Gem Fossicking di Central Queensland Australia

Gem Fossicking di Central Queensland Australia

Sedikit aneh ya, denger istilah gem fossicking. Sama, saya juga baru denger. Jadi ceritanya, pas winter holiday kemarin saya dan keluarga jalan-jalan ke Gemfields, yaitu tempat penambangan permata yang terbesar di dunia. Letaknya di Central Queensland yang terbagi di beberapa towns.

Towns itu antara lain Anakie, Rubyvale,  Sapphire, Glenalva, The Willows, Inverell, Glen Innes. Jenis gemstone yang bisa ditemukan di area tersebut adalah sapphire.

Gem fossicking itu sendiri adalah aktivitas mencari (baca: menambang) batu permata yang tertimbun diantara batu-batu di bawah tanah (underground).

gemfields

foto koleksi pribadi

Salah satu tempat yang saya kunjungi dalam rangka gem fossicking ini adalah Rubyvale. Letaknya sekitar 1 jam dari kota tempat tinggal saya, Emerald (which was taken from a name of gemstone as well. However, Emerald doesn’t have gemfields area to discover).

Selain tempat penambangan permata, kota itu juga menjadi obyek tujuan wisata yang cukup populer di Central Highlands (bagian dari Central Queensland). Disana terdapat caravan park, motel, café, underground cave dan area fossicking khusus untuk para visitor.

Sejarah Gemfields

Ditemukan pertama kali oleh Mr. Archibald John Richardson pada tahun 1875. Dia menemukan red zircons yang ternyata benda tersebut adalah batu ruby yang sangat berharga. Dari sanalah selanjutnya proses penambangan permata tersebut berkembang hingga saat ini.

miners heritage

foto koleksi pribadi

Seru-seruan

Aktivitas fossicking sapphire ini buat saya dan keluarga adalah sesuatu yang bener-bener baru. Masuk ke dalam tambang underground (ditemani oleh seorang tour guide), melalui lorong-lorong gelap yang terasa hangat di tengah dinginnya udara winter, dan mengenal sejarah ditemukannya penambangan ini sungguh memukau.

Setelah itu, kami diberi kesempatan untuk fossicking dengan cara tradisional di sebuah area yang memang disediakan khusus untuk visitor. Dengan membayar $20 kami mendapat satu bucket campuran gravel yang di dalamnya mengandung bebatuan sapphire untuk kami cari.

Pertama-tama, kami mengambil beberapa genggam gravel, diletakkan pada sebuah nampan khusus. Bebatuan itu harus dicuci dulu untuk memisahkan dirt sambil membuang batu-batu besar yang mengganggu.

Kemudian, gravel yang sudah bersih dituangkan ke atas meja yang juga udah disediakan. Disinilah kegiatan fossicking dilakukan. Kami mencari batu yang bisa memantulkan cahaya matahari dan menghasilkan kilau biru (sapphire).

Nggak banyak sih yang kami dapat. Tapi anak-anak senang bukan main.

Setelah itu, kami harus mengulangi aktivitas yang sama sampai seluruh gravel dalam bucket habis. Dari semua batu yang terkumpul, boleh kami bawa pulang sebagai kenang-kenangan.

Bagi kolektor permata, tempat itu juga menyediakan gallery yang menjual beragam batu permata yang telah diproses menjadi perhiasan yang cuantiknya luar biasa, dan harganya selangit tentunya.

gem fossicking

foto koleksi pribadi

fossicking

foto koleksi pribadi

 

 

 

 

 

 

 

Jadi, kalau ada kesempatan traveling ke Central Queensland, sekitar 1 jam 20 menit perjalanan udara, atau 12 jam perjalanan darat, sempatkan deh jalan-jalan ke Gemfields dan ber-fossicking ria bareng keluarga.

Share:

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.