Audisi Penulis

Audisi penulis? Ada emang? Yang ada juga audisi penyanyi, dancer, pencari bakat. Eits, jangan salah… ada lho. Audisinya juga mirip-mirip gitu. Mirip doang, tapi nggak sama.

Kalau audisi yang udah ada (seperti Indonesian Idol, X Factor, Masterchef, dll) para kontestan biasanya di karantina alias dikumpulkan bareng-bareng di satu tempat. Digembleng untuk kemudian tampil di hadapan orang banyak dan dinilai melalui polling sms/point juri. Ternyata, audisi penulis mah beda.

Nah, saya sih nggak kepikiran apa-apa waktu niat ikutan audisi penulis ini, selain pengen nyoba challenge baru dan nyoba nulis lagi dengan deadline supaya lebih disiplin. Gitu aja. Mau menang apa nggak, yang penting saya usaha dulu.

Jadi ikutlah saya menjadi salah satu peserta audisi yang konon jumlahnya mencapai 700 orang itu. Gileeee, banyaknyaaa. Yang kebayang sama saya nih, ini kan urusannya sama tulis menulis. Berarti yang dinilai tulisannya. Berarti para juri harus baca tulisan para peserta ini. Waduh, bikin mata juling nggak tuh.

Oya, audisi ini digelar oleh penerbit Gradien Mediatama. Itu lho, penerbit major yang sukses nerbitin buku ‘Anak Kos Dodol’ nya mbak Dedew, trus ‘My Stupid Boss’ nya [email protected], dan buku-buku kocaknya bang Raditya Dika.

Kalau baca judul-judul tadi, apakah audisi ini genrenya komedi? Oh, tidak sodara-sodara. Menurut panitia, audisi ini khusus untuk tulisan fiksi dalam bentuk apapun. Pokoknya fiksi, gitu katanya. Jadi harus siap-siapin imajinasi dan kreativitas.

Eh, iya…aktivitas audisinya gimana? Yang pasti sih nulis. Saya juga belum tahu bakal disuruh apa. Yang udah saya tahu adalah bahwa para peserta nggak usah pake karantina-karantinaan segala. Cukup siap di depan komputer masing-masing untuk mengerjakan tugas, dan mengirimkannya via email ke panitia. Lalu menunggu hasil pengumuman apakah akan terus bertahan jadi peserta, atau teriliminasi.

Nah, sama kaaan? Ada eliminasi-eliminasinya. Disinilah kesamaannya dengan audisi yang lain. Di akhir audisi nanti, akan dipilih 5 orang (atau 10 ya? Nggak jelas saya juga) untuk menjadi penulis tetap Gradien. Gileee, 5 orang dari 700 peserta. Pingsan duluan, deh. Tapi cihuy kan? Tantangan bo, tantangan!

Para pemenang ini, kemudian akan dibimbing langsung oleh tim Gradien untuk bisa menerbitkan buku di sini. Oya, peserta juga musti penulis pemula yang belum pernah menerbitkan buku solo. Makanya saya ikut, dong. Saya kan belum punya buku solo, baru antologi doang.

Eh, kamu ada yang ikutan juga? Share pengalamannya, ya? Daaan, nantikan cerita saya saat mengikuti audisi ini di catatan berikutnya.

See ya….

Share:

2 Comments

  1. yantist
    October 16, 2012 / 3:39 am

    mau nulis juga ttg ini, entah kapan. hihihihi….

    • anneadzkia
      October 16, 2012 / 3:51 am

      Sambil iseng2 aja Yan…disela-sela waktu bikin tugas. Nanti keburu feel-nya hilang lho 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published.