Resolusi 2016 Keluarga Berangkat Umrah

Resolusi 2016 Keluarga Berangkat Umrah

Setiap tahun, biasanya saya menuliskan resolusi tahunan saya di blog. Untuk tahun 2016 ini, saya belum sempat menceritakannya. Baru saya tulis besar-besar di halaman pertama agenda harian saya. Untuk itu, saya ingin menuliskannya di sini kembali sebagai pengingat tambahan. Supaya kalau sedang ngeblog, saya bisa intip-intip resolusi yang saya tulis.

Berikut Resolusi 2016 tersebut.

resolusi 2016

Dari keenam poin yang saya tulis di atas, ada beberapa yang sudah mulai dijalani. Alhamdulillah. Dan resolusi terbesar saya adalah UMRAH bareng keluarga, inginnya bisa saya laksanakan akhir tahun ini.  Ya, saya sangat berharap bisa berangkat umrah mengajak kedua anak saya juga.

Banyak orang yang berpendapat belum saatnya mengajak anak-anak yang masih belum baligh untuk ikut berangkat umrah karena berbagai alasan. Salah satunya, takut tidak fokus ibadah karena anak cenderung merepotkan. Pemikiran saya justru sebaliknya. Sebagai orang tua homeschooling, saya berpikir bahwa perjalanan menapaki tanah suci merupakan salah satu proses belajar kami bersama.

Berikut beberapa alasan saya kenapa ingin menjalankan Umrah bersama keluarga:

  • Perjalanan Belajar Anak-anak

Dalam perjalanan homeschooling kami, salah satu program yang kami jalankan adalah Travelschooling. Artinya kami belajar dengan melakukan perjalanan ke mana saja. Banyak sekali pengalaman berharga yang kami peroleh dalam perjalanan, mulai dari proses bonding antar anggota keluarga, interaksi bersama orang baru, berdamai dengan tantangan perjalanan, latihan kesabaran dan sebagainya.

Tentu saja, ketika saya dan suami ingin berpergian, kami sebisa mungkin mengajak mereka agar mereka ikut merasakan pengalaman yang sama. Meski akan dibutuhkan dana tambahan tentunya. Kecuali memang ada halangan syar’i dan urgen yang mengharuskan mereka tinggal.

Perjalanan menapaki tanah suci merupakan perjalanan ibadah, yang sifatnya penuh tantangan dan personal. Tentunya kelak, anak-anak juga akan mengalami petualangan ruhiyah yang bisa menjadi bekal hidup mereka.

  • Belajar Sejarah Islam

Dalam salah satu travelschooling kami, perjalanan favorit adalah belajar tentang sejarah. Mulai dari sejarah lokal sampai sejarah dunia. Perjalanan ke tanah suci merupakan salah satu perjalanan sejarah Islam yang fenomenal. Karena semua peradaban Islam berawal dari sana, sejak Rasulullah SAW pertama kali diangkat menjadi utusan Allah SWT.

Oya, kabarnya ada perjalanan Umrah yang juga mencakup traveling ke beberapa negara Islam, seperti Turki. Kalau kami bisa melakukan yang ini, tentu akan menjadi sebuah perjalanan sejarah yang spektakuler.

  • Mengajarkan anak-anak tentang hikmah ibadah Umrah

Umrah disebut juga haji kecil. Dengan menjalankan umrah kita seperti sedang berlatih menjalankan ibadah haji yang tantangan pasti lebih berat. Dalam ibadah ini, dituntut banyak sekali pengorbanan dan ketidaknyamanan. Mengajak anak-anak mengalami pengalaman ini kami harap bisa melatih mereka untuk belajar tentang ketangguhan.

Ketangguhan Ibrahim, as dan Ismail, as. Ketangguhan Siti Hajar berlari-lari mencari air untuk putranya, Ismail kecil. Juga ketangguhan Muhammad dan para sahabatnya berjuang menegakkan panji Islam.

Apalagi usia anak-anak saya sudah cukup besar dan mereka sudah terbiasa melakukan perjalanan jauh. Insya Allah mereka akan bisa banyak belajar melalui Umrah.

Persiapan Umrah Keluarga

Seperti yang saya sebutkan di atas, perjalanan ke tanah suci merupakan perjalanan spiritual seseorang secara personal. Untuk bisa melakukan ibadah ini, tentu perlu persiapan yang cukup banyak, yang tidak sama dengan traveling biasa. Ada yang namanya pengorbanan dan pencapaian yang ingin diraih pula.

Sehingga, kita akan berusaha menjalani sebaik-baiknya dan berharap didukung pula oleh sarana dan prasarana yang mendukung.

Persiapan-persiapan yang akan dilakukan sebelum beribadah, diantaranya:

  1. Persiapan finansial

Biaya Umrah tentu tidak sedikit. Hingga saat ini, sebenarnya tabungan saya belum mencukupi untuk melaksanakan resolusi yang sejatinya ingin dijalankan menjelang akhir tahun nanti. Tapi kami masih berusaha kok, mengumpulkan lembaran demi lembaran dan menyisihkan uang belanja bulanan.

2. Persiapan fisik

Kabarnya nih, melakukan thawaf, sai dan ibadah-ibadah lainnya itu cukup melelahkan. Jadi kondisi fisik memang harus prima. Saya tidak mau rencana yang sudah dibuat jauh-jauh hari tiba-tiba rusak karena sakit yang membuat ibadah kurang maksimal. Huuu, jangan sampai deh.

Jadi ingat pengalaman Papa yang sakit saat di tanah suci ketika ibadah haji. Papa yang menderita syaraf terjepit (HNP) saat itu terpaksa harus menjalankan ibadah haji menggunakan kursi roda. Saya berharap kejadian seperti itu tidak terulang pada siapapun.

3. Persiapan ruhiyah

Ibadah haji merupakan salah satu puncak pengorbanan ibadah umat Islam. Tidak hanya fisik, banyak pengorbanan lain yang harus dibayar, seperti harta, waktu, keluarga dan sebagainya. Perlu ruhiyah yang baik agar bisa membawa diri mengikuti ibadah yang fenomenal ini.

Makanya, ada manasik sebelum berangkat, agar jamaah bisa memahami teknis (rukun-rukun ibadah). Kondisi mental atau ruhiyah juga harus mulai dibangun agar siap menghadapi segala tantangan selama perjalanan tersebut.

4. Persiapan teknis

Sarana dan prasarana pendukung pasti sangat berpengaruh dalam kelancaran ibadah haji. Meski niat kami berangkat (semoga Allah memudahkan, aamiin) di akhir tahun, tapi sejak saat ini saya dan keluarga sudah mulai lirik-lirik cari travel agen, metode dan membandingkan satu sama lainnya.

Kepinginnya siih, saya tidak hanya menyelesaikan resolusi umroh saja, tapi juga traveling ke tempat baru. Tahun ini kami memang belum traveling kemana-mana. Kalau ada dana berlebih, sepertinya seru ya kalau bisa umrah plus jalan-jalan. Enaknya sih ke Turki, soalnya Turki merupakan salah satu destinasi impian kami. Sampai-sampai kami sudah baca buku traveling ke Turki jauh-jauh hari.

Tentang Travel Agent Terpercaya

umrah

Pernah dengar berita semacam itu? Sering ya. Apalagi kalau musim haji. Alhamdulillah di keluarga belum pernah kena kasus mengerikan saat pergi ke tanah suci. Kebayang deh, sudah meluruskan niat untuk khusyu’ beribadah, tiba-tiba dirusak oleh travel agen yang tidak amanah. Uang dikumpulkan susah payah bertahun-tahun, lenyap begitu saja ditelan agen abal-abal.

Makanya, saya dan keluarga jauh-jauh hari mulai mencari agen perjalanan ibadah yang amanah, aman dan terpercaya. Dan, saya menemukan CHERIA TRAVEL, sebagai salah satu pilihan yang akan kami survey nanti.

Kenapa Cheria Travel?

a. AMANAH

Berdasarkan alasan di atas, kriteria pertama yang saya pilih adalah tingkat keamanan agen traveling. Harus aman dan amanah. Cheria Travel sudah membawa ribuan turis baik domestik maupun mancanegara sejak tahun 2012 dan semua berjalan lancar. Cheria juga sudah dipercaya sebagai salah satu agen travel ibadah umrah yang amanah.

b. LAYANAN MENARIK

Cheria Travel menyajikan penawaran yang menarik bagi kliennya. Untuk ibadah ke tanah suci, ada layanan Umrah plus Turki (ahayyy, in impian saya banget) yang harganya reasonable, nggak neko-neko dan menjamin kenyamanan jamaah.

c. TOUR HALAL

Cheria Travel bertag line membawa branding Tour Halal ke beberapa negara. Ini penting, karena urusan makanan halal adalah concern utama saya dan keluarga. Pengalaman saat traveling ke Australia tanpa info halal, sangat susah menemukan masjid dan resto halal yang aman. Dengan agen yang mengedepankan traveling halal, pasti membuat hati kita tenang.

d. LEGITIMASI IZIN & ASURANSI

Izin dan asuransi keberangkatan yang jelas, resmi dan bisa dipertanggungjawabkan. Ini penting banget, dong kita ketahui sebelum pergi. Apalagi ke luar negeri kita akan melewati bagian imigrasi dan custom yang tiap negara punya aturan berbeda. Beberapa negara malah ada yang ribet.

e. PROFESIONAL

Kemudahan pengurusan proses keberangkatan. Cheria Travel sangat mengakomodasi kebutuhan klien, memudahkan proses pembayaran dan didukung oleh costumer service yang profesional.

Dari mana kita bisa yakin kalau CHERIA TRAVEL ini aman dan terpercaya? Tentunya saya juga tidak mau memilih asal-asalan ya. Saya mencari dari beberapa sumber yang shahih, seperti:

  • TESTIMONI PENGGUNA LAYANAN. Untuk mengetahui testimoni pengguna Cheria Travel, silakan baca di SINI.
  • PENGALAMAN ORANG TERDEKAT. Saya punya seorang sahabat yang pernah jalan-jalan bersama Cheria Travel ke Hongkong. Dari semua ceritanya, sahabat saya ini – oya pasti kenal ya dengan Evrina Budiastuti, dia menceritakan segala keseruan traveling ke Hongkong dan mendapatkan layanan halalnya Cheria Travel.
  • INFO WEBSITE. Setelah membaca website resmi Cheria Travel pasti yakin deh agen perjalanan yang satu ini BUKAN agen abal-abal yang bakal bikin repot kliennya. Alamatnya jelas, surat izinnya ada dan lengkap disertai testimoni pemakainya. Langsung deh kunjungi web Cheria Travel berikut: http://www.cheria-travel.com/.

Last but not least, kenapa ingin ke Turki?

Sejak beberapa tahun lalu, saat kami masih tinggal di Australia, kami berniat (mungkin lebih mirip berkhayal ya) negara tujuan tinggal kami berikutnya selain Indonesia adalah Turki. Ya, dengan beragam alasan karena Turki merupakan salah satu negara Islam yang ramah. Punya pemimpin yang luar biasa, beliau adalah Om Erdogan (halah, manggil Om).

Kota-kota di Turki yang memiliki pemandangan indah dan menyimpan catatan sejarah Islam yang bermanfaat untuk dipelajari oleh saya dan anak-anak. Ya, setelah Saudi Arabia sebagai negara pertama untuk mempelajari Islam, Turki adalah negara selanjutnya. Sangat ingin bisa melihat Hagia Sophia yang fenomenal dan Blue Mosque yang cantik.

Ternyata, Cheria Travel pun menyajikan layanan Travel Tour Wisata Turki yang bisa mewujudkan mimpi kami sekaligus resolusi 2016 saya, traveling to a new place. Keren sekali, bukan?

Kalau ingin tahu beberapa pengalaman jamaah Umroh yang sekaligus jalan-jalan ke Turki, bisa dilihat dalam catatan tentang Umroh Plus Turki yang disajikan di web Cheria Travel.

 

Kantor Pusat Cheria Halal Wisata:

Gedung Twink Lt.3 Jl. Kapten P. Tendean no. 82

Mampang Prapatan, Jakarta Selatan 12790

Telp. 021-7900-201/021-700-216 (hunting)

Fax. 021-7918-2408

Email: info@cheria-travel.com

Web: www.cheria-travel.com

 

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis Cheria Travel 2016, untuk penjelasan tentang konten yang memuat link ataupun logo iklan, silakan kunjungi laman DISCLOSURE.

logo cheria travel

Share:

36 Comments

  1. April 18, 2016 / 10:40 am

    Untuk persiapan fisik, sering saya dengan para jamaah umroh tidak mempersiapkan dengan baik fisik mereka ketika berangkat. Sering dengan cerita ketika umroh banyak yg sakit. penting sekali ya, persiapan fisik itu

    • Anne Adzkia
      April 18, 2016 / 9:00 pm

      Wah gitu ya mbak. Iya penting banget karena kondisi alam dan aktifitas fisik lumayan berat kan

  2. April 18, 2016 / 2:14 pm

    Mbak Anne, anak-anak Mbak Anne sudah besar, sepertinya tidak merepotkan. Hanya perlu siap fisik saja. Insha Allah bisa dijalankan.

    • Anne Adzkia
      April 18, 2016 / 2:16 pm

      Insya Allah, aamiin ya Rabbal’alamiin

  3. Lukmanul Hakim
    April 18, 2016 / 5:40 pm

    Pas ngajak Qaulan umroh, hal.yang paling melelahkan baginya adalah pas sa’i. ‘”Kalau nggak pakai sa’i boleh nggak Bun?; tawarnya…:)

    Di Turki ia paling suka..akhir tahun berarti bersalju. Titip kopi kalau disana ya…

    • Anne Adzkia
      April 18, 2016 / 5:41 pm

      Waah seru ya. Aamiin insya Allah

    • Anne Adzkia
      April 18, 2016 / 5:42 pm

      Aamiin. Makasih yaa

  4. April 18, 2016 / 6:05 pm

    Kayyisa dan Naufal sudah gede buat diajak umrah, Teh. InsyaAllah ga merepotkan. Waktu tahun 2012 ynt umrah bareng sepupu yg usianya 3 tahun 😀
    Semoga dimudahkan ya, Teh. Berencana umrah juga bareng suami tahun depan atau tahun depannya lagi. Doakan ya, Teh 😀

    • Anne Adzkia
      April 18, 2016 / 6:06 pm

      Sama-sama mendoakan ya Yan. Aamiin semoga doa kita terkabul.

  5. April 18, 2016 / 10:29 pm

    Semoga dimudahkan resolusinya yaa, mbak. Aaaah, aku juga mupeng pengen umrah, nih. Semoga aku juga bisa segera mewujudkannya. Aamiin 🙂 *numpang titip doa*

    • Anne Adzkia
      April 18, 2016 / 10:55 pm

      Yuk berdoa terus mbak. Aamiin semoga Allah mudahkan kita ya

  6. Sri Suryani
    April 18, 2016 / 11:54 pm

    Wah impian aq & suami banget….semoga mimpi qt terkabul ya teh. Syukur2 bs barengan berangktnya 🙂 Aamiin

    • Anne Adzkia
      April 19, 2016 / 12:03 am

      Aamiin aamiin

  7. April 19, 2016 / 2:08 pm

    Sip, justru harus sejak dini anak-anak diakrabkan dengan segala ritus ke-Islam-an. Agar timbul awareness. Sukses ya untuk resolusinya. Semoga dimudahkan oleh-Nya.

    • Anne Adzkia
      April 19, 2016 / 2:15 pm

      Iya betul. Aamiin, makasih ya.

  8. April 19, 2016 / 2:29 pm

    Mbaa, titip doa ya semoga aku dan suami bisa barengan ayah bunda umrah aamiin allahuummaa aamiin.. Semoga mba-pun diizinkan Allah tuk melancarkan resolusi umrah bersama ceria travel!

    • Anne Adzkia
      April 19, 2016 / 2:30 pm

      Aamiin ya Rabbal’alamiin

  9. Bloggerpedia
    April 19, 2016 / 10:08 pm

    saya masih menabung mbak 🙂

    • Anne Adzkia
      April 19, 2016 / 10:48 pm

      Samaaa..tabungan saya masih jauuh 🙁

  10. April 20, 2016 / 1:24 am

    Semoga terlaksana semua resolusinya tahun ini Mbak aamiin 🙂

    • Anne Adzkia
      April 20, 2016 / 1:34 am

      Aamiin. Makasih mbak ^^

  11. April 20, 2016 / 9:00 am

    wah targetnya, mirip-mirip ma saya mbak. gud luck mbak. semoga menang

    • Anne Adzkia
      April 20, 2016 / 9:17 am

      Aamiin. Good luck juga dgn targetnya yaa

  12. April 21, 2016 / 2:31 am

    Aamiin, semoga segera terwujud ya mbak resolusinya. pak suami jg kepengen bgt ke Turki tuh, mesti nabung dulu yg banyaaaaak hihihihi

    • Anne Adzkia
      April 21, 2016 / 8:02 am

      Aamiin, semoga tercapai juga ya Riin

  13. April 21, 2016 / 4:53 pm

    Semoga terwujud di saat yang tepat..dan disegerakan. Amiin

    • Anne Adzkia
      April 21, 2016 / 5:04 pm

      Aamiin ya Rabbal’alamiin

  14. April 21, 2016 / 6:46 pm

    Sukses ya mbak anne untuk lombanya termasuk list mimpi-mimpinya. Aamiin yra

    • Anne Adzkia
      April 21, 2016 / 7:27 pm

      Aamiin aamiin

  15. April 22, 2016 / 7:14 pm

    Selesai umroh terus jalan-jalan ke Turki Wow keren banget. Insya Allah terkabul ya Mbak Anne. Semoga berangkat bersama cheria Travel. amin

    • Anne Adzkia
      April 22, 2016 / 8:31 pm

      Aamiin ya Rabbal’alamiin. Semogaaaa

  16. April 25, 2016 / 2:53 pm

    Amien .. semoga semua bisa berangkat dan aku juga diajak ikutanberangkat hehehe

    • Anne Adzkia
      April 25, 2016 / 3:03 pm

      Aamiin…aamiin juga buat doa yg terakhir. Huehehe

  17. January 23, 2017 / 1:45 pm

    Cheria Wisata ini punya paket-paket tour halal ke negeri2 non muslimnya ke mana aja ya mbak? Ke Korea ada ga?

    • Anne Adzkia
      January 23, 2017 / 1:54 pm

      Ada mbak. Cek webnya langsung deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *