Tema dan Plot, Unsur Intrinsik Sebuah Fiksi

Tema dan Plot, Unsur Intrinsik Sebuah Fiksi

Saat mulai menulis cerita fiksi, misalnya cerpen atau cerbung, kita akan berhadapan dengan berbagai elemen penting atau disebut juga unsur intrinsik. Elemen-elemen itu diantaranya: plot, setting, alur, konflik, suspense, dsb.

Sebelum kita memahami bagaimana menampilkan plot yang baik atau setting yg tepat, baiknya kita mengerti dulu arti istilah-istilah tersebut.

Saya mengambil istilah ini dari berbagai sumber, yaitu wikipedia, kuliah menulis IWS (Ifa Writing School), beragam catatan blog.

 

Berikut uraian tentang tema dan plot serta unsur intrinsik sebuah fiksi

TEMA, adalah inti cerita yang menggambarkan isi keseluruhan sebuah cerita. Contohnya tema pergulatan hidup seorang PSK seperti dalam novel Existere-nya Sinta Yudisia, atau tema sejarah seperti dalam karya-karyanya Afifah Afra.

PLOT, adalah rangkaian kejadian atau peristiwa  yang membangun sebuah cerita. Plot harus mengandung unsur-unsur KONFLIK, KESATUAN CERITA YANG UTUH dan ENDING.

#Konflik

Menurut mbak Ifa Avianty (master nulis sayah :p), konflik adalah benturan tokoh dengan dirinya sendirr, dengan tokoh lainnya, atau dengan setting. Biasanya bisa berupa konflik kejiwaan atau konflik fisik.

Konflik merupakan bagian yang membuat sebuah cerita menjadi lebih seru dan menarik.

Sebuah karya fiksi yang baik, salah satunya harus memiliki konflik yang tajam dan ‘terpotret’ dengan baik. Dalam satu cerpen, boleh terdapat beberapa konflik yang terkait. Namun novel harus memuat banyak konflik yg terkait.

Hati2, terlalu banyak konflik bisa menyebabkan sebuah cerita menjadi tidak fokus dan tidak punya benang merah.

Pernah dengar tentang suspense? Nah, suspense adalah kejutan-kejutan dalam cerita yang merupakan kumpulan konflik/konflik besar. Suspense wajib ada dalam sebuah cerita.

Suspense ideal itu adalah yang bisa membuat pembaca terus penasaran, dan bagusnya tersebar hingga akhir.

#Kesatuan Utuh

Maksudnya adalah seluruh elemen yang membangun cerita berada di dalam cerita tersebut, saling terikat dan membuat cerita tersebut enak dibaca. Bukan hanya pemanis saja.

#Ending

Ending adalah akhir cerita, dimana terdapat penyelesaian konflik atau konflik dibiarkan menggantung. Disini bisa ditentukan apakah cerita bisa dilanjutkan atau tidak.

Macam-macam ending: happy ending, sad ending, open ending.

Dalam postingan berikutnya, akan saya bahas tentang tema, karakter, dan lain-lain. Lanjut baca, ya. ^^

Share:

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.