Liburan di Jakarta dan Menjajal Spot Kekinian

Liburan di Jakarta dan Menjajal Spot Kekinian

Sejak beberapa tahun ke belakang ini, Jakarta yang tadinya identik dengan kata “macet”, mulai mendapat image yang baik. Meski macet belum sepenuhnya dihilangkan, terutama di jam-jam sibuk, tapi kondisinya membaik. Memang sudah menjadi ciri khas kota besar juga sih ya, nggak bisa lepas dari kata macet.

Pengalaman pribadi ada di beberapa kota besar dan sibuk, seperti Sydney, Brisbane dan Goldcoast, macet memang tak terelakkan di rush hour. Beda dengan Tokyo yang jalanannya bebas macet, namun stasiun dan gerbong-gerbongnya yang super padat.

Baca: seputar SIM di Australia

Pesona Jakarta mulai merangkak naik, seiring dengan pembangunan infrastruktur dan fasilitas publik yang semakin tertata dengan baik. Jadi, liburan nggak usah jauh-jauh. Kalau belum sempat keliling Jakarta dan menjajal beberapa spot kekiniannya, jangan liburan ke luar negeri dulu. Khatamin dulu deh keliling Jakarta, ibukota negara tercinta kita.

Saya yang bukan domisili Jakarta, juga belum menjajal seluruh spot kekiniannya. Namun, kadang ketika ada kegiatan di Jakarta, saya sempatkan untuk menjelajah dan berfoto-foto ala selebgram di beberapa area, hehehe.

Berikut ini saya menangkap beberapa area keren yang dikenal oleh kaum milenial sebagai spot yang instgrammable di Jakarta. Silakan tambahkan lagi, karena saya belum menjelajah banyak sisi kota Jakarta yang semakin cantik ini.

  1. Ancol

Saya sudah main ke Pantai Ancol sejak masih kecil. Perkembangan pantai kebanggaan Jakarta dari dulu sampai sekarang memang cukup banyak. Dari yang pantainya kotor, hingga kini semakin rapi dan bersih.

Kini tempat berlibur di Ancol bukan hanya pantainya saja, tapi lebih banyak area-area seru dan bermuatan edukasi juga, seperti Ocean Eco Park, Seaworld, Atlantis, Dunia Fantasi dengan permainan yang terus bertambah.

ancol

salah satu spot cantik di Ancol

  1. Jalan Sudirman

Sejak dulu, saya sering menyebut Jalan Sudirman ini sebagai New York-nya Jakarta. Karena di area ini memang terdapat bangunan-bangunan pencakar langit.

Sekarang, Jalan Sudirman sudah demikian keren. Dengan trotoar yang lebar dan sangat nyaman bagi pejalan kaki.

Pengaturan lalu lintas di area ini juga semakin rapi, jembatan penyeberangan orang (JPO) yang sering dijadikan area swafoto dan sangat instagrammable. Belum lagi ditambah dengan deretan tanaman dan halte-halte transJakarta dan stasiun MRT yang melengkapi sarana transportasinya. Di akhir pekan, kita bisa puas berjalan-jalan sambil olahraga karena diberlakukan Car Free Day.

jalan sudirman

asiknya jalan-jalan di pinggiran Jalan Sudirman, melalui trotoar yang ramah pejalan kaki dan lapang

  1. Museum Nasional

Merupakan salah satu kebanggaan Kota Jakarta sejak lama. Museum ini dulunya bernama Museum Gajah, namun sekarang bernama Museum Nasional. Di akhir pekan, biasanya banyak sekali acara-acara edukasi untuk anak-anak yang digelar di sini.

Di dalamnya kita akan menemukan benda-benda arkeologi, sejarah budaya Indonesia dan catatan geografis negeri ini. Lokasinya di  Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

museum nasional

museum nasional

  1. Kota Tua

Kota Tua merupakan satu area yang paling banyak menyimpan peninggalan sejarah di Jakarta. Bangunan-bangunan di Kota Tua yang masih bernuansa Eropa dan banyaknya museum-museum di sana, sangat menarik untuk dikunjungi.

Setiap akhir pekan, halaman Museum Fattahillah selalu ramai menjadi area piknik masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Selan Museum Fattahillah, ada juga Museum Wayang, Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, Museum Bahari (sedang renovasi karena kebakaran) dan Menara Syahbandar yang nggak jauh dari sana.

 

kota tua

salah satu bagian Kota Tua yang cantik

Baca juga: Travelschooling Museum Bahari dan Menara Syahbandar

 

  1. Stasiun MRT (Mass Rapid Transportation atau Moda Raya Terpadu)

Bangga akhirnya Jakarta punya MRT, dengan stasiunnya yang keren banget yang berasa seperti sedang di luar negeri. Sungguh deh, berdiri di depan pintu gerbangnya menanti kereta datang, serasa sedang menanti Shinkansen di Tokyo Station.

Saat ini MRT baru bisa membawa perjalanan kita dari Stasiun Lebak Bulus ke Stasiun Bunderan HI. Ke depannya insyaallah akan lebih luas lagi jangkauan MRT.

MRT hanyalah salah satu moda transportasi yang sedang berkembang di Jakarta. Selain itu, Pemprov DKI juga mengembangkan transport yang terintegrasi yaitu Jak Lingko yang meliputi Commuter Line, Bus Trans Jakarta dan bus-bus lainnya, serta angkot. Mengembangkan transportasi publik yang makin baik ini adalah salah satu upaya mengurangi kemacetan juga lho.

mrt jakarta

duduk di dalam MRT yang nyaman

stasiun mrt

berasa di Jepang deh 😉

  1. Lapangan Banteng

Lapangan bersejarah ini juga termasuk area yang telah direnovasi dengan baik dan asyik untuk dijadikan tempat jalan-jalan. Banyak orang berolahraga dan piknik dengan keluarga di sini.

Di malam hari, ada air mancur warna-warni yang bisa dinikmati bareng keluarga.

lapangan banteng

pinjam fotonya liputan6

  1. M Bloc Space

Kalau mau wisata kuliner, bisa mengunjungi tempat paling hits yang baru aja diresmikan di area Jakarta Selatan ini. Lokasinya sangat strategis, dekat dengan stasiun MRT, terminal bus dan stasiun kereta.

Kalau mau sekalian menginap, hotel juga banyak tersebar di area ini. Akhir pekan lalu, saya dan keluarga baru saja menginap di salah satu hotel yang dekat dengan M Bloc Space.

m bloc space

M Bloc Space yang baru aja diresmikan beberapa bulan lalu, dan langsung rame

 

Mencari Hotel Jakarta untuk Liburan/Staycation

 

Karena kami ada kegiatan selama dua hari berturut-turut dari pagi sampai malam di salah satu showroom di M Bloc Space, jadi kami sepakat untuk mencari hotel yang dekat dengan venue. Karena rumah kami cukup jauh dan pastinya melelahkan mondar-mandir berkegiatan full di sini.

Mencari hotel yang tepat, sambil hunting diskonan dan caranya sangat mudah, enaknya pake aplikasi atau di website Pegipegi. Pencarian hotel Jakarta yang sesuai kriteria kita, sangat mudah melalui Pegipegi.

hotel jakarta

menginap di hotel di sekitar Blok M Jakarta Selatan

staycation jakarta

melipir sejenak dari keriuhan Jakarta

Pertama-tama, download dulu aplikasinya dan buat akun pribadi kita. Lanjut lakukan pencarian sesuai dengan keinginan dan lokasi yang dicari. Ada ribuan hotel Jakarta yang bisa kita temukan di Pegipegi dengan bonus diskon juga lho.

Saya lebih suka melakukan booking hotel secara online daripada booking langsung di lokasi, karena bonus diskon dan kita bisa memilih lebih leluasa.

pegipegi hotel jakarta

pesan hotel Jakarta via pegipegi aja

 

Sebagai warga Tangerang Selatan, saya menganggap staycation di Hotel Jakarta adalah salah satu cara untuk keluar dari rutinitas sehari-hari kita. Sejenak menikmati suasana yang berbeda bersama keluarga, tanpa harus pergi jauh-jauh ke luar kota.

Lalu kita bisa sambil menjajal transportasi publik yang sedang ngehits tanpa berdesakan karena di luar jam kantor. Berjalan kaki di atas trotoar-trotoar lebar yang kini sangat ramah untuk pejalan kaki. Menikmati taman-taman dan deretan bunga yang mendekorasi jalanan. Singgah sebentar ke kedai makanan tradisional mencicip hidangan khas Jakarta, akan melengkapi liburan kita.

Jangan lupa, kalau cari hotelnya gunakan aplikasi Pegipegi, agar liburan kita pol abis serunya. Trus posting di IG Story deh, hahaha.

 

 

 

Thanks @adherizka untuk beberapa hadiah fotonya, hasil hunting dengan sepeda keliling Jakarta

 

 

Share:

18 Comments

  1. December 10, 2019 / 10:02 pm

    Memang kalau ke Jakarta tuh gak tahan macet dan gerahnya sih hehe
    Orang Bandung tuh kalo ke Jakarta bawaaannya suka gerah terus nih.

    Dan aku sampai sekarang belum kesampaian naik MRT di Jakarta dong, pengen banget nyobain deh. Nanti deh sekalian staycation juga, sembari nyari diskonan di pegipegi hehe

  2. December 11, 2019 / 4:10 am

    Jalarta cantik banget ya sekarang, pengen juga nih foto-foto di jalan Sudirman yang kece itu.
    Btw yang museum nasional tuh kadang bikin gagal fokus dengan Monas ya 😀

    Semoga bisa kembali ke Jakarta dan nginap di hotel bookingnya di PegiPegi 🙂

  3. December 11, 2019 / 6:19 am

    Baru tau nih yg m blok buat wisata kuliner. Jkt biar macet tetep bermagnet

  4. December 11, 2019 / 8:00 am

    Wuah pengin nih liburan di Jakarta, naik MRT dan mengunjungi tempat-tempat wisata dan spot kekinian di sana, pasti asyiiik. Hotelnya ntar cari di pegi2, manfaatin promo, biar lebih irit 😀

  5. December 11, 2019 / 9:46 am

    Selama ini belum pernah dengan sengaja menjajal Jakarta biasanya kesana bolak-balik buat kerjaan aja. Hahahaha boleh juga nih nanti sengaja ke Jakarta buat datengin tempat2 kece ini

  6. December 11, 2019 / 2:07 pm

    Belasan tahun tinggal di Jakarta, begitu pindah Sumatera baru deh disana ada MRT. Penasaran banget cobain MRT nih sepertinya menarik banget dan anak2 pasti bakalan suka.

  7. December 11, 2019 / 4:51 pm

    Ngomongin Jakarta memang gak ada habisnya , ada aja yang baru dengan spot2nya yang memang dijadikan tempat wisata, kangen banget mau ke Jakarta lagi mudah2an bisa terlaksana deh booking tiketnya di pegi2 kali aja ada promo keren 😉

  8. December 11, 2019 / 5:13 pm

    Jakarta makin kesini makin keren. Pengen banget naik MRT belum kesampaian nih. Lihat mbk naik MRT jadi pengen.

  9. December 11, 2019 / 6:12 pm

    Dari 7 tempat itu, saya belum pernah ke Lapangan Banteng dan MBloc. Anak saya udah ngajakin melulu ke MBloc. Saya juga pengen, tapi maunya pas agak sepi

  10. December 11, 2019 / 11:34 pm

    demi apa aku seumur idup blum pernah ke jakarta,, malu,,,mwkwkkw,,

    pengen dah ke ancol,, hihi

  11. December 12, 2019 / 5:36 am

    Aku tuh penasaran ama M Bloc mba. Temanku juga bilang walauoun baru tapi emang rame bener. Kapan ah bisa kesana 🙂

  12. December 12, 2019 / 7:32 am

    Jakarta memang terkenal macet, tapi ternyata ada sisi keindahan yang bisa dinikmati dan terbebas dari kemacetan ya mbak. Spot-spot menarik yang ditawarkan Kota Jakarta ini bisa membuat masyarakatnya menikmati liburan yang mengasyikkan, apalagi ditunjang dg tempat staycation yang nyaman. Pasti siapapun ingin mencobanya termasuk saya. Baru Kota Tua saja yang saya kunjungi. Mudah-mudahan bisa ke Jakarta lagi dan menikmati spot menarik disana.

  13. Arda Sitepu
    December 12, 2019 / 10:55 am

    Kangen Jakarta sudah 6 tahun tidak kembali ke tempat ini mbak, apalagi lihat Ancol senang banget. Btw kalau jadi ntar pakai pegi2 harganya murah hehhe

  14. December 12, 2019 / 11:16 am

    Saya yang mantan (((mantan, hihihi))) orang Jakarta jadi pengen liat stasiun MRT dan M Bloc ni, penasaran banget banyak yang mengulas dua tempat ini ya….

  15. December 12, 2019 / 11:19 am

    Beberapa kali ke Jakarta baru sempat ke Monas sama Kota Tua doang. Mudah-mudahan kalo ada kesempatan ke sana lagi, bisa jalan-jalan ke banyak tempat yang indah-indah di atas 🙂

  16. December 12, 2019 / 11:44 am

    Jakarta sekarang banyak spot kekinian ya, transportasi dan infrastruktur juga makin rapi jadi nyaman untuk wisatawan

  17. December 12, 2019 / 12:29 pm

    Asyik bangeet yang jalan – jalan di ibukota..aku juga menikmati bangeet naik MRT

  18. December 12, 2019 / 1:06 pm

    Aaaahh..
    Aku mupeng sm MRT nyaaa
    Kereeen.

    Terlihat bersih.
    Semoga ada kesempatan bisa cicipi MRT nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *