Mengenal Kemeja Batik dari Nusantara

Mengenal Kemeja Batik dari Nusantara

Nggak ada alasan untuk nggak bangga dengan kekayaan negeri ini. Harus. Karena dibandingkan dengan banyak negara di luar sana, Indonesia merupakan salah satu negara yang punya aset kebudayaan sangat banyak. Susah menghitungnya.

Tanda Allah sangat menyayangi negeri kita ini, bukan?

Kalau ingat perjalanan saya selama beberapa tahun di benua tetangga, sangat terasa bahwa negeri ini sangat kaya. Meskipun Meskipun ada beberapa hal yang dianggap tertinggal dari negara-negara maju, kita punya banyak keragaman yang tidak mereka miliki.

Satu hal yang membuat saya bangga adalah BATIK. Ya, kita punya batik yang sangat Indonesia dan sudah menjelajah hingga ke mancanegara (sampe pernah diklaim negera tetangga ;p).

 

Sejarah Batik

Meski kini batik sudah menjadi sebuah trademark yang Asli Indonesia, asal batik diduga berasal dari Mesir Kuno dan Sumeria yang sudah berkembang sejak ribuan tahun yang lalu. Teknik pembatikan yang asli menggunakan batik tulis hingga sekitar abad ke-20.

Seiring dengan perkembangan teknologi, orang mulai menciptakan teknik yang mempermudah produksi besar, hingga ditemukan batik cap. Batik cap ini diperkirakan ditemukan di akhir Perang Dunia I.

Sumber: Wikipedia.

Di Indonesia, batik dikenal sejak jaman Majapahit dan menyebar seiring dengan penyebaran agama Islam di Pulau Jawa. Batik merupakan pakaian kebesaran kerajaan dan hanya dipakai oleh kaum priyayi. Namun lama-kelamaan, para pembatik tradisional tidak lagi melakukannya hanya di lingkungan istana saja, namun mulai dilakukan di rumah-rumah.

Hingga sekarang, batik tulis masih berjaya dan memiliki tempat spesial di hati bangsa Indonesia. Batik tidak lagi terbatas sebagai pakaian formal saja, namun sudah meluas mulai dari menjadi pakaian sehari-hari hingga kenegaraan.

 

Macam-macam kemeja batik dan asal daerahnya di Indonesia

1. Pekalongan

batik pekalongan

 

2. Solo

batik solo

 

3. Batik Cirebon

 

4. Batik Madura

batik madura

 

5. Batik Yogyakarta

batik yogyakarta

 

6. Batik Bali

batik bali

 

7. Batik Papua

batik papua

 

8. Batik Kalimantan

batik kalimantan

 

Batik, Fashion Kekinian bagi Wanita maupun Pria

Kalau kita jalan ke pertokoan atau melihat sekeliling, kita bisa melihat betapa batik sudah sangat akrab di negeri ini. Meski beragam mode dan fashion asing masuk ke Indonesia, batik tetap memiliki tempat tersendiri.

Batik bisa dijadikan fashion mulai dari anak-anak hingga dewasa, baik laki-laki maupun perempuan. Kemeja batik laki-laki bisa dijadikan pakaian informal, semi-formal hingga formal. Bagi perempuan, batik bisa menjadi blus, rok, kemeja, vest, gaun terusan, bahkan tas dan sepatu.

Saya dan suami juga penggemar kemeja batik. Di beberapa perjalanan travelschooling kami, selalu ada agenda hunting kemeja batik di daerah-daerah penghasil batik. Misalnya, saat ke Cirebon kami mampir ke sentra pembuatan batik di Batik Trusmi. Di sana, kami tidak hanya belanja batik, namun juga mengedukasi anak-anak tentang asal muasal batik Mega mendung dan memberi kesempatan anak-anak untuk membatik secara tradisional bersama pengrajin batik megamendung.

Di Pekalongan, kami juga menyempatkan melihat dan belanja kemeja batik khas Pekalongan yang terkenal seantero negeri.

Salah satu batik unik yang paling saya sukai adalah batik Sasirangan dari Kalimantan Selatan. Kami sempat tinggal di Kabupaten Tabalong, Kalsel sehingga batik ini sempat sangat akrab buat saya. Sayangnya saya belum sempat menyaksikan pembuatannya.

Belanja batik idealnya memang mendatangi kota-kota penghasil batiknya sambil melihat proses produksinya. Namun tentu saja kita nggak selalu punya banyak kesempatan untuk traveling kan? Maunya sih traveling tiap bulan yaa, hehehe.

Suami saya termasuk yang paling sering belanja kemeja batik dibanding saya atau anak-anak. Karena kebutuhannya untuk berbusana batik di kantor di hari Jum’at. Andalan kami, agar nggak perlu sering belanja ke luar rumah adalah dengan berbelanja online. Cukup banyak pilihan kemeja batik favorit suami.

Tempat andalan untuk belanja kemeja batik adalah di Matahari Mall. Pilihan kemeja batiknya sangat banyak, dengan harga yang terjangkau. Beragam jenis kemeja batik dari berbagai daerah bisa kita temukan di Matahari Mall. Yuk, belanja batik dan lestarikan budaya kebanggaan negeri kita ini.

matahari mall

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.