Aplikasi Smartphone yang Perlu Dimiliki Blogger

Aplikasi Smartphone yang Perlu Dimiliki Blogger

Memang ya, kita nggak bisa menghindari percepatan teknologi. Nggak usah lah jauh-jauh membedakan teknologi sejak satu dekade lalu, separo dekade aja udah kelihatan bedanya.

Yang tadinya ponsel baru sebatas SMS, MMS, BBM (yang menurut saya paling keren pada jaman itu), akses email dan sebagainya. Sekarang ponsel udah bisa macem-macem. Udah bisa lah menghitung langkah kita dalam sehari, padahal siapa tahu diantaranya kita ngesot, iya kan. Udah bisa mendeteksi kalau ponsel kita dicuri orang atau ketinggalan di suatu tempat.

Ada ungkapan yang bilang, β€œLife would be easier if apple and blackberry were only fruits.” Masa sih? Jaman sekarang berharap seperti 10 atau 15 tahun ke belakang yang ponselnya hanya bisa smsan dan nelponan. Udah gitu smsnya terbatas pula, hanya sekitar 160 karakter. Dengan biaya persms atau perpercakapan telepon mahalnya minta ampun untuk ukuran saat itu.

Sekarang kayaknya nggak bisa ya kembali ke masa lampau. Dimana semua orang sudah terbiasa dengan kemudahan akses segala hal. Di saat kelaparan, tinggal buka ponsel dan menemukan resto favorit terdekat. Atau komunikasi dengan kerabat di benua seberang semudah ngobrol berhadap-hadapan.

Nggak aneh ponsel sekarang namanya smartphone, atau ponsel pintar. Saking pintarnya, dunia dengan mudah dikendalikan dengan gerakan jari #tsaaah (bukan lagi semudah membalikkan telapak tangan, ya). Semua profesi, bisa terbantu dengan berbagai aplikasi dan fitur yang disediakan oleh smartphone.

Nggak, saya bukan sedang beriklan ponsel di sini. Jadi kamu nggak akan menemukan merk apa-apa. Saya hanya mau berbagi, tentang betapa kita sekarang sangat terikat dengan ponsel kita. Kalo bepergian nggak bawa ponsel, kayaknya hilang separo nyawa ini. Lebay? Nggak, karena memang benar. Orang bisa panik kuadrat kalo nggak bawa ponsel.

Kembali ke profesi, ya semua profesi membutuhkan ponsel sebagai pendukung aktivitasnya. Apalagi blogger, deh (wiih yang ngaku blogger langsung pada semangat tanda setuju). Banyak banget aplikasi yang mendukung pekerjaan sebagai blogger.

Aplikasi smartphone (yang menurut saya) yang perlu dimilikiΒ blogger:

ponsel

  1. Platform blog yang kita pakai. Kita wajib donlot aplikasi platform di ponsel, apakah itu wordpress, blogspot, tumblr, weebly atau platform yang lain.
  1. Media sosial. Jangankan blogger ya, media sosial seperti facebook, twitter, path, dan lain-lain, kayaknya jadi barang wajib di ponsel kita. Apalagi blogger yang pekerjaannya terikat dengan medsos, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Google+, LinkedIn. Selain untuk berkomunitas, tentunya untuk share dan melihat perkembangan perjalanan konten kita (tsaah).
  1. Klout. Ya, kita perlu juga deh donlot aplikasi Klout di hp. Kalau saya sih, sering memantau klout ini. Soalnya pernah tiba-tiba anjlok dan ternyata gara-gara disconnected terhadap satu akun medsos. Kalo kita nggak punya appnya, bisa jadi nggak ngeh kalo sesuatu terjadi dan terlambat memperbaikinya.
  1. KBBI, Kosakata, Kamus. Saya sih sering nggak pede dengan pilihan bahasa. Meski, di blog kita nggak pegang aturan baku seperti menulis buku. Tapi kalau kita tahu bahasa kekinian, kan bisa jadi nilai tambah.
  1. Writer list. Saya suka banget aplikasi ini karena isinya daftar informasi tentang jenis-jenis profesi, persoality, fobia, nama-nama hewan, dan sebagainya. Memang sih, cocoknya aplikasi ini buat penulis fiksi. Tapi nggak ada salahnya juga dimiliki blogger untuk memperkaya tulisannya.
  1. Wikipedia. Nah, wikipedia kan sering jadi sumber rujukan dan bahan riset menulis ya. Kalau kita punya app-nya di ponsel, jadi lebih praktis, kan.
  1. Foto editor. Blogger kekinian, pasti butuh aplikasi camera dan foto editor. Banyaaak sekali pilihan yang bisa dipakai dan semua bagus-bagus. Kalau saya suka pakai Picsart, Phonto, Snapseed, PhotoRus, Photoshop Express. Masih banyak sih yang saya punya, tapi kelima in yang paling sering dipakai.
  1. Moda camera digital. Untuk alasan kepraktisan, banyak blogger yang memilih memakai camera ponsel selain DSLR. Kecuali memang travelblogger dan photographyblogger, rasanya kamera ponsel sudah mengakomodir kebutuhan dasar dan menghasilkan kualitas foto yang nggak kalah keren dari DSLR. Beneran. Bahkan, mode kamera manual juga bisa kita dapat di appstore. Coba lihat aplikasi manual, slowshutter, camera 360 (yang ini belum pernah coba) bisa menghailkan foto ala DSLR lho.
  1. Feedly. Apa sih, feedly? Kalau mau info lengkap tentang feedly, baca tulisannya Dani Rachmat deh. Intinya, feedly ini semacam feedRSS di blogspot, atau reader di wordpress, tapi bisa memuat segala macam platform baik gratisan maupun TDL. Eh kecuali blogdetik ya yang gak bisa. Enak banget blogwalking lewat feedly, praktis dan hemat waktu.
  1. To do list. Buat yang nggak suka agenda konvensional, pake deh agenda digital di ponsel. Supaya kita bisa menyusun rencana dan agenda kegiatan. Saya sih masih perlu banget agenda, dan masih pakai yang diary biasa. Soalnya bisa sambil digambar-gambar, seruu.
  1. Evernote. Saya pernah punya aplikasi smartphone yang ini, tapi gak pernah dipakai. Menurut teman saya sih, katanya evernote in bermanfaat banget buat nulis postingan dan menyimpannya dengan aman. Eh bisa langsung share lewat sini juga lho.

Nah, ada 11 aplikasi smartphone yang saya pakai untuk membantu pekerjaan ngeblog. Walopun nggak saya pungkiri, hal-hal yang sifatnya manual seperti buku-buku (untuk riset yang serius), perangkat besar (seperti printer, scanner, dll) tidak bisa ditinggalkan, namun aplikasi ini membantu segalanya jadi lebih cepat. Minimal, semua bisa kita bawa sekali jalan, karena blogger kan punya mobilitas tinggi, aplikasi henpon pasti membantu banget.

Silakan ditambahkan kalau ada yang kurang, ya.

Share:

38 Comments

  1. December 29, 2015 / 3:57 pm

    kayaknya tertarik sama feedly deh mba. iya suka rempong blogwalking dari browser (di hape), palingan sih saya lewat google plus…tapi nggak smeua blogger ngaktivin.

    mmm kurang apa lagi yah? (cek hape). aduhh..belum download klout ternyata. makasih ya mba…

    • Anne Adzkia
      December 29, 2015 / 3:58 pm

      Feedly membantu banget buat bw. Okee, masamaa.

  2. December 29, 2015 / 3:59 pm

    Kalau nulis suka di WPS atau kingsoft office. Teh, yang to do list nama aplikasinya to do list?

    • Anne Adzkia
      December 29, 2015 / 4:00 pm

      Ada to-do-list atau semacamnya Yan.

  3. December 29, 2015 / 4:29 pm

    Huwaaaaaa. Kereeen. Saya ada beberapa yang belom punya. Writer List itu belom adah. Kalo yang feedly *blushing. Makasih ya Mbak Anne sudah di link.. *salim

    • Anne Adzkia
      December 29, 2015 / 4:44 pm

      Hahaha salim ditolak ;D

  4. December 29, 2015 / 4:43 pm

    Aku penasaran sama writer list mbak, coba download ah siapa tau ada isnpirasi dari sana

    • Anne Adzkia
      December 29, 2015 / 4:45 pm

      Cobain mbak, bagus lho

  5. antung apriana
    December 29, 2015 / 6:25 pm

    kalau saya wordpress, whatsapp, bbm, goodreads, wps ofice, twitter, instagram, mx player. pengen instal yang lain lagi sayang memorinya udah penuh πŸ™

    • Anne Adzkia
      December 29, 2015 / 6:44 pm

      Foto2 biasanya ngambil porsi besar di memori kita ya

      • antung apriana
        December 30, 2015 / 10:55 am

        iya. tapi memori internal buat aplikasinya juga cuma 700 mb-an sih mbak. jadinya nggak bisa instal banyak-banyak padahal hpnya sudah diroot

        • Anne Adzkia
          December 30, 2015 / 11:34 am

          Hooo gitu ya.

  6. December 29, 2015 / 10:05 pm

    rekomendasi buat ios juga dong… πŸ™‚

    • Anne Adzkia
      December 29, 2015 / 10:09 pm

      Saya pake IOS ini mbak ^^

  7. D Sukmana Adi
    December 30, 2015 / 4:10 pm

    itu yang di icon saya ada semua kecuali blogger, karena memang gak punya mbak haha

    • Anne Adzkia
      December 30, 2015 / 4:11 pm

      Kalo pakenya wp mah gak usah punya blogger ya Mas, qiqiqi.

  8. December 31, 2015 / 1:33 am

    Saya juga pasang beberapa aplikasi di Smartphone, tapi wikipedia ga, soalnya penuh banget memori.

    Writer list sepertinya kudu coba download neh

    • Anne Adzkia
      December 31, 2015 / 8:59 am

      Bagus appnya, banyak info bermanfaat.

  9. evrinasp
    December 31, 2015 / 1:30 pm

    ahhh siappp mau install nanti kalo memory udah bener terutama feedly dan klout, belum install itu

    • Anne Adzkia
      December 31, 2015 / 1:38 pm

      Siiip

  10. January 2, 2016 / 3:28 pm

    Ini nih salah satu manfaat Blog Walking, terutama buatku yang gaptek, hehe. Sharing macam ini keren mba, bikin penasaran hehehe.
    Aplikasi yang bermacam-macam, kadang membuat susah milih juga, hehe
    Aku mau coba yang writer list ah, tengkyuu mba

  11. January 2, 2016 / 5:46 pm

    kalo ngeblog pake smartphone itu berasa nanggung ngetiknya, enakan pke tablet atau laptop. πŸ˜€

    • Anne Adzkia
      January 2, 2016 / 6:01 pm

      Saya juga lbh suka ngetik di laptop. Tapi membalas komen selalu lwt ponsel.

  12. January 4, 2016 / 5:46 am

    Wuih… aplikasinya mendukung banget mbak… kalau saya lebih ngandelin chrome aja… soalnya memory kurang mendukung instal selengkap mbak Anne

    • Anne Adzkia
      January 4, 2016 / 8:49 am

      I see I see

  13. January 4, 2016 / 9:22 pm

    Hahaha, banyak bener. Saya masih tergantung sama email dan laptop sih. Sangat jarang bisa “breaking news” untuk urusan blog

    • Anne Adzkia
      January 4, 2016 / 9:25 pm

      Pilih aja yg cucok, bro πŸ™‚

  14. Djayanti Nakha Andonesi
    January 5, 2016 / 3:26 pm

    Hoho saya malah cuma punya Office suit, WP sm blogger, kamus, sama photogrid, yg lainnya malah blum punya hihihi

    makasih mbak sharenya, salam kenal πŸ™‚

    • Anne Adzkia
      January 5, 2016 / 3:27 pm

      Salam mbak Djayanti. Makasih udah mampir

      • Djayanti Nakha Andonesi
        January 5, 2016 / 3:28 pm

        Iya mbak, πŸ™‚

  15. January 6, 2016 / 7:20 am

    aku belum punya app klout,

  16. January 7, 2016 / 1:43 pm

    wah ternyata saya masih buanyaaaaak banget yang belum didownload hehe. satu – satu deh mulai menerapin πŸ™‚

    • Anne Adzkia
      January 7, 2016 / 2:07 pm

      Siiiip πŸ˜€

  17. January 8, 2016 / 2:14 am

    Salam kenal ya mbak πŸ™‚

    Kalo saya kok lebih seneng buka blog & etc pakai browser ketimbang pakai aplikasi, soalnya kadang appsnya belakangan suka ngga update.. Btw kalau apps evernote ada di android gak ya mbak?

    • Anne Adzkia
      January 8, 2016 / 8:45 am

      Ada kok di android πŸ™‚

  18. Meti
    May 22, 2016 / 6:57 pm

    Kak kenapa yah. Aku tuh kan udah ganti tema blog karena pengin ada home dsb. Nah aku mau post nih diblog. Udah ke kirim. Tapi kalo lihat diblognya tuhh gak ada postan aku yang baru. Apa tuh penyebabnya?

  19. October 7, 2016 / 1:58 pm

    ternyata cukup banyak ya app yg dibutuhkan seorang blogger..

  20. October 29, 2016 / 7:06 pm

    Ternyata banyak juga aplikasi yang harus dipunyai seorang blogger ya mbak. Pengen juga instal writer list, Wikipedia dan Feedly, tapi sepertinya memori nggak cukup di tabku πŸ™

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *