3 Ide Mendekorasi Apartemen yang Minim Budget

3 Ide Mendekorasi Apartemen yang Minim Budget

Ada banyak pertimbangan para pencari properti sebelum membeli sebuah apartemen idaman  untuk ditempatinya. Beberapa faktor tersebut bisa saja dari lokasi, harga, fasilitas sekitaran, banyaknya ruangan, dan sebagainya. Khusus untuk hunian vertikal, nuansa interior mungkin salah satu faktor yang dipertimbangkan oleh calon pembeli sebelum membeli apartemen.

Beberapa unit jual apartemen ekslusif untuk kalangan menengah ke atas menghadirkan nuansa interior yang menarik sesuai dengan visi masing-masing produk yang ditujukan untuk kenyamanan tinggal penghuni. Namun hal tersebut tidak dilakukan dalam apartemen dengan harga jual apartemen murah atau jual apartemen bersubsidi.

Saat melihat unit-unit dalam proyek jual apartemen, rata-rata bentuk unit yang ditawarkan merupakan unit kosong tanpa dekorasi. Hal ini yang membuat kamu harus ekstra berusaha untuk mendekorasinya.

Buat kamu yang saat ini sangat menginginkan nuansa terbaik mendekorasi apartemen murah yang baru kamu beli, beberapa ide dari Pinterest ini dapat menjadi opsi untuk mempercantik apartemen yangkamu punya, tentunya dengan budget yang tidak terlalu besar.

 

Pengecatan Motif Geometris

Laporan 2019 Pinterest mengatakan motif geometris sebagai pola dalam pengecatan akan banyak digunakan untuk menghias ruangan-ruangan dalam sebuah hunian disbanding pengecatan standar. Hanya bermodal memanipulasi “garis” dan beragam warna, kamu sudah dapat membuat mural berpola dengan kreasi yang unik dan artistik dengan harga yang murah.

Cara menggambarnya pun cukup mudah, cukup dengan perlengkapan cat sederhana dan seal tape sebagai pembatas warna. Mengecat motif geometris sangat cocok untuk kamu yang berminat dan senang melakukan dekorasi ruangan secara pribadi (DIY).

pengecatan motif geometris

 

Memasang Walpaper

Jika pengecatan pola-pola artistik di tembok adalah sesuatu yang menyulitkan, kamu bisa saja menggantinya dengan memasang walpaper dengan motif serupa.

Memasang walpaper diketahui menjadi opsi termudah untuk membuat nuansa yang menarik pada interior hunian. Beberapa hunian vertikal jual apartemen di Jakarta misalnya, rata-rata menggunakan walpaper untuk mempercantik bagian living room.

Di tahun 2019, penggunaan walpaper akan semakin populer, tidak hanya pada unit-unit jual apartemen, rumah-rumah baru pun akan banyak menggunakan walpaper di dinding-dinding ruangannya.

Saat ini, salah satu inovasi walpaper yang ngehits dan banyak digunakan untuk menghias interior adalah removable walpaper atau wall decal yang menyajikan desain walpaper menarik namun dapat diganti dengan mudah dan cepat. Jenis walpaper yang populer tersebut dapat ditemukan di toko-toko bangunan maupun portal jual beli online.

walpaper

 

Kebun Vertikal

Salah satu ide yang ngetren dalam mendekorasi interior adalah dengan memasukkan aspek alam ke dalam ruangan. Dibanding hanya menempatkan pot-pot di sudut ruang, memiliki kebun gantung lebih dapat meningkatkan keindahan unit hunian milikmu.

Caranya tergolong mudah begitu pula untuk menemukan bahan pembuatnya. Kamu tinggal membeli rak pengait besi dan beberapa papan untuk membuat taman vertikal di dalam ruangan.

Dari beragam tanaman yang ada, dua tanaman hias, Kaktus dan Sukulen adalah yang paling disarankan. Selain harganya tidak terlalu mahal, perawatannya pun tidak terlalu sulit dan membutuhkan biaya besar. Tidak hanya itu, tanaman ini akan meningkatkan aspek estetis dari kebun vertikal dalam hunian kita. Pinterest mengatakan dua tanaman ini akan menjadi tanaman populer yang tambah ngehits pada tahun 2019.

sukulen

Share:

22 Comments

  1. May 18, 2019 / 5:19 pm

    Boleh banget ini idenya. Ku suka ide mengecat motif geometris, tampak futuristik dan dinamis.

  2. May 18, 2019 / 9:23 pm

    dari 3 tips diatas yang belum aku praktekin yang poin terakhir yaitu kebun vertikal, belum cukup ilmunya mba, ada referensi kah?

  3. May 19, 2019 / 2:17 am

    Ah iya juga ya. Meski bukan apartemen atau rumah minimalis, tapi buat lebaran biar suasana beda bisa coba juga tipsnya. Pakai wallpaper yuk beberapa dinding, terus bikin pot yang digantung gitu buat suasana makin beda ya. Coba ah…

  4. May 19, 2019 / 4:04 am

    emang kuncinya dipenataan ya, kalau punya lahan ga begitu luas harus bisa mainin banyak elemen2, dan voila hasilnya banyak yg justru keren2

  5. May 19, 2019 / 2:29 pm

    Memang harus kreatif mendekorasi apartemen ya. Penempatan barang dan permainan warna yang tepat juga akan membuat ruangan tampak lebih luas. Salah satunya memang pemasangan walpaper, mempercantik ruangan dengan praktis.

  6. May 19, 2019 / 8:07 pm

    Di antara ketiga cara itu aku paling suka nomor 2 dan 3, udah ngelakuin soalny meski gak di apartemen

  7. May 19, 2019 / 8:51 pm

    Cakep cakep ya. Ga hanya bisa diterapkan untuk apartemen tapi juga bisa untuk rumah mungil. Tapi kalau anak sudah lewat fase hobi coret2 dinding hehe

  8. May 19, 2019 / 9:00 pm

    Wah aku banget nih mbak suka lihat-lihat di Pinterest untuk ide-ide dekorasi, cakep-cakep soalnya.

  9. May 19, 2019 / 11:20 pm

    Duh kapan ya punya apartemen hehe, pengen banget punya apartemen soale fasilitasnya cukup lengkap disana. Btw memasang wallpapper emang lebih asik sih daripada cat tapi ya gt susah masangnya huhu.

  10. May 20, 2019 / 2:07 am

    Meskipun gak punya apartemen, tapi yang ide kebun-kebun itu suka banget deh. Bisa lebih segar gitu kan ya Mbak, gpp dong ya diaplikasikan ke rumah bukan hanya apartemen aja 🙂

  11. May 20, 2019 / 2:36 am

    Pasang wallpaper kayaknya tak ribet. Beda dengan ngecat yang kalau dikerjakan sendiri repot dan pegal, ruangan akan berbau. Cuma cat bisa memberi nilai lebih.
    Saya belum lihat wujud langsung wallpaper dan cara pemasangannya, kayaknya di sini kurang populer padahal cantik-cantik motifnya, tak cuma pola geometris saja, ada beragam pola dan warna.
    Duh, pengen pajang tanaman di dalam ruangan.

  12. May 20, 2019 / 6:14 am

    Dari dulu aku pengen punya motif geometris untuk dinding. Tapi nyari di toko material belum ketemu yang aku suka. Paling asik memang ngecat sendiri, meski susah ya karena harus rapi

  13. May 20, 2019 / 7:14 am

    Wah dunia makin penuh aja dgn kreativitas ya..dulu ga kepikiran ngecet dgn gaya2 spt ini hehe..

  14. May 20, 2019 / 7:32 am

    Aku pingin desain apartemen deh tapi apartemennya gak punya hihihih minta digetok.
    Kayanya kalau mendekorasi apartemen perlu inspirasi ya supaya budgetnya gak membengkak

  15. May 20, 2019 / 7:40 am

    Cantiknya si tanaman hias…
    Aku pernah beberapa kali punya kaktus, dan berakhir pada mati.
    Sebenarnya, tanaman hias ini cara merawatnya gimana yaa…?

    Aku prefer pasang wallpaper untuk motif di rumah, karena sekarang banyak sekali yang menawarkan dengan motif beragam untuk berekperimen dari satu ruangan ke ruangan yang lainnya.

  16. May 20, 2019 / 8:36 am

    aku juga suka nyimpen sukulen dirumah, bagus deh dan gak ribet perawatannya

  17. May 20, 2019 / 8:40 am

    Rumah atau hunian adalah tempat kita berdiam diri. Tentunya harus dibuat senyaman mungkin agar penghuninya betah. Saat ini memang banyak teknik menghias rumah ya mbak….kalau tidak dengan cat juga memanfaatkan wallpaper. Dan motif wallpaper sekarang beragam. Tinggal kita pilih sesuai selera kita. Taman pun juga demikian. Banyak rumah mungil tp memiliki konsep yang indah karena hiasan tamannya yang ditata sedemikian rupa.

  18. May 20, 2019 / 8:49 am

    Hureee dapet tips kece dari Anne
    meski bukan apartemen wwkwkwk tapi rumah juga bisa diterapin kali ya
    aku lagi pengen ganti cat dengan wallpaper lagi mikir2
    eh nemu tips ini. Semoga bisa memantapkan diri ganti hehehe makasih mba

  19. May 20, 2019 / 9:25 am

    Bagi yang gemar menanam tentunya kebun vertical ini jadi solusi ya untuk kondisi apartemen yang tidak begitu luas. Rasa hommy tetap bisa didapat meski lahan terbatas.

  20. May 20, 2019 / 1:30 pm

    rumah juga boleh kan pake tips dan ide ini. Aku sih pengennya gitu di rumah tapi sayang rumahnya masi berantakan

  21. May 20, 2019 / 9:41 pm

    Noted. Mudah-mudahan ide-ide di atas bisa saya praktekkan saat rumah kami udah jadi nanti 🙂

  22. May 27, 2019 / 9:42 am

    Wah makasih idenya nih Mbk, aku juga lagi pengen mendekorasi rumah dan semoga ke depan bakal ada isinya hehe… rumah masih lempeng aja nih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *