Pasar Tradisional Rasa Modern: Pasar Modern BSD

Pasar Tradisional Rasa Modern: Pasar Modern BSD

Pasar Tradisional Rasa Modern: Pasar Modern BSD – Siapa yang suka ke pasar tradisional? Waaah, yang emak-emak pasti cepet ngacung tuh. Ke pasar sih bukan lagi urusan suka nggak suka, ya. Tapi berhubungan dengan kebutuhan.

Kalau waktu saya kecil, ke pasar itu jadi rutinitas mingguan bareng Mama. Sekarang sih udah banyak alternatif yang lebih asik buat belanja keperluan sehari-hari, seperti ke hipermarket, yang nggak cuman menjual keperluan pakaian, elektronik, kebutuhan rumah tangga, tapi juga sampai ke sayuran, daging/poultry dan bumbu-bumbu yang duluuuu cuma ada di pasar.

Malah kalau di lingkungan urban, orang males deh ke pasar, karena pasar identik dengan kotor, bau, non higienis dan kriminalitas (iya, jaman saya kecil banyak banget cerita penjambretan dan pencopetan).

Begitu saya baru pindah ke BSD (Bumi Serpong Damai) Tangerang Selatan, saya nggak tahu tuh harus belanja ke mana selain ke sebuah hipermarket deket rumah yang namanya pasti sudah dikenal seantero jagat. Itu lho, yang namanya sama dengan teman Nobita dan Doraemon.

Baru beberapa bulan kemudian saya tahu kalau BSD punya pasar tradisional yang dimodernisasi. Namanya PASAR MODERN. Apa maksudnya dimodernisasi? Karena pasar ini nggak seperti pasar tradisional yang saya tahu, itu lho dengan image becek, kotor dan sebagainya. Pasar Modern atau yang sering disingkat Pasmod ini jauh dari imej tersebut.

pasar-modern-bsd

  1. Pasarnya bersih

Beneran lho, kalau kita ke pasmod gak akan deh tuh nemu yang namanya lantai becek, bau amis dan banyak sampah. Selama kita berbelanja, petugas kebersihan ada di sekitar, bersihin lantai dan saluran-saluran air yang rentan bikin masalah.

  1. Los-los pedagangnya teratur

Mirip seperti di supermarket, di pasmod disediakan papan penunjuk yang menjadi penanda di area mana kita bisa belanja ikan, daging, poultry (unggas), sayuran, buah dan lain-lain. Nggak usah khawatir seafood bercampur dengan sayuran deh. Semuanya rapi, teratur dan bikin pembeli jadi mudah untuk belanja.

 

pasar-modern-bsd

  1. Segar dan bermutu

Kalau emak-emak belanja ke pasmod, beneran deh harus ngekepin dompet baik-baik. Selain emang tetep harus hati-hati, tapi juga harus nahan untuk gak kalap. Sungguh, melihat sayuran segar dan warna-warni itu bikin kita (eh saya) nggak nahan buat belanja.

  1. Harga pasar

Meskipun pasarnya rapi dan pelayanan bagus, bukan berarti barang-barang di sini jadi semahal supermarket. Nggak sama sekali. Harga barang dan sembako tetap harga pasar dan kita bisa nawar kok.

  1. Pedagang yang ramah

Di pasmod, kita bisa nemuin pedagang dengan berbagai logat dan style. Ada yang ngomongnya selalu dengan bahasa Inggris (Gak usah tanya kualitas ya. Namanya juga usaha), ada yang selalu memuji pembeli dengan rayuan maut (halah), ada yang kalem. Pokoknya kocak dan macem-macem deh.

  1. Lengkap

Ini definsi lengkap menurut saya lo, karena sepanjang saya belanja di pasmod, segala yang saya cari ada.

Nah, apa aja yang ada di Pasar Modern BSD?

  1. Daging/ikan/unggas/hewan laut

Segala macam daging ada di sini. Untuk bagian daging non halal, mereka punya los khusus yang terpisah dari daging halal. Sayangnya nggak ada area pemotongan ayam hidup di sini. Jadi ayam yang dijual sudah dalam kondisi bersih semua. Ikan dan hewan laut juga macam-macam jenisnya, lumayan lengkap. Kalo kamu penggemar kepiting besar (di Aussie disebut mudcrab) yang diameternya bisa sebesar laptop saya, ada juga dijual hidup-hidup.

Oya, ikan ada yang dijual hidup juga, seperti ikan mas, gurame, lele dan ikan hias.

ikan-pasar-modern-bsd

  1. Produk protein lain

Tahu, tempe, ikan asin/kering, olahan daging (bakso, nugget, sosis, otak-otak, dsb) juga lengkap dijual dalam kondisi bagus.

  1. Sayuran

Jangan tanya deh dengan sayuran, semua lengkap. Mulai dari sayuran lokal sampai import (beetroot, celery, lemon, kale, dsb). Semua segar-segar banget.

  1. Buah-buahan

Ini area favorit saya dan saya punya tempat langganan yang pedagangnya baik banget. Dia seorang ibu paruh baya yang nggak pernah mau mengurangi timbangan walau sedikit. Orangnya jujur dan super ramah.

  1. Bumbu segar dan olahan juga ada di sini. Buat yang males bikin bumbu, beli yang udah diolah juga banyak.

daging-pasar-modern-bsd

6. Makanan jadi

Beuh ni dia yang paling heboh. Di pasmod itu banyak sekali pedagang makanan yang bikin ngiler. Bubur ayam, mie ayam, makanan sunda, padang, manado, bogor dan sebagainya lengkap. Tapi, kalau saya harus hati-hati dengan makanan di sini karena kita nggak tahu status halalnya. Well, namanya juga pedangang warung ya, jarang yang bener-bener punya Sertifikasi Halal. Jadi kalau kita mau jajan, harus hati-hati cari informasi sebelum beli.

  1. Jajanan

Ini juga gak nahan. Di sini ada jajanan signature yang menggoda iman siapa aja yang lewat. Ada serabi notosuman, pastelia (toko yang jual jajanan pasar supeeerrrr lengkap), bakeri-bakeri, kue cubit, jajanan khas palembang, sushi, daaaan banyak lagi.

  1. Supermarket, galeri ATM, bank, tempat les, penjahit, tukang gorden, baby shop, toko perlengkapan kue plus tempat kursus kue, perabot rumah, wah saya nggak sanggup nyebutin satu-satu.

9. Pet shop

Di satu area dekat tempat parkir, ada area penjual hewan-hewan piaraan seperti ikan, kucing/anjing/kelinci dan reptil.

  1. Café dan tempat nongkrong

Ya, kafe-kafenya serius lho. Meskipun namanya pasar, kita bisa tetep nongrong sambil ngopi di sini. Lokasi kafe ada yang di luar dan di dalem pasar.

  1. Fashion

Mulai dari baju anak-anak dan bayi, daleman, jilbab, baju muslim, oleh-oleh haji, alat ibadah, semua ada.

  1. Toko pernak-pernik

Buat yang seneng beli barang-barang vintage, bisa hunting di sini juga. Saya suka banget lewatin toko ini, betah liatnya tapi nggak pernah beli. Hehehe. Belanja makanan dan kebutuhan sehari-hari aja udah kalap, apalagi ditambahin beli beginian.

pasar-modern

Mantap kan. Emang. Semoga gak ada yang lewat kesebut Habis banyak banget, sampe gak sanggup ngingetnya.

Hanya ada dua alasan yang bikin saya males ke pasmod. Yang pertama, ngabisin uang. Jadi kamu bener-bener harus punya budget sebelum kesini. Kedua, parkirnya yang agak susah. Apalagi kalau kita belanja hari Sabtu dan Minggu. Pueenuuuuh, rek. Lebih enak pake angkot atau gojek, jadi gak usah mikirin parkir.

Pasar ini buka dari pagi-pagi banget, sekitar jam 5 atau setengah 6 kayaknya ya. Dan mulai sepi menjelang tengah hari. Kalau kamu mau cari makanan enak dan beragam, datanglah sore-sore. Karena kalau sore, area parkir pasmod berubah fungsi jad kampung jajan.

Dan ini judulnya kalap seri 2.

Segala macam makanan, mulai dari bebek goreng sampe steak atau sushi ada. Apalagi kalau lagi males masak, gak perlu bingung cari tempat makan, ke sini aja deh. Dijamin kalap. Hehehe.

Lokasi Pasar Modern ini di Jalan Letnan Sutopo, Sektor 1.1, Serpong, Tangerang Selatan. Dekat dengan pintu tol Jakarta – Serpong area Pamulang. Kalau dari luar BSD, kamu tinggal keluar tol BSD City/Pamulang, belok kiri. Lalu ambil putaran (U Turn), dan lurus terus kira-kira 250 meter. Ketemu deh Pasar Modern BSD City di sebelah kiri jalan.

Ini saya kasih peta buat mempermudah ya.

 

Share:

14 Comments

  1. December 8, 2015 / 6:44 pm

    Eh ini malah tempat saya belanjaaaa. Apa janjian kopdar di marih kita Mbak? Hahaha.

    • Anne Adzkia
      December 8, 2015 / 6:45 pm

      Hyuuuukkkk..wkwkwk.

  2. inayah
    December 8, 2015 / 11:10 pm

    aku masih suka ke pasar mbak Anne…depan komplek ada pasar beginian. biasanya kesitu nyari jajan..atau buah. yang malesin parkirannya sih,,suka worrie aja..

    • Anne Adzkia
      December 8, 2015 / 11:28 pm

      Males ya kalo parkirannya gak nyaman

  3. nur rochma
    December 8, 2015 / 11:28 pm

    Aduh..kalau pasarnya bagus kayak gini, seneng banget ya. Nyaman, betah belanjanya.

  4. evrinasp
    December 9, 2015 / 11:06 am

    walah rek, di BSD tho, tak kira deket bogor mbak hehe, aku suka ke pasar tradisional yg bersih, minimal gak becek gitu

    • Anne Adzkia
      December 9, 2015 / 11:24 am

      Yuk ke BSD

  5. Blogger Galau
    December 12, 2015 / 1:51 am

    Wah enak ya kalo pasarnya bersih ky gitu… jadi nyaman belanja juga

    • Anne Adzkia
      December 12, 2015 / 1:58 am

      Iya. Emak-emak mah betah di mari. Gak tau kalo bapak-bapak ya, huehehehe.

  6. Maya Siswadi
    December 16, 2015 / 7:38 pm

    Ini emang pasar favorit banget deh, udah lama buka, kayaknya hampir 10 tahun, dan sampai sekarang masih bertahan dan tetap terjaga kebersihannya itu luar biasa, patut diacungi jempol pengelolanya

    • Anne Adzkia
      December 16, 2015 / 7:45 pm

      Wow udah 10 thn? Iya gak nyangka.

  7. Dan
    October 14, 2016 / 5:05 am

    wuih pasmod , tempat main bola sama layangan waktu kecil 😀

  8. June 26, 2017 / 6:58 pm

    Segeernya..bersih pula pasarnya, BETAH berlana-lama belanja ya Mbak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *