Ketahui Hal ini Sebelum Membeli Rumah Dijual Bandung Melalui Mekanisme Lelang

Ketahui Hal ini Sebelum Membeli Rumah Dijual Bandung Melalui Mekanisme Lelang

Tingginya harga rumah di Kota Bandung bikin banyak orang harus putar otak untuk bisa mendapatkan harga rumah murah. Salah satu caranya yaitu dengan membeli rumah dijual Bandung melalui mekanisme lelang.

Mengikuti lelang rumah atau membeli rumah sitaan bank bisa dibilang  sebagai solusi dalam mendapatkan harga rumah yang lebih murah.

Selain harga, keuntungan dari membeli lewat mekanisme lelang rumah, bangunan rumahnya biasanya sudah jadi dan siap huni. Tentunya kita nggak usah repot-repot lagi membangun dapur tambahan, merenovasi halaman dan lain-lain.

Bahkan, rata-rata rumah tersebut miliki kondisi yang cukup prima. Soalnya, rumah lelang sendiri didapatkan dari orang-orang yang gagal membayar cicilan KPR rumahnya, sehingga masih sangat terawat.

Meski memiliki sejumlah keunggulan, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kamu memutuskan untuk membeli rumah dijual Bandung melalui mekanisme lelang.

Apa saja? Yuk, sama-sama kita simak penjabarannya di bawah.

 

Prosedur melakukan lelang rumah

Prosedur membeli rumah biasa dan membeli rumah lelang jelas berbeda. Ketika kamu membeli rumah biasa, kamu hanya perlu melakukan proses jual-beli secara langsung dengan si pemilik rumah.

Namun, ketika kamu mencari membeli rumah lelang, ada beberapa prosedur yang harus kamu lewati sebelum akhirnya mendapatkan rumah tersebut.

Berikutan prosedur membeli rumah dijual Bandung dengan mekanisme lelang rumah.

 

1. Mencari rumah lelang

mencari rumah lelang

 

Lelang rumah umumnya dilaksanakan oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) atau pihak swasta yang ditunjuk oleh bank.

Rumah-rumah yang dilelang tersebut biasanya dipublikasikan oleh bank melalui kantor cabang terdekat, media massa, atau situs resmi mereka.

Selain itu, kamu juga bisa lho, mencari rumah dijual Bandung yang sedang dilelang menggunakan situs jual beli rumah, seperti 99.co Indonesia.

Selain lebih banyak pilihan, kamu juga bisa mencari rumah lelang tersebut berdasarkan lokasi yang kamu inginkan.

 

2. Melakukan survei langsung

Sama seperti membeli rumah biasa, setelah menentukan rumah dijual Bandung yang sedang dilelang, ada baiknya kamu melakukan survei terlebih dahulu untuk melihat kondisinya secara langsung.

Meskipun rata-rata rumah lelang berusia bangunan baru, namun tidak sedikit rumah lelang yang kondisinya tidak lagi prima, lho.

Selain untuk mengetahui kondisi fisik rumah, kunjungan langsung juga diperlukan untuk mengecek lingkungan sekitar rumah tersebut.

Pastikan lingkungan rumah tersebut aman dari tindak kriminal dan juga bencana alam, seperti banjir.

 

3. Mandaftarkan diri ke KPKNL atau pihak swasta terkait

Setelah selesai dengan urusan mencari rumah dijual Bandung sitaan bank, saatnya kamu untuk mendaftarkan diri di balai lelang pemerintah ataupun swasta yang ditunjuk oleh KPKNL.

Jika ingin menghemat waktu, kamu bisa melakukan pendaftaran lelang rumah secara online melalui situs resmi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN).

Caranya gampang kok, yang perlu kamu lakukan hanya mendaftarkan nama dan alat surelmu, kemudian pihak DJKN akan mengirimkan surel berisikan kode aktivasi ke alamat surel yang telah didaftarkan.

Siapkan pula informasi, seperti rekening bank, KTP, serta NPWP, karena hal ini nantinya akan kamu butuhkan ketika melakukan pendaftaran.

 

4. Membayar uang muka

membayar uang muka

Satu hal yang harus kamu ketahui sebelum melakukan lelang rumah. Bahwasannya, calon pembeli akan dikenakan biaya pendaftaran lelang sebesar 20 persen dari jumlah limit atau batasan lelang.

Misalnya, sebuah ada rumah dijual Bandung dilelang dilelang dengan batas Rp300 juta. Maka jumlah uang pendaftaran minimal yang harus kita berikan sejumlah Rp60 juta.

Namun tenang, uang tersebut akan sepenuhnya dikembalikan jika kamu tidak berhasil memenangkan lelang rumah.

 

5. Lunasi biaya rumah lelang

Jika seluruh rangkaian di atas telah kamu lalui, saatnya kamu siap untuk mengikuti lelang rumah dijual Bandung yang telah kamu idam-idamkan.

Apabila kamu memenangkan lelah rumah tersebut, maka kamu harus membayar biaya pelunasan rumah dalam kurang waktu 3-5 hari.

Penting untuk diingat, bahwa rumah yang telah dimenangkan tidak dapat dibatalkan. Jika terpaksa dibatalkan, maka calon pembeli tersebut masuk daftar hitam pelelangan, serta dicekal selama 3 bulan.

Setelah melunasi biaya lelang rumah, KPKNL akan memberi berkas yang nantinya harus kamu bawa ke bank untuk kemudian ditukarkan dengan sertifikat rumah.

Setelah membaca penjabaran di atas, tentunya kamu sudah paham dong, prosedur apa saja yang harus dilakukan dalam melakukan lelang rumah.

Selain prosedur di atas, ada beberapa hal lagi yang penting untuk kamu ketahui sebelum memutuskan untuk membeli rumah dijual Bandung lewat mekanisme lelang.

Selengkapnya, berikut ini.

 

Perhatikan hal ini ketika membeli rumah dijual Bandung lewat lelang

Membeli rumah dijual Bandung melalui mekanisme lelang memang terjamin keamanannya. Risiko kerugian justru kerap muncul dari rumah yang sedang dilelangkan.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih rumah lelang.

 

Periksa kelengkapan surat rumah

pahami perjanjian kredit rumah

Walaupun pihaknya sudah memastikan kelengkapan dari rumah tersebut sebelum dilelangkan, namun ada baiknya kamu memeriksa kembali kelengkapan dokumen rumah dijual Bandung tersebut.

Pastikan dokumen-dokumen seperti izin mendirikan bangunan (IMB), sertifikat tanah dan rumah, pajak bumi dan bangunan semuanya lengkap serta sesuai dengan aturan yang ada.

 

Pahami perjanjian kredit rumah

Pastikan bahwa kamu sudah paham terkait perjanjian kredit (PK), akta pemberian hak tanggungan (APHT), dan kelengkapan dokumen rumah lainnya sebelum membeli rumah dijual Bandung tersebut.

Hal ini penting, untuk memastikan bahwa rumah lelang yang hendak kamu beli tidak akan bermasalah di kemudian hari.

 

Pastikan penghuni lamanya sudah tidak menempati rumah tersebut

Terdengar konyol memang, namun ada beberapa penghuni rumah yang memutuskan untuk bertahan di rumah yang sudah disita oleh bank karena berbagai macam alasan.

Selain itu, terkadang pihak bank juga sekedar melelang rumah tersebut, tanpa perduli rumah itu masih berpenghuni apa tidak.

Oleh sebab itu, dalam membeli rumah dijual Bandung lewat mekanisme lelang, pastikan dulu rumah tersebut masih berpenghuni apa tidak ya.

Nah, pembahasan berikutnya menarik nih, karena berhubungan dengan skema pembayaran dari rumah lelang tersebut.

Untuk kamu yang memiliki budget terbatas, ternyata kamu bisa lho, mengajukan cicilan KPR untuk membeli rumah lelang.

Enggak percaya? Terus baca sampai selesai ya.

 

Manfaatkan skema KPR dalam melunasi rumah lelang

manfaatkan skema kpr dalam melunasi rumah lelang

Jika dana yang kamu miliki tidak cukup melunasi rumah tersebut secara cash, kamu bisa kok mengajukan kredit atau cicilan KPR kepada pihak bank.

Caranya, hubungi pihak bank yang telah kamu pilih sebagai pemberi layanan cicilan KPR.

Agar prosesnya berjalan cepat, siapkan segala dokumen yang diperlukan sebelum mengajukan KPR tersebut. Serta, jangan lupa untuk menghubungi notaris yang akan menjadi perantara transaksi.

Saran saya, ada baiknya kamu tidak mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) dalam rumah dijual Bandung yang kamu beli lewat lelang tersebut.

Sebab, KTA memiliki suku bunga yang lebih besar dibandingkan KPR, yaitu sekitar 15-20 persen per tahun.

Sedangkan jika kamu mengambil pinjaman dengan skema KPR, kamu tidak hanya mendapatkan tenor yang cukup panjang, namun juga bunga yang murah, yaitu sekitar 12 persen per tahun.

Sedikit tambahan, jika kamu tetap ingin mengambil pinjaman KTA, pilihlah jangka waktu satu atau dua tahun saja, serta gunakan uang tersebut sebagai backup dana, seperti untuk biaya renovasi rumah.

Bagaimana, sudah jelas belum seluk-beluk serta mekanisme dalam pembelian rumah dijual Bandung lewat mekanisme lelang?

Saya harap tulisan saya kali ini bermanfaat untuk kalian semua, selamat mencoba!

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *