Menu Praktis Buat Orang yang Gak Suka Masak

Menu Praktis Buat Orang yang Gak Suka Masak

Gak semua orang suka memasak. Tapi makan adalah keniscayaan, bukan? Kita bisa mendapatkan makanan dari mana saja, nggak harus memasak. Tapi dengan memasak sendiri, tentunya selain lebih hemat, merupakan satu upaya untuk merekatkan ikatan keluarga lho. Beneran.

Sejak kurang lebih dua tahun ke belakang, saya jadi nggak terlalu suka memasak, karena rasa bosan. Bosan berhadapan dengan bahan-bahan dan harus menyiapkannya sebelum dimasak. Bosan berpikir menu apa yang menarik, lalu yang mudah cari bahannya. Padahal, jadi emak-emak itu harus semangat, kan?

Tapi kita nggak perlu memaksakan diri kok. Karena kebutuhan makan tetap berjalan, buat yang nggak suka masak, gunakan tips berikut:

  1. Pilih menu yang cukup dimasak 10 menit
  2. Cari bahan yang proses persiapannya nggak perlu panjang-panjang
  3. Minta bantuan anggota keluarga supaya lebih singkat prosesnya
  4. Membuat menu planner untuk membantu merencanakan menu
  5. Memasak makanan yang bikin kita bahagia

Bagaimana menemukan masakan yang bikin bahagia? Kalau saya adalah masakan yang bisa bikin anak-anak makannya lahap. Kadang, semales apapun kita memasak, kalau hasilnya dihargai sedemikian rupa oleh anak-anak dan suami, lelahnya hilang semua. Puas aja.

Saya juga selalu memilih menu yang nggak terlalu jelimet, persiapan bumbunya nggak aneh-aneh. Dan makannya cepet. Kalau keluarga kami sedang kepingin makan enak dan unik, biasanya me nunggu weekend tiba. Karena ada suami yang bersedia masak special buat keluarga.

Di postingan ini, saya ingin share tentang satu resep praktis yang saya masak kemarin. Ini bukan resep original, karena pasti sudah digunakan banyak orang. Tapi dalam membuatnya, saya nggak mencari resep rujukan. Saya buat sembarangan aja. Jadi kalau ternyata nama masakannya nggak sesuai dengan resepnya, mohon dimaafkan. Karena ini resep ‘ala Anne yang ala-ala tapi disukai anak-anak saya.

Ayam, adalah andalan kami. Ini adalah bahan yang mudah dicari, mudah juga persiapannya. Gak usah lah pake beli ayam hidup, nyembelih sendiri, nyabutin bulunya dan sebagainya. Saya hanya beli ayam potong di supermarket yang relatif sudah bersih. Tinggal bilas sebentar, lalu clupp…olah deh.

Menu ayam praktis yang saya masak, bernama Ayam Mirip Rica-rica ala Anne. Saya beri nama ini, karena kayaknya ini nggak mirip ayam rica-rica betulan. Saya bikinnya nggak terlalu pedas supaya bisa dimakan anak-anak. Resep dan cara membuatnya gampang deh.

 

Ayam Mirip Rica-rica Ala Anne

masako rasa ayam

Bahan:

10 potong sayap ayam

1 mangkok kecil daun melinjo

1 buah tomat ukuran sedang

8 buah cabe merah keriting

5 siung bawang merah

4 siung bawang putih

3 butir kemiri

1 batang daun bawang

Minyak goreng secukupnya

Garam + merica

Masako ayam secukupnya

 

Cara membuat:

  1. Setelah dibersihkan, ayam dilumuri sedikit cuka, garam dan merica. Lalu goreng setengah matang. Sisihkan.
  2. Haluskan bumbu-bumbu: bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe merah (sisakan 1 buah untuk diiris).
  3. Tumis bumbu halus sampai wangi, lalu masukkan ayam. Beri air sedikit supaya bumbu meresap.
  4. Masukkan daun melinjo, masak sampai layu.
  5. Tambahkan masako, bumbu penyedap masak rasa ayam, garam dan merica.
  6. Masak sampai bumbu merata, gak usah lama-lama.
  7. Matikan api, tambahkan cabe merah iris dan tomat yang sudah dipotong, aduk sedikit.
  8. Sajikan di mangkok, taburi dengan daun bawang segar iris.

ayam rica

Naaah…jengjeng, gampang kan. Anak-anak saya doyan banget dan nambah terus. Sebagai menu pelengkap, saya juga membuat bakwan jagung yang resepnya pasti sudah diketahui orang sejagat raya. Kunci lezatnya adalah masako bumbu penyedap masak rasa ayam yang lezat dari bahan berkualitas.

bakwan jagung

Kenapa Pakai Masako Bumbu Penyedap Masak

Karena masako membantu meningkatkan rasa masakan. Apalagi masako sekarang punya produk baru yang lebih keren, dimana rasa kaldunya lebih kuat, dengan  rasa bumbu serta gurih yang pas.

Ada 2 varian masako bumbu penyedap masakan, yaitu sapi dan ayam. Masako sapi dibuat dari ekstrak daging sapi yang 3x lebih banyak dari produk lainnya. Sedangkan masako ayam memiliki ekstrak daging ayam 28x lebih banyak daripada produk yang lain. Makanya jadi lebih enak.

Untuk kedua resep yang saya buat kemarin, saya pakai masako bumbu penyedap masak rasa ayam. Keistimewaannya banyak lho. Ayam yang dipilih nggak sembarangan, tapi ayam jenis pedaging yang usianya 40-45 hari dengan berat 1,8 – 2 kg per ekor. Nah, ayam pilihan dong.

Dan nggak usah khawatir, baik produk dan ayamnya sudah bersertifikat halal. Buat kita-kita yang peduli halal, ini penting kan.

Satu butir masako mengandung semua bahan baku (ekstrak daging ayam, lemak ayam, protein kedelai, bawang bombay, bawang merah, bawang putih, kunyit, gara, gula, penguat rasa dan lainnya), mudah larut dalam masakan dan tahan lama karena dikemas dengan plastik berlaminasi aluminium foil.

masako bumbu penyedap masak

Masalah Nutrisi di Indonesia

Kalau ingat debat cawapres lalu, kita diingatkan akan adanya masalah stunting atau bentuk tubuh yang pendek karena ketidakcukupan gizi pada anak. Urusan gizi memang bukan hanya urusan pemerintah ya, tapi urusan kita semua.

Saat ini, Indonesia masih termasuk negara yang memiliki permasalah nutrisi seperti stunting, kurang zat besi, kurang makan sayur hingga gizi buruk. Semuanya bisa menimbulkan masalah.

Masako peduli dan ikut mendukung program pemerintah untuk meningkatkan konsumsi sayur pada anak. Anak yang jarang makan sayur akan mudah terkena obesitas, sehingga ini menjadi masalah dalam potensi penyakit degeneratif dan perkembangan otak.

Anak yang obesitas akan lebih jarang bergerak aktif, akibatnya gangguan pertumbuhan tulang bisa terhambat dan stimulasi otak juga terganggu. Potensi penyakit diabetes pada anak pun meningkat. Masako berkontribusi dalam program “Ayo Makan Sayur” dengan melakukan edukasi kepada ibu-ibu tentang pentingnya mengonsumsi makanan bergizi seimbang, serta mendukung ibu-ibu untuk sering memasak sayuran dan mengurangi penggunaan garam.

Manfaat dari gizi seimbang dan banyak makan sayur tentunya banyak, diantaranya:

  1. Menghasilkan energi dalam tubuh
  2. Membentuk sel jaringan tubuh
  3. Melawan radikal bebas (mencegah timbulnya penuaan dini, kerusakan jaringan, kanker dan jantung)
  4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  5. Menghaluskan kulit
  6. Menebalkan dan memperkuat rambut
  7. Melancarkan pencernaan

Nah begitu pentingnya makanan berkualitas bagi keluarga kita,  membuat kita (terutama para emak) untuk berpikir cerdas dan aktif. Urusan makanan bukan hanya untuk mengenyangkan perut tapi untuk masa depan negeri yang lebih panjang.

Ayo kita makan makanan sehat!

Share:

95 Comments

  1. March 22, 2019 / 9:09 am

    Jadi pengen ke rumah Anne

    • Anne Adzkia
      March 22, 2019 / 9:10 am

      Hihihi keburu habisss.

  2. March 22, 2019 / 11:10 am

    Wuah enak banget ini buat makan siang, bisa habis 2 piring *gagal diet deh.
    Aku juga pakai masako kalo masak, bikin masakan lebih lezat ya.

    • Anne Adzkia
      March 22, 2019 / 11:11 am

      😍

    • Anne Adzkia
      March 26, 2019 / 6:10 am

      Masako andalan sehari-hari ya

  3. March 22, 2019 / 1:38 pm

    Ayam ((mirip)) rica-rica. Semacam pengakuan sebelum ada yang bilang itu rica-rica kw, ya. Hihi.
    Tapi jadi kebayang rica-rica betulan. Sedap banget.

    • Anne Adzkia
      March 26, 2019 / 6:10 am

      Karena penampakannya pun hanya mirip sedikiiit

  4. March 22, 2019 / 2:43 pm

    Aku juga ikutan senyum simpul pas baca, Ayam ((mirip)) rica-rica, hahaha…

    Jodohnya nasi hangat pulen nih, dijamin pasti nambah 😉

    Jadi, waspadalah, waspadalah!
    Hahaha…

    • Anne Adzkia
      March 26, 2019 / 6:11 am

      Nasi pulen anget, sempurna

  5. March 22, 2019 / 8:30 pm

    Anak-anak dalam masa pertumbuhan sangat memerlukan asupan makanan yang bergizi seimbang ya, Mbak. Menjadi ibu tentu diberikan kesempatan untuk menentukan akan makan apa anaknya. Makan yang biasa atau malah di luar kebiasaan, jadinya begini. Makan yang pada umumnya anak terima, hasilnya bisa beda dengan yang di luar kebiasaan. Saya juga sebisa mungkin masakain makanan untuk anak-anak Mbak, ya yang paling gampang saja.

    • Anne
      March 28, 2019 / 9:37 am

      Sepakat mba..anak2 cenderung nerima aja ya dimasakin apapun oleh ortunya

  6. March 22, 2019 / 8:32 pm

    aku udah lama banget keingin masak ayam rica-rica mbak. Ujung ujungnya dimasak kecap karena mementingkan anak-anak yang belum terbiasa makan makanan pedas. Sekarang mau memberikan penyedap sudah ada pilihan ya, masak ayam pilihannya masako ayam.

    • Anne Adzkia
      March 26, 2019 / 6:11 am

      Oh iya sama. Anakku skrg malah doyan makanan pedes, dulu semua serba kecap

    • March 30, 2019 / 10:35 pm

      Aku juga pengin nih bisa eksekusi masak ayam rica2. Selama ini enggak telaten banget mengolah bumbunya. Sekarang mah enak yaa.. udah ada penyedap macam masako agar masakan dijamin enak.

  7. March 23, 2019 / 2:30 am

    wkwkwkwkw..lucu namanya, ayam mirip rica-rica, tapi emang kayaknya bumbu rica-rica yang asli gak kayak gini ya, ada yang kurang deh, harusnya pakai kemangi bukan daun bawang hahaha

    Ini makanan yang sering ada waktu saya kecil, biasanya orang di MAnado masak ayam ini dengan cabe rawit seliter 🙂

    • Anne Adzkia
      March 26, 2019 / 6:12 am

      Nah benerrr pake kemangi. Kok gak kepikiran ya

      • March 29, 2019 / 12:16 am

        Hehehe iya mba, ciri khas dari rasa ayam rica2 itu dari daun kemanginya sih
        ama pedes minta ampun.

        Rica itu kan cabe dalam bahasa sono heheheh

        jadi semacam ayam di cabe in 😀

  8. March 23, 2019 / 3:38 am

    Pengen nyobak bikin yang ayam itu mbk. Penasaran gimana perpaduan antara daun melinjo sama ayam. Nah kalau yang bakwan jagung itu lauk favorit org rumah. Biasanya sih nggak dipakek lauk. Malah digadoin.

    • Anne Adzkia
      March 26, 2019 / 6:12 am

      Sungguh deh ternyata daun melinjonya gak terlalu berfaedah, hahaha

  9. March 23, 2019 / 6:32 am

    Inspirasi masakannya oke banget mbak.
    Makasih lho, saya yang males masak jadi ada semangat lagi, hehehe

    • Anne Adzkia
      March 26, 2019 / 6:13 am

      Ayo semangat mbaaak 😀

  10. March 23, 2019 / 7:18 am

    Jadi malu baca prolognya mbak hihi kok kayak saya juga. Iya mbak, selama ini sebab biar anak anak ga makan sembarangan aja saya semangat masak mbak dan juga penghematan. Belum pernah masak ayam rica rica, jadi pengen buat juga

    • Anne Adzkia
      March 26, 2019 / 6:13 am

      Setelah anak2 makin gede, saya makin males masak. Ampun. Kalo dulu bela2in hrs makan masakan rumah

  11. March 23, 2019 / 7:31 am

    Anakku tuh suka makan aneka olahan ayam apapun. Tapi aku belum pernah nyoba masakan ayam mirip rica rica ini mba. Hihiih. Banyak yang bilang ya Masako memang oke banget mba buat rasa kaldu lebih terasa

    • Anne Adzkia
      March 26, 2019 / 6:14 am

      Wah sama, anak2ku jg doyan ayam

  12. March 23, 2019 / 10:31 am

    Tinggal tambahin nasi hangat udah makan banyak, deh hehehe. Udha lama juga saya gak makan bakwan jagung. Pakai bumbu kacang makin mak nyus 😀

    • Anne Adzkia
      March 26, 2019 / 6:14 am

      Bakwan jagung favoritku, seringnya buat cemilan

  13. March 23, 2019 / 3:35 pm

    Sekalinya terjun ke dapur bisa hasilkan makanan selezat ini ya Mbak, walau perjuangan tapi pasti puas banget saat semua masakan ludes, hmmm nyaaamiii.
    Eeh koq samaan Mbak, saya juga suka lho buat perkedel jagung, anak-anak sukaaa, PakSu juga doyan, hihihih

    • Anne Adzkia
      March 26, 2019 / 6:15 am

      Sekalinya terjun ini jarang2, hehehe. Paling seminggu 3 kali

  14. March 23, 2019 / 5:26 pm

    Saya suka daun melinjo muda, tak pernah terpikirkan dimasak bareng ayam. Patut dicoba juga kalau ke pasar ketemu dengan daun melinjo muda. Masak ayam setengah matang dulu dengan garam dan merica plus cuka. Boleh juga. Lantas dibumbui. Biasanya saya tak pakai cara demikian. Unik, Kok, Teh. 🙂
    Oh ya, masalah stunting juga bikin saya cemas. Meski Palung tingginya sedang namun ada anak lain yang lebih bagus pertumbuhannya. Semoga kami bisa atasi masalah gizi Palung dengan makan makanan bergizi dan sehat, serta halal dan toyyib. Doi susah makan sayur, saya harus pintar berkreasi dan coba resep ini. Palung juga suka melinjo dan daunnya.

    • Anne Adzkia
      March 26, 2019 / 6:16 am

      Iya nih, ini juga eksperimen sendiri aja masukin daun melinjo. Ternyata enak

  15. March 23, 2019 / 6:25 pm

    Toss dulu mba, aku pun nggak seneng masak, hihihi. Jaraaaang banget. Aku catering harian. Tapi kalau pas lagi ibu catering-nya ga masak, baru aku masak. 😀

    • Anne Adzkia
      March 26, 2019 / 6:16 am

      Sempet kepikiran pgn catering, tp sering keluar dan jadwalnya gak tentu. Takutnya malah rugi

  16. March 23, 2019 / 7:49 pm

    Aku juga kalau lagi malas masak ya ga masak, tapi pas seneng ya hayuk deh. Nanti Ramadhan kayanya kudu diplaning buat bikin masakan biar makin asyik

    • Anne Adzkia
      March 26, 2019 / 6:17 am

      Iya betul, bentar lagi Ramadhan. Hrs siap2in menu ya

      • March 29, 2019 / 11:53 am

        Iya, soalnya kadang bosen kalau itu2 mulu. Makan dikit yang gugah selera biar semangat puasa

  17. March 23, 2019 / 8:52 pm

    Bakwan jagung itu favorit aku mbak. Kalau pas lagi buat bisa setengah porsi pasti buat aku dan selebihnya keluarga hehehe. Memang tambahin Masako jadi gurih dan enak, pas di lidah.

    • Anne Adzkia
      March 26, 2019 / 6:17 am

      Wah samaaaa…sambil goreng, sambil makanin. Hahaha

      • March 28, 2019 / 8:19 pm

        Bener banget, sambil di goreng sambil di makan sisanya remah2nya haha

  18. March 23, 2019 / 9:18 pm

    Ayam mirip rica-rica kayaknya enak itu mba, boleh nih kapan-kapan dicobain resepnya hihihi…

    • Anne Adzkia
      March 26, 2019 / 6:18 am

      Sila dicoba, gampang banget masaknya

  19. March 23, 2019 / 10:38 pm

    Simple ya ka.. semoga setelah ini aku kembali rutin masak hehe.. jadi pengen praktekin menu ini besok.. semoga hasilnya bisa lebih enak dari buatan mba anne hehe.. yeay dapet menu masakan baru nih.. bumbu masako selalu ada dirumah dong

    • Anne Adzkia
      March 26, 2019 / 6:18 am

      Pasti lebih enak…nyam nyam

      • March 29, 2019 / 12:37 pm

        Masako juara banget ya.. masak apapun jadinya enak hihi.. aku jadi rutin ke dapur nih mba jadinya.. enak juga ya masak

  20. March 23, 2019 / 11:54 pm

    Malem-malem buka tulisan ini bikin laper, besok mau bikn perkedel jagung ahh mupeng mba menul-menul

    • Anne Adzkia
      March 26, 2019 / 6:19 am

      Sy juga pengen bikin lagi nih

      • March 29, 2019 / 10:53 pm

        Selain di goreng ada resep apa lagi mba untuk jagungnya, kalo tidak salah jagung jenis gandum utuh bukan ya??

  21. March 24, 2019 / 5:28 am

    Kenapa namanya ayam mirip Rica Rica kak? Keliatannya enak banget deh, aku jadi pengen masak juga

    • Anne Adzkia
      March 24, 2019 / 5:42 am

      Karena kayaknya resep aslinya bukan begini, hehehe. Ini dimirip-miripin aja karena pake cabe.

    • Anne Adzkia
      March 26, 2019 / 6:19 am

      Karena hanya mirip, bukan resep sesungguhnya ;D

  22. March 24, 2019 / 5:31 am

    Aku gak suka masak, sukanya makan 😀 Tapi harus masak soalnya Pascal maunya bekel makan siang sendiri, jadilah seadanya aja bikin makanan yang praktis. Wah ini ada resep ayam rica-rica ya, keluargaku suka pedes soalnya jadi cocok makan rica-rica.

    • Anne Adzkia
      March 26, 2019 / 6:19 am

      Akupun, maunya “tring” langsung ada di meja tanpa perlu masak. Qiqiqi

      • March 28, 2019 / 5:48 pm

        Aku lagi kelaparan nih, makanya balik lagi ke sini mau minta makan. Lah dirimu gak suka masak apalagi aku, cuma suka makan aja 🙂

        • Anne Adzkia
          March 28, 2019 / 5:49 pm

          Wkwkwk minta makan jangan di sini. Mampir ke rumah, nanti ada yg masakin #bukanaku

  23. March 24, 2019 / 6:37 am

    MasyaAllah bakwan jagung aduh udha lama nggak masak itu
    Apalagi ayamnya, ulalal udah dibumbuin dulu jadinya meresap enak
    Pengen juga ah bikin resepnya

    • Anne Adzkia
      March 26, 2019 / 6:20 am

      Cobain mbak, resepnya bener gak ini. Hihihi

  24. March 24, 2019 / 7:14 am

    Resep ayam mirip rica ricanya boleh banget dicontek nih 😉 Ternyata enggak sulit ya bikinnya. Bisa banget dinikmati sekeluarga asalkan ga pedas2 amat ya untuk anak.

    • Anne Adzkia
      March 26, 2019 / 6:20 am

      Mudah bangeett. Lumayan lah, anak2 jd makan makanan rumahan

  25. March 24, 2019 / 8:59 am

    Masakannya pasti enak kok mba, apalagi kalau masaknya dari hati hehehe. Perkedel jagungnya okee tuh mba.. anak-anakku sukaaa

    • Anne Adzkia
      March 26, 2019 / 6:21 am

      Iya, masaknya pake bumbu kasih sayang ya mbak

  26. March 24, 2019 / 9:07 am

    Ehhe~
    Tau aja niih…kalau aku gak suka masak.
    Tapi sejak menikah, masak itu harus, meskipun yang sederhana.

    Bakwan jagung ini kesukaankuu…
    Enak dimakan selagi hangat.

    • Anne Adzkia
      March 26, 2019 / 6:21 am

      Ayo semangat mbak, masak walopun satu dua menu aja

      • March 30, 2019 / 9:17 am

        Siap.
        Sekarang makin PeDe karena banyak resep online yang bisa dijadikan guru.
        Dan gak lupa pakai Masako, biar lebih mantap.

  27. March 24, 2019 / 9:37 am

    Ya aampuunnn ini lauk endes banget mbaaa.. semuanya pada posting masakan aku jadi laper ini hihihi

    • Anne
      March 28, 2019 / 9:38 am

      Musim postingan resep nih mbaa

      • March 30, 2019 / 6:01 am

        Iya musim banget. Persiapan ramadan ngumpulin resep jadinya ya mba

  28. March 24, 2019 / 9:59 am

    Alhamdulillah anak-anak saya semuanya suka sayur,dan ayam adalah lauk favorit mereka. Ayam mau dimasak apapun pasti suka.

    • Anne Adzkia
      March 26, 2019 / 6:21 am

      Pasti mb Ika jago masak nih…

  29. March 24, 2019 / 5:47 pm

    Wah resep praktis nih kalau terburu2 bisa pke resep2 praktis ya…jd makanan tetap bs terhidang walau wkt sempit hehe..

    • Anne Adzkia
      March 26, 2019 / 6:22 am

      Iya, gampang dan cepat. 10-15 menit sudah jadi

  30. March 26, 2019 / 9:04 am

    Doyaan…
    Aku juga doyan, kak ayam (mirip) rica-rica ini tampak lezaatt…
    Ummm~
    Kalo pinter masak, jadi menu andalan bersama keluarga niih..

    • Anne
      March 28, 2019 / 9:39 am

      Anak-anakku lumayan suka, meskipun resepnya ala-ala ;D

  31. March 26, 2019 / 10:50 am

    Benar praktis dan lezat karena pakai Masako…. Wah, cocok neh untuk Miss lazy seperti aku untuk urusan dapur. Bolehlah dicoba

    • Anne
      March 28, 2019 / 9:39 am

      Silakan dicoba, cepet banget bikinnya. Resepnya pun standar aja

  32. March 28, 2019 / 10:18 am

    Mba aku belum pernah masak daun melinjo liat ini jadi pengen cobain masak apalagi suami doyan banget ayam menu baru nih 🙂

  33. March 29, 2019 / 2:19 am

    Benar Bun kita harusnya ada yang bantuin dalam memotong waktu. Sewaktu alm masih ada, Mpo yang bagian iris iris dan persiapan memasak

  34. March 29, 2019 / 10:20 pm

    Ayam mirip rica-rica,, nama masakannya lucu banget Mbak Tapi ya suka-suka mbak Anne dong, hehe. Saya juga kadang malas masak yang memakan waktu lama. So, boleh juga nih resep praktis dari Mbak. Btw di rumah juga saya pake bumbu penyedap masako 🙂

  35. March 29, 2019 / 10:52 pm

    Hmm bikin ngiler nih Mak, pengen nyobain resepnya. Cocok buat saya yg keahlian memasaknya Alhamdulillah perlu ditata hihi

  36. March 30, 2019 / 12:39 am

    Menunya praktis tapi yummy nih mbak… Pasti bikin seisi rumah tidak bosan menikmati sajian ayam dan bakwan jagung nya dengan resep praktisnya. Saya juga sering menambahkan masako untuk menu yang saya masak. Sudah jadi kebiasaan aja setiap masakan yang ditambahkan masako pasti terasa sedah. Bahkan bikin selera makan bertambah.

  37. March 30, 2019 / 6:05 am

    Hehehe biarpun dikasih namanya ayam mirip rica-rica, tetep aja penampakannya menggoda. Apalagi itu bakwan jagungnya. Duh, itu mah favorit saya ama suami banget..

  38. March 30, 2019 / 6:48 am

    Wah, yummy2 banget masakannya. Cobak ah…

    Emang ya ada masa bosan sama masak. Kalo kayak gitu, biar makin semangat, aku rajin cari2 resep masakan baru.

  39. March 30, 2019 / 7:52 am

    Bikin masakannya simple ya Mba
    aku jadi pengen bikin juga buat menu hari ini niih
    aku suka masak, tapi kadang malesnya yang besar

  40. March 30, 2019 / 8:19 am

    Wah perkedel jagung
    Ini mah menu yang bikin nasi cepat habis kalau di rumah
    Apalagi pas habis diangkat dari wajan
    Ditambah Masako, wis sedap banget ituuu

  41. March 30, 2019 / 8:38 am

    Masako ini jadi andalanque banget Mba Anne. Apalagi untuk sop dan sambel. Baruu aja nih mateng bikin sambel terasi. Goreng bawang merah, bawang putih, cabe, tomat dan terasi. Taruh di cobek, kasih garam, gula, masako, terus alusin deh. Terakhir kucurin jeruk sambel. Nyaaammm.

    Aku nyomot ayam ricanya buat dimakan sama sambelku ya Mba. Hahhahaha.

  42. March 30, 2019 / 8:50 am

    Saya juga nggak bisa masak, karena dulu kerja jadi suka nggak sempet kalaupun masak ya yang praktis aja, dan masako jadi andalan banget, resep ayam rica-ricanya saya simpan ya kali aja ada niat mah masak hehehe

  43. March 30, 2019 / 8:59 am

    Wah, aku banget ini. Gak suka masak. Tapinya harus. Aku save ah resep rica-ricanya. Belom pernah aku masak ayam seperti ini. Dan iya, berkat Masako, yang gak suka dan gak bisa masak kayak aku, tetep bisa bikin makanan enak yang laris di rumah. 😀

  44. March 30, 2019 / 9:09 am

    Masako itu bikin masakan lebih enak ya kak dan praktis pula tinggal sobek langsung campurkan deh. Btw boleh di coba nih resep rica-ricanya.

  45. March 30, 2019 / 9:24 am

    Aku memang sukaaa masak mba. Menurutku malah rilexing banget. Tapi ya setiap orang beda2 ya

  46. March 30, 2019 / 11:02 pm

    aku pingin coba ah menu resep ayam rica ricanya.. dikasi daun melinjo itu baru buatku, biasanya nggak pernah. patut dicoba

  47. April 1, 2019 / 7:13 am

    Kalau menu males masak versi aku itu bikin sayur sop mba, palingan agak makan waktu di potong-potong ya, kalau ngerebus bisa disambi dengan yang lain 🙂

  48. Achie
    April 1, 2019 / 3:55 pm

    Waahh..enaaakkk..apalagi kalau tinggal makan..wkwkwk..semoga tambah rajin ya masaknyaaa..

  49. Prapti
    April 1, 2019 / 4:07 pm

    Waaaah boleh diicip nih sayap rica-ricanya, daun melinjo kayaknya bikin seger 😊

  50. April 1, 2019 / 4:09 pm

    Kayaknya bisa dicoba nih. Belum pernah bikin ayam rica2 dirumahku biasanya ayam tepung, ayam mentega, sama ayam bwg putih. Makasih ne resepnya 🙂

  51. Fitra Kusnadi
    April 1, 2019 / 4:41 pm

    Ashiaap…enak sekali kelihatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *