[Advertorial] Menikmati Sejuknya Wisata Baturraden

[Advertorial] Menikmati Sejuknya Wisata Baturraden

Nggak banyak daerah wisata di Jawa Tengah yang sudah saya datangi. Padahal saya ingin sekali menjelajah beberapa area di sana yang menarik. Salah satunya Baturraden. Entah kenapa, saya ingin sekali bisa mengajak keluarga ke sana. Ada beberapa alasan sebetulnya, yang salah satunya adalah karena Baturraden merupakan area pegunungan yang sejuk.

Ya, saya sangat menyukai pegunungan. Kalau disuruh memilih, wisata pantai atau gunung, saya akan memilih gunung. Saya kurang tahan dengan udara lembab dan panas, karena akan banyak sekali keringat di badan saya.

Tapi kalau pegunungan, yang udaranya sejuk atau bahkan dingin, saya dan keluarga akan sangat menikmati.

Ada yang belum tahu, dimanakah lokasi tempat wisata ini?

Baturraden merupakan kawasan wisata yang berada 14 km dari kota Purwokerto. Telah dikenal sejak tahun 1928 sebagai obyek wisata pegunungan. Keindahan alam dan udara pegunungan yang sejuk dengan suhu berkisar antara 18 hingga 25 derajat Celsius menjadikan kawasan wisata ini sebagai tujuan berakhir pekan masyarakat kota Purwokerto dan sekitarnya.

Dalam kondisi udara yang cerah, cuaca yangĀ  bagus, pemandangan kota Purwokerto, Nusakambangan dan berbagai pantai di Cilacap yang terletak di sebelah selatan dapat terlihat dengan jelas dari puncak Baturraden yang memiliki ketinggian 670 meter di atas permukaan laut.

Saya sempat bertanya-tanya, apa hubungan batur dan raden sehingga tempat itu bernama Baturraden. Nah, ternyata memang ada sejarahnya lho.

Baturraden memiliki legenda yang menjadi asal muasal penamaan tempat ini yaitu kisah asmara seorang raden yang berasal dari kalangan ningrat dengan seorang batur atau dayang-dayang yang kemudian melarikan diri ke suatu tempat di Gunung Slamet. Di lereng Gunung Slamet mereka menemukan sebuah tempat yang sangat indah dengan dua air terjun dan sungai yang mengalir jernih. Kisah mereka diakhiri dengan tragis sehingga kemudian tempat tersebut dinamakan Baturraden oleh masyarakat setempat.

baturraden

Baturraden laksana taman surgawi (Photoright: ajambajor.blogspot.com)

Luas keseluruhan obyek wisata Baturraden adalah 16,5 hektar dengan luas tanah investasi 4 hektar dengan status tanah adalah Hak Pengelolaan Lahan (HPL) oleh Pemda.

Bagi yang tinggal di luar Purwokerto pasti membutuhkan arahan bagaimana bisa mengunjungi Baturraden. Nah, akses menuju lokasi wisata ini tergolong mudah. Dari terminal Purwokerto perjalanan dilanjutkan dengan bus yang langsung menuju terminal lokawisata Baturraden. Dengan kemudahan akses transportasi dan tersedianya hotel-hotel bergaya bungalow membuat kawasan Baturraden menjadi obyek wisata favorit bagi masyarakat di seputar Jawa Tengah.Ā  Hotel-hotel tersebut dapat dipesan melalui aplikasi Traveloka.

Harga tiket masuk ke Lokawisata Baturraden tergolong murah hanya Rp.14.000,00 per orang dan membayar tiket masuk yang berbeda setiap kali masuk ke area wisata yang ada di kawasan Baturraden. Wiih murah, kan.

Area wisata yang menarik untuk dikunjungi di kawasan Baturraden yaitu:

  1. Pancuran Pitu dan Pancuran Telu

Sesuai dengan namanya, Pancuran Pitu dan Pancuran Telu adalah sebuah pancuran yang merupakan pemandian air panas yang mengandung belerang. Suhu air di pemandian ini mencapai 60 hingga 70 derajat Celsius dan dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Selain berendam air panas sambil menikmati pemandangan yang hijau, pengunjung dapat mencoba pijat sulfur dengan harga Rp.7.500,00 per 15 menit. Karena airnya mengandung belerang sehingga kolam Pancuran Pitu dan Pancuran Telu berwarna kuning kecoklatan yang terlihat menarik di antara hijaunya dedaunan.

pancuran pitu

Pancuran yang jumlahnya enam (pitu)

  1. Telaga Sunyi

Telaga yang indah, berair dingin dan sangat jernih ini berada kurang lebih empat kilometer dari Gerbang Wanawisata. Suasana telaga yang sunyi dengan gemericik air yang jatuh ke dalam telaga jernih berkilau dengan kedalaman sekitar 3 kilometer sangat cocok untuk mereka yang membutuhkan tempat untuk menyepi dan menenangkan diri dari hiruk pikuk kesibukan kota besar. Dengan harga tiket masuk hanya Rp.10.000,00 tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi untuk melepaskan kepenatan aktivitas harian. Pada musim-musim tertentu dapat dijumpai aneka warna kupu-kupu dan capung yang beterbangan bebas di sekitar area telaga.

  1. Taman Botani

Taman Botani merupakan sebuah taman yang menyimpan dan melestarikan koleksi-koleksi langka seperti tanaman Havana, tanaman Bonsai, Daun Dewa, Keladi Tikus, Anthurium Lipstick, Widoro Laut, Palem Paris dan lainnya. Selain itu aneka tanaman hias juga menghiasi dan menjadi koleksi taman ini. Beberapa jenis tanaman hias dapat anda beli dan jadikan koleksi anda di rumah dengan harga yang terjangkau.

  1. Taman Kaloka Widya Mandala

Taman Kaloka Widya Mandala atau yang dikenal juga sebagai Wisata Pendidikan Wanasuka Baturraden merupakan kebun binatang yang dimiliki kota Purwokerto yang diresmikan pada tahun 1995. Dalam pengelolaannya, tempat ini pernah mendapat penghargaan berupa Visit Indonesia Dekade 1991 ā€“ 2000, Penobatan Anugerah wisata Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta di Semarang pada tahun 1996.

Koleksi hewan yang dimiliki oleh kebun binatang ini berasal dari benua Asia, Australia dan negara Belanda seperti sapi kaki lima, kambing kaki tiga, gajah, beruk, buaya Irian, kasuari, landak, iguana, cenderawasih, ayam mutiara, orang utan, elang bondol dan lainnya. Selain itu, kebun binatang ini juga memiliki museum satwa langka yang menceritakan keberadaan hewan-hewan yang sudah langka di Indonesia seperti harimau Sumatera, beruang madu dan macan dahan.

  1. Bumi Perkemahan

Dengan lokasi yang berada di lereng Gunung Merapi, Baturraden kerap dijadikan tempat start para pendaki gunung untuk mendaki Gunung Merapi. Kini, pengelola kawasan wisata Baturraden telah melengkapi bumi perkemahan untuk keluarga dan pecinta outdoor untuk merasakan suasana kemah di gunung seperti layaknya pendaki gunung sesungguhnya. Jambore Pramuka tingkat Nasional pernah diselenggarakan di bumi perkemahan ini. Di lokasi ini terdapat tiga jalur track yang menarik untuk dijelajah yaitu jalur Rasamala berjarak 2 km, jalur Damar berjarak 3 km dan jalur Palawi berjarak 6 km. Dengan keindahan pemandangan hutan yang mengelilingi bumi perkemahan ini, menjadikan kawasan ini sangat cocok untuk digunakan untuk spot foto prewedding.

bumi perkemahan baturraden

Bumi perkemahan yang sejuk

Tuh kan, asik banget deh jalan-jalan ke Baturraden dan mengunjungi area-area wisatanya yang menarik. Tunggu apa lagi, yuk kita kemon.

 

 

 

*postingan ini merupakan artikel bersponsor, penjelasan silakan kunjungi laman disclosure,

 

 

 

 

Share:

12 Comments

  1. April 30, 2016 / 11:05 am

    saya juga lebih suka pegunungan karena berhawa sejuk, walaupun suka tdk tahan sama udara dingin. Air pancurnya bagus banget, tapi kok warnanya cokelat gitu ya? liatnya geli hehe

    • Anne Adzkia
      May 11, 2016 / 10:47 am

      Itu warna batu yang terkikis aliran air šŸ™‚

  2. May 2, 2016 / 7:53 pm

    ya kemarin aku bloggercamp di sana tapi gak sempet jalan-jalan ke pancurannya mbak

    • Anne Adzkia
      May 2, 2016 / 8:37 pm

      Waah padahal bagus yaaa

  3. May 13, 2016 / 5:12 pm

    kaya bukan di Indonesia mbak soalnya warna warni gitu

    • Anne Adzkia
      May 13, 2016 / 5:13 pm

      Iya ya, kayak di negeri dongeng kalo kata aku mah

  4. August 18, 2016 / 2:28 pm

    wooww SEJUKNYA WISATA BATURRADEN ingin lagi kesanaaa… kangeeennn šŸ™‚
    keren pancuran2nya…

    makasih sharenya šŸ™‚

    • Anne Adzkia
      August 18, 2016 / 10:48 pm

      Sama-sama šŸ™‚

  5. K Collent
    February 22, 2017 / 1:16 am

    keren kak

  6. July 15, 2017 / 1:23 pm

    Aaaah…saya suka antai Mbak Anne.
    Tapi suka juga kalo diajak rame-rame ke gunung..belum pernah ke baturraden, semoga tahun ini bisa ke Jawa Tengah travelingnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *