Persiapan Praktis Sebelum Berangkat Umroh

Persiapan Praktis Sebelum Berangkat Umroh

Pergi ke tanah suci pastinya merupakan impian seluruh umat muslim. Berada tanpa jarak dengan kiblat yang kita hadapkan lima hari sekali, mengunjungi makam Rasulullah SAW, sang kekasih Allah dan menjejak situs-situs sejarah Islam adalah keinginan yang luar biasa.

Sampai pertengahan tahun, kami masih belum punya uang untuk berangkat. Tapi saya masih yakin kalau insyaallah kami akan berangkat di tahun itu juga. Alhamdulillah, Allah mencukupkan rezeki kami di bulan September dan kami langsung mendaftar umroh ke sebuah Bank Syariah.

Namun qadarullah, kami belum diizinkan untuk berangkat di tahun itu karena jadwalnya penuh dan kami dijadwalkan berangkat di pertengahan Januari. Tapi kemudian karena satu dan lain hal, keberangkatan mundur sampai di awal Februari.

Alhamdulillah Allah mengizinkan kami untuk umroh. Membuncah rasanya hati ini. Membayangkan shalat di Baitullah, melakukan thawaf dan ritual lainnya memberi semangat yang luar biasa. Waktu terasa berjalan lama ingin cepat-cepat berangkat.

umroh

Tahapan Persiapan Umroh

Begitu jadwal keberangkatan sudah dipegang, membuncah rasanya hati ini. Perasaan saya jumpalitan yang sulit digambarkan. Impian saya mengunjungi Baitullah sudah di depan mata. Saya terus berdoa agar diberi kemudahan hingga berangkat nanti. Ada rasa berdebar setiap mengingat momen ini.

Saya mendaftar umroh di bank Syariah, dan pihak bank menunjuk satu travel umroh. Kemudian kami berkoordinasi semua persiapannya dengan pihak travel ini. Semuanya kami lakukan melalui whatsapp. Dengan bermodalkan percaya, saya jalani tahapan ini. Sebetulnya, ini cukup riskan ya mengingat ada kasus travel umroh yang abal-abal dan merugikan banyak calon jama’ah.

Beberapa hal penting dalam melakukan persiapan umroh

  1. Niat yang kuat

Niat ini adalah pembuka jalan rezeki buat kita. Karena begitu kita punya niat yang kuat, Allah yang mencukupkan rezeki kita. Masyaallah.

  1. Menabung

Baiknya sih bikin rekening tabungan khusus umrah, agar kita lebih fokus dan tidak mencampurkannya dengan uang yang dipakai sehari-hari. Bisa-bisa lupa atau tergoda untuk menarik uang buat belanja, hehehe.

Kita harus cari tahu dulu biaya umroh berapa, sehingga ada target. Oya, biaya umroh biasanya naik dari tahun ke tahun, jadi dipersiapkan menabung lebih besar dari harga yang kita lihat saat itu.

  1. Tetapkan target berangkat

Ini supaya kita lebih giat mengisi pundi tabungan. Tentunya sesuaikan target ini dengan kemampuan keluarga kita. Kalau misalnya kita sedang punya prioritas lain yang lebih penting, misalnya biaya kesehatan atau membayar keperluan sekolah anak, target umroh bisa lebih dilonggarkan.

Jangan longgar-longgar banget ya, nanti semangatnya keburu meredup.

  1. Passport

Baiknya sih kita sudah punya passport begitu mendaftar, jadi urusan lebih mudah. Membuat passport sekarang bisa dilakukan online dan lebih mudah. Biaya membuat passport di tahun 2019 ini kalau nggak salah

  1. Mendaftar umroh ke bank Syariah atau travel

Teliti dulu izin usaha travel yang akan kita pilih, cari rekomendasi dari teman-teman dan baca review orang lain yang pernah menggunakannya. Travel umroh yang saya gunakan cukup memuaskan, dan saya pernah merekomendasikan pada teman. Teman saya juga puas. Karena harga nggak terlalu mahal, tapi fasilitas yang diperoleh memuaskan. Alhamdulillah.

  1. Visa umroh dan izin tinggal untuk beribadah di Saudi.

Ini nanti akan dibuatkan oleh travel, kita tinggal membayar dan mengumpulkan syarat-syarat kelengkapannya, antara lain: foto 4×6 latar putih dengan rasio wajah 80%; paspor asli (buat fotokopinya dan kita pegang untuk jaga-jaga); kartu keluarga; buku nikah; akte kelahiran dan fotokopi eKTP.

  1. Suntik vaksin meningitis

Ini adalah syarat wajib yang diberlakukan pemerintah Indonesia bagi warganya yang akan travel ke Timur Tengah. Nanti kita akan mendapatkan kartu kuning (tanda sudah divaksin) yang berlaku selama 2 tahun. Penyuntikan bisa dilakukan di bagian khusus di Bandara Soekarno Hatta, Bandara Halim Perdana Kusumah atau bandara-bandara besar di tempat tinggal teman-teman.

Sekarang, beberapa Rumah Sakit Swasta mulai memberi layanan suntik vaksin meningitis ini.

  1. Packing barang yang akan dibawa

Mempersiapkan barang yang akan dibawa enaknya jauh-jauh hari, sehingga kita nggak terburu-buru kalau ada yang kurang. Packing saya simpel aja dan nggak perlu beli barang-barang khusus. Saya hanya menggunakan perlengkapan yang seadanya dan itu cukup.

Periksa suhu Mekkah dan Medinah di waktu keberangkatan supaya kita bisa menyesuaikan perlengkapan kita. Kami berangkat ketika suhu Medinah 3 derajat dan Mekkah 10-14 derajat. Cukup dingin, sehingga perlu membawa coat dan syal. Terlebih angin Mekkah itu cukup dingin, jadi meski suhunya belasan tetap bikin menggigil.

  1. Manasik Umroh

Ini nanti akan dikoordinir oleh travel perjalanan kita. Kita akan bertemu beberapa hari sebelum berangkat, sambil kita mengumpulkan koper kita untuk disatukan dan didata oleh mereka. Beri identitas di koper supaya nggak tertukar.

  1. Makan bergizi dan istirahat yang cukup

Tubuh yang fit membuat ibadah kita lebih optimal dan kita lebih kuat terhadap perbedaan cuaca yang mungkin bikin kaget. Banyak orang tertular virus flu ketika di tanah suci. Jadi persiapkan juga suplemen sebagai booster antibodi kita. Alhamdulillah saya sehat hingga kembali ke tanah air.

umroh murah

Menuliskan tulisan ini membuka banyak kenangan indah ketika umroh beberapa tahun silam. Harapan saya ke depannya, saya ingin kembali ke sana bersama anak-anak. Semoga Allah cukupkan rezeki. Oya, sebagai catatan akhir, kita baru bisa umroh kembali setelah 5 tahun kemudian. Jadi cukup ada waktu untuk menabung yaa.

Semoga tulisan singkat ini bermanfaat buat teman-teman yang sudah berniat dan merencanakan umroh dalam waktu dekat. Buat teman-teman yang sudah punya niat, kuatkan ya niatnya. Agar kita dimudahkan dan mendapat kemudahan dalam semua prosesnya.

 

Share:

19 Comments

  1. June 1, 2019 / 11:17 am

    Saya belum punya niat yang kuat untuk umroh. Pengen banget tetapi sikon belum memungkinkan, apalagi syarat lain. Hanya bisa mengaminkan semoga Allah memudahkan keluarga kecil kami untuk umroh suatu saat nanti.

  2. June 1, 2019 / 11:41 am

    Niat yang kuat itu yang paling utama ya untuk berangkat umroh atau haji, Insya Allah biaya ada bantuan tak terduga dari Allah. Semoga aku segera bisa menyusul juga, bener nih jangan longgar2 banget biar segera terlaksana

  3. June 1, 2019 / 1:11 pm

    Niat saya udah sejak dulu. Insyaallah kuat . Tinggal lebih menguatkan nabungnya nih. Selalu saja ada kebutuhan lain yang harus dilebih dahulukan.
    Mungkin itu yg dinamakan Tuhan belum memanggil kita?

  4. June 1, 2019 / 7:49 pm

    makasih teh tipsnya, aku emang harus mengazamkan niat lagi, dan harus nabung ekstra ketat lagi, ga boleh tergoda sama hal2 yang kurang penting buat dibeli. makasih pencerahannyaaaa 🙂

  5. June 1, 2019 / 8:04 pm

    MashaAllah.. malam malam terakhir ramadan baca tulisan tentang persiapan sebelum berangkat umroh, doa saya yang sering saya panjantkan dalam bulan ramadan ini adalah agar dapat segera berkujung ke tanah suci.. aamiin.. noted untuk persiapannya ya

  6. June 1, 2019 / 10:27 pm

    A lot of preparation yet everything brings you to the house of Allah SWT. I sincerely hope I can fall on the pass

  7. June 2, 2019 / 1:40 am

    Tipsnya lengkap sekali, mbak! Semoga mencerahkan teman2 yg rindu berumroh segera ya, kalau niat sudah bulat, persiapan selanjutnya pasti lebih mantap

  8. June 2, 2019 / 1:28 pm

    Semoga keinginan ibadah kita dipermudah ya. Tahapan2 di atas memang harus banget dilakulan, jangan sampai kelewatan biar aman jaya

  9. June 2, 2019 / 7:56 pm

    aku ingin bisa umroh dari hasil ngeblog, aamiin. Sekalian berangkatnya sama anak dan suami. Numpang aminkan yaa mbak.

  10. June 2, 2019 / 10:26 pm

    Masya Allah, sekarang harus 5 tahun ya jarak waktu agar bisa umroh lagi. Kemarin adik ipar bilang masih 3 tahunan. Aku pengen juga umroh sekeluarga. Tapi renacananya nanti rombongan keluarga besar suami, agar bisa ngajari anak-anak dan ponakan

  11. June 3, 2019 / 12:24 am

    Makin rindu ke baitullah mbak, setelah membaca ini, ya Allah, menunggu berangkat ibadah haji, insyaAllah tahun 2021, semoga gak mundur lagi. Terima kasih sharingnya mbak, jadi ada gambaran persiapan untuk ibadah umroh dan haji

  12. June 3, 2019 / 6:41 am

    Kalau umroh gitu biasanya bawa persiapan mukena berapa ya Mbak?
    Saya pengen tapi masih ada fokus ke kehamilan sih makanya maju mundur mau umroh dengan kondisi hamil.

    • Anne Adzkia
      June 3, 2019 / 6:45 am

      Bawaan saya minimalis mbak, jd hanya bawa 1. Umroh kan sebentar juga, satu aja cukup. Beda kalau haji ya, perlu ada cadangan sementar yg satu dicuci.

  13. June 3, 2019 / 6:45 am

    Aih saya pun punya tekad yg kuat utk.pergi thn ini bareng teman2 semoga Allah kabulkan.

  14. June 3, 2019 / 7:23 am

    Alhamdulillah barokallah Mba Anne sudah pernah umroh, pasti bahagia sekali. Memang niat yang kuat itu sangat penting ya sehingga semangat nabung untuk umroh.

  15. June 3, 2019 / 8:14 am

    salah satu mimpi saya tahun ini, bisa berangkat umroh, tapi pinginnya seklalian bareng anak-anak, jadi harus persiapannya harus benar-benar matang. terima kasih tips-tipsnya ya mba 🙂

  16. June 3, 2019 / 9:25 am

    MashaAllah~
    Iya kak….terasa sekali kalau semangat umroh kami meredup sejak beberapa tahun silam.
    Impian umroh memang kerap terbentur oleh keperluan sekolah anak, dan lain-lain

  17. June 3, 2019 / 4:16 pm

    Umroh lagi bisa tapi kena visa progresif bukannya Mbak? Setahuku begitu. Dan 3 tahun apa 5 tahun ya jaraknya yg enggak kena visa progresif?

  18. June 19, 2019 / 7:14 pm

    Alhamdulillah baca blog ini, diingatkan tentang niat dan kemauan keras untuk bisa berangkat umroh. Bismillah. Semoga nular nular rejeki umrohnya ya mba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *