5 Tempat Wisata Lombok yang Akan Selalu Dikenang

5 Tempat Wisata Lombok yang Akan Selalu Dikenang

Menurut saya, tanah Lombok merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat luar biasa. Semua yang ada di Lombok sangat indah. Dan saya mengunjunginya tepat beberapa hari sebelum gempa memporak-porandakan sebagian wilayah Lombok.

Kami berangkat ke Lombok tanpa rencana yang panjang. Karena saat itu kami memang nggak punya rencana kemana-mana. Tapi ternyata suami akan ada conference dan mengajak kami. Ternyata kunjungan kami ke Lombok begitu berkesan.

Lombok adalah satu pulau di Nusa Tenggara Barat yang sangat indah. Allah memberi keindahan yang luar biasa di sana. Sejak pertama kali menjejak, hingga kami pulang, suguhan alamnya selalu indah. Meskipun beberapa hari kemudian, kami mendengar berita gempa besar yang memorakpondakannya.

Meskipun demikian, masih banyak destinasi wisata yang tetap cantik dan sudah dipulihkan kondisinya. Berikut saya akan tuliskan beberapa area wisata di Lombok yang memorable.

5 Tempat Wisata di Lombok yang Akan Selalu Dikenang

 

  1. Pantai Tanjung Aan

Ketika diajak mengunjungi area ini, saya kaget. Pantai ini tampak biasa saja, apalagi saat itu adalah musim kering. Rumput-rumputnya seluruhnya berwarna cokelat. Menurut teman saya, di musim penghujan, rerumputannya hijau merata. Indah seperti bukit Teletubbies.

Ingatan saya melayang ke savanna di Bromo yang dinamakan bukit Teletubbies itu dan membayangkan indahnya area yang sedang saya pijak itu kalau rumputnya hijau. Indah pastinya. Namun ternyata saya salah.

Setelah berjalan dan mendaki bukit, kira-kira serratus meter, saya disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa indah. Pantai di bawah bukit sangat indah, dengan deburan ombak besarnya. Sejauh mata memandang, laut biru membentang.

Pantai itu bernama Pantai Tanjung Ann, di Lombok Barat. Saat itu, nggak banyak wisatawan yang datang ke sana karena hari masih pagi. Dan memang bukan musim libura. Jadi saya dan anak-anak bisa menikmati bukitnya sambil menikmati ombak besar di kejauhan. Kami nggak berani mendekati bibir pantainya karena ombaknya sedang pasang.

Katanya, kalau sedang surut, kami bisa berjalan hingga menyeberangi satu pulau di depannya. Masyaallah, indah banget pokoknya.

 

  1. Desa Sade, Kampungnya Suku Sasakdesa sade

Buat teman-teman yang belum dan akan berencana mengunjungi Pulau Lombok, jangan lewatkan untuk mengunjungi Desa Sade, sebuah kampung budaya yang ditinggali oleh masyarakat asli Lombok. Suku Sasak sudah mendiami tanah ini sejak lama. Namun karena pernikahan dan banyaknya pendatang, penduduk aslinya sudah berbaur. Desa Sade, merupakan area yang sengaja dibuat sebagai cagar budaya Suku Sasak.

Dengan rumah-rumah yang khas dan tahan gempa, ada sekitar  150 kepala keluarga yang tinggal di sana. Yang unik adalah memperhatikan rumah-rumah mereka, yang disebut Bale. Ada beberapa jenis bale di Desa Sade, diantaranya Bale Bonter, Bale Kodong dan Bale Tani.

Banyak keunikan lainnya yang dilakukan masyarakat Desa Sade. Yang menarik buat saya adalah tradisi membersihkan rumah dengan kotoran kerbau dan tradisi kawin culiknya. Ingin tahu lebih lanjut tentang desa ini, ya harus dengan mengunjunginya langsung.

 

  1. Gili Nanggu

lombok

Untuk ke Gili Nanggu, kita harus menyeberang dahulu menggunakan kapal kayu. Gili Nanggu merupakan sebuah pulau kecil yang amat cantik. Lautnya bersih dan kita bisa snorkeling tak jauh dari pantainya.

Di area sekitar Gili Nanggu juga ada Gili lain yang bisa sekalian kita kunjungi. Tempat-tempat ini sangat indah dan berkesan buat kami.

 

  1. Pantai Senggigi

 

pantai senggigi lombok

Nama pantai ini pasti nggak asing. Setiap wisatawan yang datang ke Lombok pasti pernah mengunjungi Pantai Senggigi. Selain pantainya yang cantik dengan pasir yang berwarna kehitaman (oya, pasir-pasir di pantai Lombok warna dan teksturnya berbeda-beda lho. Menarik banget untuk diamati), pantainya juga landai dengan ombak yang cenderung tenang.

Alhamdulillah hotel tempat saya menginap di Lombok berada di depan Pantai Senggigi. Oya, sebelum mengunjungi Lombok, kita memang sebaiknya hunting hotel yang lokasinya strategis. Saya mengandalkan situs pegipegi untuk memilh hotel.

Selain mudah, juga suka dapat diskon. Dengan aplikasi pegipegi, kita bisa booking hotel dengan mudah menggunakan jari.

pegipegi

  1. Gili Trawangan

gili trawangan

Gili Trawangan adalah pulau yang unik dan memorable. Bagaimana nggak, berada di pulai ini rasanya seperti nggak sedang berada di Indonesia. Wisatawan asing lebih banyak daripada wisatawan lokal disini, sehingga fasilitas dan akomodasi juga sepertinya disesuaikan dengan kebutuhan turisnya.

Banyak bar dan pub berjajar di sisi pantai. Turis-turis mancanegara berkeliaran, menjemur diri dan memanjakan diri di pulau ini. Saya dan anak-anak sempat menyewa sepeeda untuk mengelilingi pulau yang bisa dijelajahi hanya dalam waktu kurang dari satu jam.

Pantai Gili Trawangan sangat indah. Salah satu sisinya mempunyai ombak yang cantik dan bisa dipakai untuk berselancar. Ada area untuk snorkeling juga.

 

Semua area di Lombok sebetulnya sangat indah. Selain ke-lima destinasi di atas, banyak destinasi lainnya yang belum saya bahas. Semuanya sungguh cantik dan akan selalu kami kenang. Terlepas kesedian bahwa sebagian besar dari area ini porak-poranda dan sedang dalam masa recovery paska gempa.

Tapi kami masih sangat ingin mengunjungi Lombok. Selain destinasi wisata, Ayam Bakar Taliwangnya sulit dilupakan. Enaaaak banget.

 

Share:

26 Comments

  1. January 29, 2019 / 11:34 am

    waaah…indah pantainya..suami sih yg pernah ke Lombok, sayanya blm 😀

  2. January 31, 2019 / 3:56 pm

    Lombok emang jadi destinasi liburan impian nih mba cakep-cakep banget yah sebagus itu difoto apalagi kalau kesana langsung masyaAlloh

  3. January 31, 2019 / 7:31 pm

    Aah .. Lombok…selalu ingin ke sana.. Semoga tahun ini kesampaian. Aamiin…

  4. January 31, 2019 / 8:41 pm

    Uniek juga ya kalau mampir ke Desa Sade tempat tinggal suku asli Sasak. AKu belum pernah ke Lombok 🙂

  5. January 31, 2019 / 11:03 pm

    gili trawangan yang bikin penasaran, soalnya banyak yang udah kesana tapi aku belum hihi, penasaran dengan pantainya

  6. February 1, 2019 / 12:13 am

    Langit dan pantainya bersih banget, Mbak. Luar biasa ya pemandangan di sana ^_^

  7. February 1, 2019 / 12:20 am

    MasyaAllah, selalu menenangkan ya melihat jepretan-jepretan kecemu mba Anne
    Pengne juga ke Lombok, tapi belum sempat. Padahal pas di Bali tinggal nyeberang doang. Semoga lain kali berkesempatan mengunjungi kelimanya, aamiin. Apalagi bisa pesan tiket ke pegi-pegi maupun penginapannya.

  8. February 1, 2019 / 8:34 am

    aku jadi ingin balik lagi ke Lombok
    asli ngangenin sih lombok inih <3

  9. February 1, 2019 / 12:27 pm

    fix lombok akan jadi tempat destinasi liburan aku tahun ini.. selama ini baru sampe bali aja nih ka.. setelah gempa mengguncang lombok aku jadi mau lihat kondisinya sekarang juga.. tetap menawan ya lombok

  10. February 1, 2019 / 3:49 pm

    Indah banget pantainya apalahasil jepretannya bikin mupeng

  11. February 1, 2019 / 5:00 pm

    Mesti kssana kayak aku mba,, gk jadi terus ini,, kepinginnya stay lama gitu biar bisa explore ke 5 nya, makana halal disana gampangkan ya mba??

  12. February 1, 2019 / 5:36 pm

    Lombok tuh memang menggoda banget yes,, waktu teman kesana aku mupeng banget deh. Semiga bisa ke Lombok secepatnya.

  13. February 1, 2019 / 5:59 pm

    Lombok is indeed an amazing spot! Banyak sekali tempat yang cantik banget di sana. Jadi rindu..

  14. February 1, 2019 / 8:33 pm

    Aaakkkk lomboookkk. Aku pangin banget ke sini mbk, di samping karena ingin menikmati keindahan tempat tempat wisata di lombok, aku juga pengin nyambangin sahabat aku yg tinggal di sana. Tapi ya gitu, belum kesampaian juga. Semoga deh, aku bisa segera ke sana dan bakal ngandelin pegipegi juga kayaknya.

  15. February 2, 2019 / 12:20 am

    Huaaaa Mbak, saya tuh udah lama banget pengen ke Lombok. Baca ini jadi semakin mupeng lah saya. Kereeenn banget ya, MasyaAllah..

  16. February 2, 2019 / 5:42 am

    Iya bener Lombok itu destinasi wajib kunjung di Indonesia. Cantik banget. Pantainya cantik. Makanannya enak. Kemarin aku sempet nyebrang juga mbak ke Sumbawa tambah takjub lagi

  17. February 2, 2019 / 6:19 am

    Baca artikel ini jadi tahu tempat-tempat yang wajib dikunjungi kalau ke Lombok, belum pernah ke sana dan penasaran banget dengan Desa Sade, Suku Sasak

  18. February 2, 2019 / 7:04 am

    aku jatuh cinta dengan Lombok. Pantainya lebih tenang dan sepi dibanding Kuta, Bali. Sayangnya gempa lalu sempat buat khawatir, udah aman belum yaa berwisata ke Lombok.

  19. February 2, 2019 / 7:15 am

    Udah berkali-kali aku diajak ke Sade sama kakak iparku di Lombok
    Tapi budget masih belum memadai ke sana. Soalnha tiket domestik makin menggila banget 🤦🤦

  20. February 2, 2019 / 7:36 am

    Setuju Mba…
    Alhamdullillah aku sudah dua kali ke Lombok. Keduanya minus putri kami, Yasmin.
    Maunya ada lagi yang ketiga, keempat dan tentu saja dengan Yasmin ya.

    Selain tempat di atas ada juga Batu Payung di seberangnya pantai Tanjung Aan dan Pantai Kuta Mandalika.

    Aku pengen ke air terjun Sendang Gile, pantai Selong Belanak, pantai pink serta Taman Wisata Pusuk Sembalun untuk melihat Gunung Rinjani tanpa harus mendaki.

  21. February 2, 2019 / 8:02 am

    Giliii…
    Aku waktu ke Lombok hanya ke 1 gili…dan aku lupa namanya.
    Pingin banget mengunjungi semua tempat unik di Lombok, karena aku punya oom dan tante yang tinggal di Mataram.

    hihii~
    Silturahm plus plus…

  22. February 2, 2019 / 8:03 am

    Terbersit ingin ke Lombok dan menikmati keindahan pantainya itu saat membaca novel Tere Liye yang berjudul Sunset bersama Rosie 🙂

  23. February 2, 2019 / 8:16 am

    Belum pernah ke Lombok, tai suamiku pernah dan tempat2 yg mbak tunjukkan itu dia pernah ke sana semua, sbg istri aku kan julid haha 😛
    Wah jd pengen traveling ke Lombok solo nih biar gk julid mulu ma suami wkwkwk. Kalau beli tiket lewat pegi2 cukup lumayan yaaa

  24. February 2, 2019 / 8:26 am

    4 dan 5 yang mainstream bgt mbaa
    Pengin sih plesiran ke lombok tapi masih trauma hehe

  25. February 2, 2019 / 8:38 am

    Wah apa kabar Lombok masihkah keindahannya seperti dahulu paska gempa teh? Jadi pengen ke sana..

  26. February 2, 2019 / 11:54 pm

    indah banget ya mba lombok. Ingin segera kukesana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *