal di hotel bisa mengunjungi tempat-tempat kuliner atau wisata yang ramah di kantong. Selain bertanya info melalui teman yang pernah ke sana, bisa juga dengan browsing. Agar kamu nggak hanya dapat info kuliner yang murah tapi juga pas dengan selera lidah.
  • Paham moda transportasi yang mendukung perjalanan kamu selama tugas di seputar lokasi, karena masalah transport di kota besar seperti Jakarta ini penting sekali.

Dengan tips ini semoga perjalanan dinas teman-teman menjadi mudah dan menyenangkan. Dan boleh dicoba hotel Aston Rasuna memiliki lokasi yang mendukung untuk semua itu jika teman-teman kebetulan memiliki tugas di seputar wilayah tersebut.

 

 

 

 

Share:

9 Comments

  1. September 14, 2016 / 3:40 pm

    Aassek. Bagi orang daerah lain…dinas ke jakarta emang perlu persiapan matang.

    • Anne Adzkia
      September 20, 2016 / 7:07 am

      Kalau nggak, bisa keder ya 😛

  2. September 17, 2016 / 9:16 pm

    Saya walaupun tinggal di Bogor tapi malas betul ke Jakarta, Mbak. Kecuali kalau acara penting banget hehe. Entahlah lihat gedung-gedung tinggi seolah merampas udara saya, hiks. Pengap dan sumpek rasanya. Pas nyampe Bogor mah langsung ces, seger.

    Tipsnya boleh juga terutama yang dinas dari daerah. Saya sekeluarga suka D’Cost karena bisa untuk segala usia, banyak pilihan. Traveloka sedang berkembang ya. Saya suka tagline-nya. Unik, padat.

    • Anne Adzkia
      September 17, 2016 / 9:18 pm

      Saya pun pgn pindah ke daeeah sejuk spt Bogor atau Lembang. Sayangnya macetnya ttp mirip Jkt ya, walopun gak terlalu panjang. Jadi kemana2 lama.

  3. September 20, 2016 / 9:34 am

    Perjalanan dinas ke jakarta.. hm
    kemana mana paling enak memang naik gojek

    • Anne Adzkia
      September 20, 2016 / 10:18 pm

      Gojek memang solusi banget utk bisa pergi ke beberapa tempat di Jakarta. Bisa sulap-salip di antara kemacetan 🙂

  4. September 21, 2016 / 8:18 pm

    wah boleh juga nih tipsnya mbak ..
    kapan2 kalau ke jakarta mau praktek in tipsnya..
    sudah punya agenda sih mau ke jakarta , ke depok lebih tepatnya.

    • Anne Adzkia
      September 25, 2016 / 6:10 pm

      Siaap, semoga lancar dan selamat menikmati kemacetan #ehh. Hihihi

  5. Gozali
    February 23, 2017 / 2:21 pm

    Terima kasih atas tips perjalanan dinas ke Jakarta, sekarang nggak khawatir lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published.