Rekreasi Sekaligus Edukasi di Miniapolis

Rekreasi Sekaligus Edukasi di Miniapolis

Anak saya yang pertama, Naufal adalah tipe anak rumahan yang nggak terlalu suka diajak berpergian. Apalagi ngemall. Sebenarnya sama dengan saya, sama-sama introvert banget. Beda dengan anak saya kedua, Kayyisha yang lebih outdoorsy.

Tapi, saya sering memotivasi dia untuk banyak bergerak dan olahraga. Apalagi kegiatan sehari-harinya di depan laptop yang bisa berpengaruh pada tulang punggungnya. Alhamdulillahnya anak-anak jadi member salah satu arena Gym anak-anak di Bintaro.

Namun, sesekali juga kami menghabiskan waktu keluarga ke mall. Jangan salah, ngemall nggak harus berurusan dengan belanjanya para emak. Kalau saya, ngemall biasanya supaya bisa banyak jalan (ngaku aja bokek). Lumayan, kalau dibawa keliling mall dalam sekali jalan saya jadi bisa melangkah sebanyak hampir 10.000 langkah. Sementara pada umumnya di keseharian paling hanya 2000-3000 langkah aja.

Untuk anak-anak sesekali bermain di arena permainan yang merangsang mereka bergerak aktif. Salah satunya yang menarik dan disukai anak-anak adalah Miniapolis. Lokasi yang kami kunjungi adalah yang ada di Plaza Indonesia.

miniapolis

Begitu datang ke PI, kami muter-muter mengelilingi area Miniapolisnya dahulu. Melihat-lihat apa aja yang bisa dimainkan anak-anak. Tapi, Naufal yang sudah mulai remaja meresa terlalu besar mencoba permainan ini (ditambah pula anaknya mager). Jadi di awal dia hanya lihat-lihat saja dan baru tertarik begitu menjelang akhir. Ciri khas anak diesel banget. Kalau Kayyisha, yang anak kinestetik langsung excited melesat mencoba rumah pohon.

“Permainan seperti ini banyak di mall-mall. Tapi di sini beda ya, Mi. Rumah pohonnya bagus.” Itu komentar Kayyisha ketika melihat arena permainan Miniapolis, yang cocok untuk anak-anak di bawah 12 tahun. Miniapolis ini unik karena seperti kota impian penuh imajinasi untuk anak-anak bermain dan belajar.

mandi bola Miniapolis 3 Miniapolis 4

Saya memanfaatkan arena seperti ini agar anak-anak dapat bergerak bebas, melepaskan energi dan melatih motoriknya. Ya, menurut saya anak-anak harus cukup bergerak dan berolah raga. Karena katanya, anak-anak yang semasa kecilnya kurang aktif bergerak, ketika dewasa lebih rentan terkena penyakit degeneratif.

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh oleh anak yang selalu aktif adalah:

  • Otot dan tulang yang kuat dan membantu pertumbuhan tubuhnya optimal
  • Mencegah obesitas anak
  • Mengurangi risiko penyakit degeneratif, seperti diabetes
  • Mendapat tidur yang cukup

Keseruan Lain di Miniapolis

Selain rumah pohon, di Miniapolis terdapat beragam arena menarik untuk dimainkan dan edukatif. Salah satunya adalah Miniapolis Kids Club. Di sini, anak-anak bisa beraktivitas dengan ditemani kakak-kakak tutor yang ceria dan kreatif. Miniapolis berkerja sama dengan Ismile Preschool memfasilitasi anak-anak usia dini untuk mendapatkan stimulasi dan sosialisasi dengan cara yang menyenangkan.

carlo carousel playing time miniapolis kids club

Miniapolis Kids Club ini memfasilitasi beragam minat anak. Mereka yang sangat aktif, bisa bermain dengan beragam mainan dan peraga. Untuk anak yang kreatif bisa mencoba art dan craft serta kelas memasak juga. Untuk yang punya rasa ingin tahu tinggi, bisa mencoba kelas sains. Waah seru kan.

Seperti ketika saya dan keluarga ke Miniapolis, kakak-kakak tutor tengah mengajak anak-anak yang usia dini bernyanyi mengikuti lagu, bercerita, membuat craft sampai eksperimen sains. Sayangnya, anak saya, si Kinestetik ini betah banget main rumah pohon di Zee and Milo’s Hideout, sehingga dia tidak sempat mencoba bermain bersama kakak-kakak cantik dan baik hati ini. Tapi dia enjoy banget sih, termasuk menikmati lunch dari Applebees-nya.

Oya, di sini anak-anak bisa belajar berbahasa Inggris aktif, karena kakak tutor semuanya berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Supaya anak-anak yang belum paham bahasa Inggris mengerti, mereka menambahkannya dengan gerakan isyarat.

Banyak permainan dan sarana edukasi lain yang bisa dicoba di Miniapolis. Diantaranya Doodles, yaitu tempat anak-anak mewarnai. Medianya bermacam-macam, ada kertas, kanvas, T-shirt dan topeng. Anak-anak juga bisa menaiki Carlo Carousel dan Mr. Crick Express, si Kereta Klasik.

Miniapolis, terdapat di Plaza Indonesia (Jakarta Pusat), Lippo Mall Puri (Jakarta Barat), Aeon Mall BSD (Tangerang), Paris Van Java (Bandung), Beachwalk (Kuta), Bali Zoo (Gianyar) dan Palembang Icon Mall (Palembang). Kalau ingin mendapatkan benefit dan berbagai kemudahan mencoba fasilitasnya, teman-teman bisa menjadi member dengan harga yang menarik.

Kapan-kapan, kita play date yuk di Miniapolis.[] Anne Adzkia

 

 

Share:

6 Comments

  1. August 9, 2016 / 10:45 am

    Anak anak banget…aku gabisa kesini. Maluu wkwkkw

  2. August 9, 2016 / 1:36 pm

    paling seru memang area hideout ya krn ada rumah pohonnya. aku naik loh ke atas 🙂

  3. August 12, 2016 / 9:51 am

    Ke Miniapolis yg di AEON udah belum mba? Kepingin ke sana euy tp blm dpt wkt yg pas niih

    • Anne Adzkia
      August 12, 2016 / 10:35 am

      Belum juga euy. Janjian kalo mau ke sana yaa

    • Anne Adzkia
      August 23, 2016 / 11:57 am

      Aku juga demen, hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published.