Tips Memilih Pakaian Bayi Yang Tepat

Tips Memilih Pakaian Bayi Yang Tepat

Pernah salah memilih pakaian bayi? Saya pernah. Umumnya kesalahan ukuran sih ya. Kadang belanja untuk bayi sendiri saja bisa salah, apalagi kalau kita beli sesuatu sebagai kado. Makanya, saat beli kado saya biasanya cari yang aman. Benda yang tidak perlu ukuran.

Ruginya kalau kita salah membeli baju untuk bayi kita, tentu saja yang paling utama adalah rugi finansial. Mending kalau harganya murah. Nah, kalau mahal dan tidak bisa ditukar pula. Haduuuh. Selanjutnya adalah rugi tenaga dan waktu untuk mencari penggantinya. Malas deh ya harus berangkat hunting pakaian lagi.

Karena bayi tumbuh dengan cepat, jadi kita harus siap-siap rajin belanja pakaian. Karena memakaikan pakaian pada bayi tidak bisa sembarangan juga, misalnya kita beli yang ukurannya besar supaya lebih awet. Kada bisaaaaa… kasian si baby nanti merasa tidak nyaman.

Jadi, bagaimana dong tips memilih pakaian bayi yang baik:

  1. Ukuran sesuai

Nah, karena ukuran bayi Indonesia biasanya mirip-mirip (ukuran normal), jadi sebetulnya kita bisa menyesuaikan ukuran bayi berdasarkan usia yang terletak di label pakaian. Tapi ini tidak selamanya sesuai juga lho. Kadang tergantung dari mana asal produsen pakaian tersebut.

Kalau dari USA atau Eropa, pasti ukuran bayinya lebih besar. Kalau masih ukuran Asia sih kurang lebih sama ya.

Tips memilih ukuran baju untuk bayi kita agar tepat adalah dengan mengukur lingkar dada atau ukuran dari ketiak ke ketiak. Untuk praktisnya bisa mengukur dengan menggunakan jengkal kita.

  1. Ketebalan sesuai

Pilih pakaian bayi yang ketebalannya sesuai suhu ruangan tempat bayi berada. Biasanya, saat malam hari saya memilihkan baju yang agak tebal untuk bayi saya karena ruangannya menggunakan AC. Jadi meski si anak tidak meggunakan selimut (kadang selimutnya lepas karena ditendang-tendang), badannya tetap nyaman.

  1. Bahan nyaman, menyerap keringat

Bahan yang cocok buat bayi adalah kaos dan katun. Bahan ini dapat menyerap keringat dan nyaman karena mengikuti lekuk tubuh bayi. Untuk usia di bawah 1 tahun, baiknya pakai bahan kaos karena pakaian bayi tersebut tidak memerlukan kancing dan zipper. Tinggal memasukkannya lewat kepala dan bayi pun merasa nyaman.

Penting untuk mengetahi apakah bayi kita alergi terhadap bahan tertentu. Karena kulit bayi lebih sensitif daripada kulit anak yang lebih besar, sehingga reaksi alergi sebaiknya dihindari.

  1. Disesuaikan dengan suhu udara sekitar

Selain ketebalan, jenis pakaian juga disesuaikan dengan suhunya. Misalnya saat ada di kamar tak ber-AC bayi cukup dipakaikan baju kutung. Kalau bepergian dengan kendaraan berAC gunakan baju yang menutupi lengan dan kaki.

  1. Model dan aksesori tepat

Gunakan pakaian yang tidak memiliki material yg membahayakan, seperti tali/pita yang mungkin melilit tubuh bayi atau kancing di bagian belakang yang dapat mengganjal saat bayi tidur. Tidak perlu lah terpaku dengan model yang sedang in tapi mengorbankan kenyamanan bayi.

Hati-hati dengan payet dan kancing yang mungkin lepas dan tertelan oleh bayi. Perhatikan benang-benang rajutan yang juga bisa tertarik tangan bayi tak sengaja.

Model juga harus memungkinkan bayi untuk bergerak aktif dan memungkinkan ada sirkulasi udara. Karena kalau pakaiannya terlalu ketat, bisa membuat kulit bayi iritasi dan timbul biang keringat.

  1. Melindungi bayi

Tujuan memilih pakaian bayi yang tepat adalah agar bisa melindungi tubuh bayi dari lingkungan sekitarnya. Makanya kita memakaikan kaos kaki, sepatu, topi, jaket atau jilbab. Ya, khusus untuk jilbab, ini merupakan salah satu bagian pakaian yang fungsinya sama seperti topi. Bahkan lebih melindungi lagi.

Ketika bayi menggunakan jilbab, bagian telinganya akan tertutup dari angin atau udara dingin. Hanya, penting untuk memperhatikan jilbab yang dipakai oleh bayi, dari bahan dan modelnya. Dan sesuaikan dengan keenam syarat-syarat di atas.

Kita juga harus memperhatikan bayi jangan sampai jilbabnya menutupi wajah dan mengganggu bayi bernafas.

Untuk pakaian bayi plus jilbab, saya punya teman yang menjual gamis baby yang lucuuuu banget. Namanya Gamis Baby Gzy. Bahannya kaos yang lembut, sama sekali tidak panas dan mendukung aktivitas bayi. Modelnya juga sederhana namun manis. Gamis ini memenuhi kriteria pakaian bayi yang saya sebutkan di atas, nyaman dan melindungi bayi.

tips memilih pakaian bayi

koleksi Bunda Ririen

pakaian bayi

koleksi Bunda Ririen

gamis baby

koleksi Bunda Ririen

Saya mah langsung aja deh promo di marih, ya. Soalnya gamis ini lucu banget. Kalau mau bawa-bawa bayi perjalanan, cocok banget. Pesannya hubungi langsung Bunda Ririen yah (sponsored post, please read Disclosure).

Langsung cuss aja ke akun IG  beliau di sini: Instagram Bunda Ririen dan aku Facebooknya di sini: Facebook Bunda Ririen.

Share:

26 Comments

    • Anne Adzkia
      August 22, 2016 / 9:05 pm

      Waah coba deh…<3

  1. August 22, 2016 / 8:37 pm

    Lucu banget ih, pengeeeb… cocok bgt ni mba, aku lg nyari jilbab plus baju muslim untuk si krucil… Thanks infonya mbaa

    • Anne Adzkia
      August 28, 2016 / 7:44 pm

      Waah bisa dicoba tuh mbak. Anaknya mbak Shine udah usia berapa sekarang?

  2. August 22, 2016 / 11:11 pm

    Yaampyuuuun…. lucu bangetttt gamis buat babynya Anne. Hahahaha. Ini gw lihat bayi kok rasanya pengen gendong lagi aja. Hihihihi.. Kreatif pembuatnya…

    • Anne Adzkia
      August 22, 2016 / 11:39 pm

      Ayoooo punya baby lagiiiii 😀

  3. Rotun DF
    August 23, 2016 / 4:25 am

    Kalau keberasan masih mending Mbaa, bisa disimpan dulu. Nha kalau kekecilan itu yang nyeseeeek -____-

    Iya ih gamisnya lucu2 (Baca: pengen punya anak lagi XD)

    • Anne Adzkia
      August 23, 2016 / 6:05 am

      Iya mbak betul. Yuk punya anak lagi #ehh

  4. August 23, 2016 / 7:14 am

    Untuk baby ranu, karwna cowo, aku lebih suka jump suit gitu. Hihi… Kalau liat koleksi baju anak cewe gini jd baper pingin nambah, wkwkwk

    • Anne Adzkia
      August 23, 2016 / 7:19 am

      Nambaaah…nambaaah 😀 😀 pake jumpsuit emang nyaman yaa

  5. August 23, 2016 / 8:54 am

    ya ampuuun, baru liat deh bayo pake gamis mbaak, lucuuuuuu *pengen nyubit*

    • Anne Adzkia
      August 23, 2016 / 8:56 am

      Iya emang. Aku juga baru tahu. Dan gamisnya tuh adeeem buat bayi

  6. August 23, 2016 / 9:09 am

    Liat bajunya yang imut jadi gemessss, pengen segera punya bayi deh hihihi. aamiin 🙂

    • Anne Adzkia
      August 23, 2016 / 9:26 am

      Aamiin aamiin

  7. August 23, 2016 / 4:11 pm

    gamis bayi sekarang lucu-lucu banget 🙂

  8. August 23, 2016 / 9:44 pm

    Ih lucu banget gamisnya. Aku juga selalu ngebiasain anak perempuanku pakai kerudung, tapi dia blm punya gamis si. Ntr kuintip2 TFS 🙂

  9. August 24, 2016 / 9:24 am

    gemes liat adek bayinya ditambah pakaiannya lucu2
    jadi makin pengen punya bayi juga hehehe

  10. August 24, 2016 / 9:20 pm

    Kenyamanan bayi itu penting bgt

    Lucuuuu deh pake gamis

    • Anne Adzkia
      August 28, 2016 / 7:43 pm

      Betuul, untuk bayi pasti yang utama pakaian harus nyaman

  11. FORUM KUCING
    August 25, 2016 / 10:59 am

    masih bingung sama asesoris dulu saya pake asesoris apa ya D

  12. August 25, 2016 / 11:32 am

    Lucu banget gamisnya, suka yg paling terakhir.. jadi tambah pengen punya anak cewek.. 😀

  13. September 3, 2016 / 8:35 pm

    Lucu bener bayi udah ada baju gamis nya #Manja

  14. August 3, 2018 / 5:03 pm

    lucu banget sih mbaaaak. jadi pngen makein anakku begini 🙂

  15. August 15, 2018 / 9:56 am

    ponakan saya sering dandanin anak saya begini. punya anak perempuan memang anugerah

  16. August 15, 2018 / 1:22 pm

    memang sekarang baju untuk anak cewek lucu lucu ya. gemass sekalii

  17. September 7, 2018 / 4:31 pm

    Dalam keadaan hamil gede lihat baju bayi lucu lucu ginii, jadi gak sabar menanti kehadirannya di dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *