Insto Dry Eyes, Bye Mata Kering!

Insto Dry Eyes, Bye Mata Kering!

Temen-temen biasa berada di ruang berAC atau sering driving setiap hari? Yes, ini kerjaan saya sehari-hari. Saya tinggal di wilayah Tangerang Selatan yang di selalu dapat sinar matahari full banget. Teraaang luar biasa dan udara di siang hari itu panas banget, jadi mau nggak mau AC nyala sepanjang hari.

Masalahnya, tinggal di ruangan berAC itu bukan tanpa masalah. Yang sering saya alami itu dua hal, kulit kering dan mata kering. Ditambah lagi, kadang saya berada di outdoor yang terpapar debu secara langsung.

Kalau tanda-tanda mata kering muncul, yang terasa adalah mata terasa sepet, perih dan pernah sampai terasa pegal. Ketika gejala mata pegal ini saya alami, sampai saya bawa ke dokter mata karena khawatir banget. Dokter malah sempat mendiagnosa dengan gejala glaucoma, yang bikin saya stress. Setelah mencari second opinion, barulah dokter kedua mengatakan kalau saya mengalami dry eyes.

Kenapa mata kita bisa kering? Mata kering bisa disebabkan karena kurangnya cairan dari air mata yang melumasi mata kita, sehingga mata nggak bisa membersihkan benda asing (misalnya debu) yang masuk ke mata secara fisiologis atau proses normal. Sehingga mata akan terasa nggak enak dong, ya. Karena rasanya ada sesuatu yang melekat.

Fungsi air mata salah satunya memang untuk membantu mekanisme cleansing mata kita, sehingga debu dan kotoran yang menempel bisa bersih dengan sendirinya. Ketika mata kita berkedip, kelenjar air mata akan bekerja mengaliri mata dengan cairannya. Makanya, volume air mata dan komposisinya harus cukup dan tetap dalam kondisi seimbang. Kalau nggak, jadinya akan terjadi dry eyes.

 

Bagaimana Rasanya Mata Kering

 

  • Mata terasa panas dan perih

Mata yang panas dan perih tentu nggak enak dipakai bekerja. Kadang tangan kita reflex juga ingin ngucek mata. Ini nggak boleh, karena tangan kita bisa jadi kotor dan mengandung bakteri. Alih-alih enakan, malah bisa terjadi infeksi sekunder pada mata kita.

 

  • Mata terasa sepet dan pegal

Sungguh deh, ketika mata pegal rasanya nggak enak banget. Bawaannya kepingin menutup mata dan merem aja. Pegal ini terasa di kelopak mata bagian atas.

 

  • Mata cepat lelah

Buat teman-teman yang biasa kerja di depan komputer, pasti akan lebih berisiko mengalami mata lelah akibat dry eyes ini. Jangan lupa untuk sering berkedip dan mengistirahatkan mata ya.

 

  • Keluar cairan yang berlebihan

Cairan yang keluar ini beda dengan air mata normal kita, karena kadang terasa lebih mirip lendir. Meskipun nggak terlalu kental. Keluar cairan yang berlebihan juga bikin mata kita nggak nyaman. Kalau ini terjadi di malam hari ketika tidur, pas bangun tidur mata kita jadinya lengket dan sulit dibuka.

 

  • Sensitif terhadap cahaya yang masuk ke mata, terutama matahari

Paparan cahaya yang masuk ke mata yang mengalami dry eyes akan terasa mengganggu. Tangan tuh bawaannya kepingin ngucek mata aja.

 

  • Pengelihatan juga akan terganggu, sedikit buram

Pastinya karena mata panas, lelah dan pegal, kita juga nggak bisa melihat dengan jelas. Apalagi dengan adanya cairan yang berlebihan.

gejala mata kering

Kenapa Bisa Terjadi Dry Eyes

 

Ada beberapa factor pemberat (predisposing factor) yang bisa membuat mata kita mengalami kekeringan:

  1. Cuaca yang terlalu ekstrim, sehingga tubuh kita dehidrasi yang menyebabkan produksi air mata berkurang.
  2. Terlalu banyak di depan layar dan bekerja terlalu fokus sehingga mata lebih jarang berkedip.
  3. Gangguan anatomis, seperti sumbatan pada kelenjar yang memroduksi air mata.
  4. Mengonsumsi obat-obatan tertentu, misalnya antihistamin, obat antidepresan, obat hipertensi, terapi hormonal.
  5. Penyakit tertentu, misalnya diabetes, radang sendi, gangguan tiroid, kekurangan vitamin A.
  6. Usia tua, sehingga produksi air mata menurun secara fisiologis.
  7. Penggunaan lensa kontak, akibat radiasi atau terapi laser.

 

Jangan Abaikan Dry Eyes

insto dry eyes

Kondisi dry eyes yang ringan memang nggak terlalu berbahaya. Tapi kalau kita biarkan berlarut-larut tentu efeknya akan merugikan sekali. Apalagi mata kita adalah salah satu organ yang sangat penting dan gangguan sedikit saja rasanya aktivitas kita jadi banyak terganggu.

Pengalaman saya, ketika mulai muncul tanda-tanda ringan dry eyes, yang pertama saya cari adalah Insto Dry Eyes. Insto ini harus deh selalu ada di kotak obat di rumah dan di mobil.

Insto Dry Eyes mengandung bahan aktif yang dapat mengatasi mata kering dan membantu proses pelumasan pada mata kita. Insto Dry Eyes mengandung artificial tears (air mata buatan) yang komponennya menyerupai zat-zat dalam air mata manusia sehingga bisa melumasi mata tanpa menyebabkan iritasi. Kandungan lainnya adalah bahan aktif anti bakteri yang melindungi mata kering dari infeksi sekunder yang bisa menyebabkan mata mengalami peradangan (mata merah dan bernanah).

Bagaimana caranya? Cukup dengan meneteskan Insto Dry Eyes pada kedua mata yang kering sebanyak 1-2 tetes, maka kandungan isotonik hydroxymethyl cellulose 3 mg-nya dapat mengembalikan hidrasi dan membuat mata segar kembali.

Kemasan Insto Dry Eyes ini kecil dan praktis untuk dibawa dan diletakkan di kotak P3K yang bisa dibawa di mobil. Dalam sediaan 7,5 ml cukup untuk persediaan selama beberapa waktu, sehingga ketika mata mulai terasa nggak nyaman, saya bisa meneteskan 1-2 tetes Insto Dry Eyes dan efeknya bisa langsung dirasakan. Tentunya jangan gunakan Insto kalau kita nggak ada keluhan apa-apa. Dan kalau masalahnya semakin berat, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter mata.

insto dry eyes

 

 

Share:

21 Comments

  1. July 29, 2019 / 4:56 pm

    Kudu sedia Insto di manapun dan kapanpun ya Mba.karena profesi apapun yg kita tekuni memang rentan kena mata kering

  2. July 29, 2019 / 10:28 pm

    Bener juga AC bikin mata jadi kering, aku duduk menghadap AC dulu waktu kerja di kantor. Jadinya ngantukan banget deh, ternyata mataku kering. Tapi untungnya aku selalu sedia Insto, jadi tinggal ditetesi aja sih

  3. July 30, 2019 / 12:17 am

    Insto favorit banget nih, ampuh banget meredakan mata kering, saya juga butuh mba karena sering lama berada di depan laptop.
    Suamipun bawa insto dry eyes ke mana-mana karena sering matanya merah kena debu.

    Untungnya kemasannya praktis banget ya 🙂

  4. July 30, 2019 / 12:19 am

    Waahh bener tuh, di dalam rumah terpapar AC, di luar terpapar matahari yang terik.
    Di sini juga lagi terik-teriknya nih, cuman untungnya nggak terlalu panas, jadinya kalau siang pakai kipas aja juga udah nggak gerah banget.
    Meskipun demikian saya tetep stock insto dry eyes, karena mata saya sering perih kelamaan di depan laptop

  5. July 30, 2019 / 3:34 am

    Cuaca di Jakarta lagi tidak menentu.panas Dan debu bikin perjalanan terganggu. Apalagi yang jalan kaki . Insto dry eyes memang menolong saat perjalanan

  6. July 30, 2019 / 3:15 pm

    11-12 ya Bekasi Tanggerang mah panasnya. Kalau gak nyetir, naik motor eh sampe rumah depan laptop sama aja bikin mata kering. Nah itu aku baru tau kalau ruangan ber-AC ternyata bikin mata kering juga ya. Kalo gitu tetesin air mata buatan aja ya dari Insto Dry Eyes

  7. July 30, 2019 / 4:47 pm

    Memang terasa banget yah kalau jarang mengedipkan mata, apalagi saat,menatap layar laptop, mata terasa kering, pedih dan mudah lelah.

    Ini juga bukan disengaja sih, cuma karena pengaruh terlalu khusyu [khusyu] dan fokus, eh lupa deh berkedip.

    Aku suka kemasan praktis Insto, membantu memastikan konten cairan tetap higienis!

  8. July 30, 2019 / 5:20 pm

    Pakai insto memang bisa menolong banget ya Mbak, apalagi yang sering pantengin layar (laptop maupun HP) demi kerjaan 🙂

  9. July 30, 2019 / 7:45 pm

    Saya juga pakai ini mba, ngebantu banget kalau mata udah terasa kering sama lelah. Nenek ku juga pakai ini dan bilangnya kecer mata hehe.

  10. July 30, 2019 / 8:30 pm

    Mata kering tuh emang ngeganggu banget, bahkan aku biasanya sering sampai jadi sakit kepala. Ini varian baru insto emang pengertian banget buat jaman yang milenials dan digital banget ini

  11. July 31, 2019 / 1:43 am

    Mata kering itu enggak enak banget mbak, seperti berpasir dan sepet banget. Solusinya memang pakai insto dry eyes yang ampuh untuk mengatasi mata kering.

  12. July 31, 2019 / 3:27 am

    Saya suka banget merasakan mata sepet, berair bahkan perih. Kondisi ini sering saya alami setelah lama bepergian dan mata terpapar udara luar. Kalau sdh begitu mata ini berair terus dan terasa ada kotoran didalam. Apalagi saya pakai kacamata. Dan insto yang seringkali saya pakai untuk mengatasi keluhanata saya. Sudah terbukti ampuh menjadi teman setia disaat gejala mata iritasi menghampiri.

  13. July 31, 2019 / 4:16 am

    Mantul nih. Jadi selain tahu obatnya apa, kita juga harus tahu penyebab mata kering itu apa…
    Jadi sebisa mungkin kita menghindari penyebabnya juga ya… Karena bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati?

  14. July 31, 2019 / 8:10 am

    ngga hanya kulit ya, mata juga bisa kering.. duh semakin diingatkan aku sama pentingnya menjaga kesehatan mata.. selama ini aku masih abai dengan kesehatan mata aku sendiri.. menjaga mata tetep terhidrasi dengan baik ternyata penting juga ya

  15. July 31, 2019 / 9:34 am

    Gunakan Into ini emang ampuh banget buat mengatasi mata kering. Ini pilihan aku juga 🙂

  16. July 31, 2019 / 10:20 am

    Aku sih emang sering ngalaminnya mata sepet karena sering banget natap layar. Kalau udh parah banget sih tidur ya, karena matanya udah butuh istirahat

  17. July 31, 2019 / 11:29 am

    Iya mbak kalau bisa jangan abaikan yang namanya mata kering soalnya bisa bikn iritasi dan malah komplikasi penyakit mata yang berbahaya. Sebaiknya segera tetesin insto supaya lekas sehat lagi matanya ya

  18. July 31, 2019 / 11:47 am

    Mata kering tuh menyiksa yaa mba. Kering dan gatal bangeet euy

  19. July 31, 2019 / 12:07 pm

    Duh untung ada insto ya.. kesehatan mata jd lbh terjaga. Baca baca ini jd keingetan hrs peduli pada mata.

  20. July 31, 2019 / 12:50 pm

    solusi banget nih untuk mataku yang sering kering karena kebanyakan depan leptop mbaaa

  21. August 1, 2019 / 8:22 am

    udah sering natap layar komputer, kena debu ama polusi lagi kalo pas keluar rumah apalagi kalo aku pas jemput anak

    untung ada insto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *