The Power of Content

The Power of Content

Para pakar blogging/SEO yang pernah saya dengar atau baca tulisannya selalu menekankan bahwa dalam dunia blogging ada istilah “Content is the King”. Maksudnya, blogging dan konten itu sangat erat ikatannya. Kalau ibarat mandi, kurang afdol kalau nggak pake air. Nah, blogging juga nggak optimal kalau urusan kontennya nggak dipikirin. *Ini analogi emang maksa. Dipas-pasin aja lah, ya.

Kenapa? Karena tujuan pembaca mendatangi blog kita adalah untuk mencari informasi dan inspirasi. Baik info tentang kabar terkini dunia internasional, info teknologi terapdet, how to/tutorial, motivasi hingga entertainment. Nah, untuk itu saya ingin share tentang The Power of Content yang pernah dibahas oleh mbak Shintaries dan Tokopedia.

Apa sih yang nggak bisa ditemukan di blog? Kalau kita coba mengetikkan kata “cara ampuh mengusir tikus di rumah” atau “dimana tukang bakso paling enak di Serpong” pasti ada aja yang pernah menulis tentang ini. Nah, saat ini blog merupakan salah satu sumber informasi yang dicari orang, karena meski sifatnya subyektif, karena berdasarkan pengalaman masing-masing penulisnya, tapi cukup update dan mudah diakses.

Seperti emak-emak kayak saya, kalau mau masak sering tergantung dari blog kuliner yang selalu update resep-resep mudah dan murah. Atau kalau mau traveling ke suatu tempat, saya tinggal cari deh info dari blog traveler.

Dan saya seneng banget kalau baca tulisan orang di blog yang secara lengkap mendiskripsikan segala yang diketahuinya, dan dengan cara yang baik. Kita enak bacanya dan nyarinya pun gampang di google. Nah, makanya sebagai blogger pemula, saya juga mau ah belajar membuat content yang bagus.

Sebelumnya, saya pernah menulis beberapa paragraf tentang tulisan yang enak dibaca di tulisan tentang Blogger Hardcore. Ternyata, setelah belajar dari para pakar SEO banyak hal tentang content yang masih luput dari perhatian saya. Masih jauuuuh banget deh. *galau deh kalau ingat tulisan yang lalu-lalu

Makanya, belajar tentang membuat konten yang baik itu sebuah keniscayaan deh buat blogger yang kerjaannya memberikan informasi lewat tulisan. Untuk itu, saya senang banget ketika ada event yang pembicaranya banyak menjelaskan tentang teknik membuat content yang baik.

Ketika saya hadir di acara #TemuBloggers yang diselenggarakan oleh Tokopedia, hadir mbak Riri Prameswari, seorang beauty blogger yang membahas tentang bagaimana membuat content yang baik.

content

Menurutnya, ada 4 cara yang bisa dilakukan oleh blogger agar kontennya berkualitas, antara lain:

  1. Shareable.

Membuat tulisan yang bisa dishare kepada publik. Makin banyak pembaca yang dapat mengambil manfaat dari tulisan tersebut, maka nilai konten tersebut pasti makin baik. Secara tidak langsung akan memberikan benefit juga bagi penulis.

  1. Interactivity.

Konten yang baik bisa diciptakan melalui kolaborasi. Kolaborasi ini bisa dilakukan oleh dua blogger atau lebih. Misalnya blogger A adalah beauty blogger dan blogger B adalah blogger teknologi. Keduanya bisa saling berkolaborasi untuk memberi kekuatan konten.

  1. Inspiring.

Membuat tulisan yang menginspirasi, seperti tentang tips, DIY atau entertainment. Kita bisa mencari ide sesuai kebutuhan diri kita sendiri. Mbak Riri mencontohkan saat dia membutuhkan informasi untuk mengatasi iritasi mata. Dari sana, dia akhirnya membuat tulisan berdasarkan pengalamannya mengatasi mata yang terkena iritasi. Akhirnya postingannya itu berhasil mendapatkan 40.000 views. Fantastis yaaaa.

  1. Conversation.

Menciptakan komunikasi dengan pembaca lewat komentar blog atau media sosial tempat kita berbagi tulisan tersebut. Misalnya ketika kita share di FP, jangan hanya share tapi pancing pembaca dengan pertanyaan untuk menciptakan engagement dan interaksi.

content is the king

Alhamdulillah, besoknya saya mendapat kesempatan berharga lagi untuk ikut di acara #NgeblogAsik barengan @AyoNgeblogID yang narasumbernya Mbak PutriKPM dan Mbak Shinta Ries. Sapa sih yang nggak kenal dua seleb blog ini? Lewat mereka saya dapat pencerahan banyak (yaa, meskipun dunia SEO dan branding ini masih baru buat saya, jadi saya masih meraba-raba untuk mengolah informasi ini) tentang menulis konten yang bagus.

Mbak Shinta Ries memberikan sebuah quotes yang menurut saya JLEB banget nih. Kira-kira begini (redaksionalnya versi saya ya):

Pertama, kita harus membuat konten yang bagus.

Kedua, konten yang bagus itu nggak ada apa-apanya kalau tidak sampai kepada pembaca.

Untuk memenuhi poin nomor dua, setelah kita bisa menulis konten yang bagus secara teknik kepenulisan dan bermanfaat, ada hal lain yang tak kalah pentingnya. Tulisan tersebut harus TERINDEX oleh GOOGLE. Iya, jadi buat apa tulisan yang bagus tapi gak bisa dicari orang.

Nah, dalam acara #NgeblogAsik ini, mbak Shinta menjelaskan tentang teknik menulis konten agar teridex oleh Google. Beberapa yang tertangkap dan sempat saya catat antara lain:

1.  Jumlah kata paliiiing minimal banget 400 kata. Itu udah paling minimal. Malahan konten bagus yang terindex oleh Google metrics itu ternyata artikel yang minimal sejumlah 1000 kata.

Gimana kita tahu jumlah kata yang ditulis berapa? Barangkali ada yg belum tahu, kalau kamu menulis di WORD, jumlah kata ditunjukkan di bagian ini:

Kontennn1

 

Sedangkan kalau di dashboard, bisa dilihat di sini:

kontennn2

 

2. Share sesuatu yang menarik untuk dikunjungi. Sebaiknya memang kita menuliskan sesuatu berdasarkan pengalaman kita agar terasa ruhnya. Kalau tulisan kita menarik, pengunjung akan membaca tulisan kita seluruhnya. Mbak Shinta mencontohkan tulisannya tentang “Cara Mengurus Visa Korea” yang menghasilkan traffic yang tinggi. Lama kunjungan di blog juga memengaruhi penilaian domain kita.

3.  Buat postingan berseri dengan menambahkan link ke postingan kita berikutnya. Ini gunanya untuk memperpanjang waktu kunjungan juga. Pengunjung yang hanya klik beberapa saat lalu menekan tombol “back” begitu baru masuk laman kita, ternyata bisa menurunkan penilaian google.

4. Dari sisi theme atau disain, blog harus ringan dan themenya SEO frendly. Cara mengeceknya, bisa lewat gtmetrix.com. Ukuran gambar yang digunakan dioptimasi lagi, supaya tidak terlalu besar. Perlu hati-hati juga dalam mengambil gambar yang akan digunakan. Sebaiknya gunakan gambar pribadi atau yang free stock image. Karena meskipun kita mencantumkan kredit pada pemilik gambar, belum tentu yang punya rela lho, hihihi.

5. Optimasi permalink, maksimal 40 karakter, dengan format: namablog.com/katakunci atau namablog.com/2015/12/katakunci. Ceki-ceki mobile site-nya apakah sudah responsif dan user friendly. Untuk ngeceknya bisa pake toolsnya google mobile friendly checker.

6. Menciptakan backlink. Jangan males-males blogwalking lah ya.

7. Oyaaa, ada yang kelewat. Judul, isi dan keyword harus relevan. Nah, salah satu teknik SEO yang bagus dengan membuat text dalam image. Apa ya istilahnya, saya lupaa… hihihi. *maaph

Segitu sih informasi yang berhasil saya catat. Mungkin ada beberapa hal yang kurang ya, jadi please tambahkan supaya kita belajar bersama. Apalagi kalau ada yang kurang tepat, jangan sungkan untuk mengoreksi.

Yang pasti sih, diatas segala hal yang berhubungan dengan SEO ini adalah the power of content kita dan niat kita untuk selalu berbagi ilmu. Ikhlas bahwa semua yang kita lakukan untuk menebar manfaat. Sambil kita perbaiki pelan-pelan segala kekurangan. Agar setiap harinya, kita menjadi lebih baik.

 

 

 

 

 

Share:

75 Comments

  1. December 14, 2015 / 1:44 am

    aseg..dapet ilmu kece lg, makasih ya mbak, jd hus lbih smngat lg nih

    • Anne Adzkia
      December 14, 2015 / 1:45 am

      Siiiibh. Sama-samaaa ^^

  2. December 14, 2015 / 5:50 am

    Bagus artikelnya. Terima kasih.
    Memasang keyword dlm image diletakkan pd kolom Alt Text
    Mari kita menulis yg disukai dan dikuasai, menarik, dan bermanfaat.
    Salam hangat dari Jombang

    • Anne Adzkia
      December 14, 2015 / 6:22 am

      Terima kasih tambahannya, pakde. Salam.

  3. desi
    December 14, 2015 / 3:08 am

    aaahhhhh ngelmu lagi ini mak, makasih bnyk ya sharenya 🙂 ampe luber2 nih

    • Anne Adzkia
      December 14, 2015 / 6:21 am

      Asiiik. Yang luber-lubernya share lagi yaa 😉

  4. December 14, 2015 / 8:17 am

    Makasih Mbak Anne. Saya teh kemaren penasaran sama isi materinya NgeblogAsik. Hihihi. Jadi deh belajar. 😀

    • Anne Adzkia
      December 14, 2015 / 8:54 am

      Belum semua ini Dan. Trus msh ada bbrp yg aku blm paham sbtlnya

  5. December 14, 2015 / 8:18 am

    Makasih sharingnya.
    Nah masalah gambar itu, aku kebanyakan pinjam tapi aku sebutkan sumbernya sih.

    Salam Kenal mbak

    • Anne Adzkia
      December 14, 2015 / 8:55 am

      Sama mbak, aku jg masih

  6. December 14, 2015 / 8:32 am

    Aku kalau nulis paling cuma 350 kata 😀

    • Anne Adzkia
      December 14, 2015 / 8:56 am

      Ayoo tambahin lg biar optimize 🙂

  7. December 14, 2015 / 9:48 am

    Terima kasih atas sharingnya, Mbak. Nambah ilmu baru nih. Soal gambar bertittle itu namanya Tittle Text dan Alt text 😀 saya pernah bahas di blog 😉

    • Anne Adzkia
      December 14, 2015 / 9:56 am

      Oya, makasih yaa. Nanti saya edit lagi postingannya ;D

  8. December 14, 2015 / 10:41 am

    Mmh, konten ku ngga ada yg sharable deh stelah kupikir2 gara2 baca ini. Wkwkwk. TFS Btw 😉

    • Anne Adzkia
      December 14, 2015 / 10:44 am

      Masa sih? ;D hehehe

  9. December 14, 2015 / 11:12 am

    PR aku membuat kontek yang sampai ke pembacanya. haru sbelajar banyak sama Mbak Anne nih

    • Anne Adzkia
      December 14, 2015 / 11:14 am

      Wah tulisanku jg masih hrs diperbaiki. Hrs belajar terus.

  10. nur rochma
    December 14, 2015 / 9:02 am

    Asyiknya dapat ilmu baru dan bermanfaat. Mesti belajar nulis yang panjang nih.

  11. December 14, 2015 / 12:16 pm

    Aku masih belum paham yang permalink deh. Itu apa sih? Bikin lanjutan tulisan ttg permalink dong anne (*spesial request).

    • Anne Adzkia
      December 14, 2015 / 12:44 pm

      Ok. Insya Allah ya mbak Ade. Nanti aku kabarin.

  12. December 14, 2015 / 1:04 pm

    Banyak yg dipelajari ternyata dalam dunia blogging. Heuheu… Masih PR banget bikin konten yang menarik. Ide2 ynt buat ngeblog isinya curhat2 ga penting mulu. Hihihi…

    • Anne Adzkia
      December 14, 2015 / 1:07 pm

      Sama sih Yan. Aku baru mulai pengin nulis yg bermanfaat, tp gada ide juga. Hahahaha.

  13. Inayah
    December 14, 2015 / 10:32 am

    ilustrasi yang dibikin mba Anne kece juga lho…(gagal fokus).

    • Anne Adzkia
      December 14, 2015 / 10:36 am

      Hahaha, akibat gaptek bikin infografis, yaa saya bikin pake tangan aja deh 😉

  14. December 14, 2015 / 1:49 pm

    Content is king 🙂

    Banyak dapat ilmu bermanfaat di sini. Thanks ya mbak sharingnya 🙂

    • Anne Adzkia
      December 14, 2015 / 1:58 pm

      Sama-sama Mbak Rien <3 <3 Alhamdulillah

  15. December 14, 2015 / 2:15 pm

    Nulis minimal 1000 kata ya, hihihi masih mencoba yang ini 😀

    • Anne Adzkia
      December 14, 2015 / 2:17 pm

      Sama mbak. Harus banyakin riset biar referensinya nambah

  16. December 14, 2015 / 2:15 pm

    Saya nih…konten blog masih amburadul…kebanyakan postingan lomba. kadang nggak pede…kalo mau share…hehe

    • Anne Adzkia
      December 14, 2015 / 2:16 pm

      Lomba juga bermanfaat kok mbak

  17. Molly
    December 14, 2015 / 11:17 am

    Asiikk.. dapet ilmu lagi, pencerahan lagi. TFS ya mak 😊.

    • Anne Adzkia
      December 14, 2015 / 11:18 am

      Anytime mbak

  18. Haryadi Yansyah | Omnduut.com
    December 14, 2015 / 12:55 pm

    Wuih banyak dapet ilmu nih aku. Langsung cek gtmetrix.com dapet skor B hmmm. Kalo yang mobile-friendly dibilang awesome, ya lumayan.

    • Anne Adzkia
      December 14, 2015 / 12:56 pm

      Yayyyy…alhamdulillaah 😀

  19. December 14, 2015 / 5:43 pm

    Thanks for sharing… saya udah lama vakum tp mau mulai ngeblog lagi, kunjungan pertama dan saya suka blog ini.

    • Anne Adzkia
      December 14, 2015 / 5:56 pm

      Ayooo ngeblog lagi mbaak. Makasih yaa

    • Anne Adzkia
      December 14, 2015 / 6:07 pm

      Ayo ngeblog lagi mbaaak. Makasih ya

  20. Mimi Affandi
    December 14, 2015 / 5:44 pm

    Heheehe betul. Paling dongkol kalo dapet content blog yang PHP. Judulnya aja yang nyantol tapi isinya gak mutu, apalagi kalo kebanyakan iklan pula.

    • Anne Adzkia
      December 14, 2015 / 6:08 pm

      Hehehe ttg iklan ini mmg challenging sih ya. Blogger hrs pinter juga menulis konten iklan yg menarik dan gak bosenin.

  21. December 14, 2015 / 5:57 pm

    Makasih sudah sharing mbak..
    sayangnya klo pake blogspot kayaknya gak bisa menghitung jumlah katanya.

    • Anne Adzkia
      December 14, 2015 / 6:09 pm

      Oya? Blogspot gak bisa ya? Hrs di word aja kalo gitu yah.

  22. PutriKPM
    December 14, 2015 / 6:06 pm

    Eh ilustrasinya kece loh, waaa suka :3
    Ilmunya bermanfaat banget, Mbak. Aku kemarin nggak sempat ke ToPed karena sakit huhuhu

    • Anne Adzkia
      December 14, 2015 / 6:10 pm

      Waah gara2 aku gak bisa bikin infografik jd pake handlettering infographic aja deh 😉

  23. December 15, 2015 / 5:38 pm

    Masih diem di dalam gambar ilustrasinya mbak…. ijin share ilustrasinya boleh yakkk yak

    • Anne Adzkia
      December 15, 2015 / 8:15 pm

      Boleeh. Hihihi

  24. December 16, 2015 / 1:18 am

    berbagi informasi ya, kek contohnya, malam-malam enak ngemil atau tidur..heheee. TFS Mbak, saya jadi semangat ngeblognya nich

    • Anne Adzkia
      December 16, 2015 / 6:42 am

      Yuk yuk, semangat trs 🙂

  25. December 16, 2015 / 2:10 am

    cakep-cakep, nih, infonya. Terima kasih banyak 🙂

    • Anne Adzkia
      December 16, 2015 / 6:42 am

      Sama-sama ^^

    • Anne Adzkia
      December 16, 2015 / 6:42 am

      Sama-sama^^

  26. Sri Suryani
    December 17, 2015 / 12:20 pm

    Dapat ilmu banyak nih… Makasih sharingnya teh. Tp lum pede bwt share xixixi

    • Anne Adzkia
      December 17, 2015 / 1:38 pm

      Ayo teh, pede aja 🙂

  27. Maya Siswadi
    December 20, 2015 / 11:16 am

    Huaaaa, dapat ilmu lagiii. Aku kemaren ga ikutan yg ngeblog asyik. Makasih yaa udah share

  28. December 29, 2015 / 4:19 pm

    Asyiik nambah lagi ilmu ngeblog. makasih ya Mbak 🙂

    dan akhirnya distribution is KING KONG 😀

    • Anne Adzkia
      December 29, 2015 / 4:20 pm

      Sama-samaa.

  29. January 7, 2016 / 11:53 pm

    Bermanfaat banget ini artikelmu kak Anne.
    Nomor empat kayaknya PR ku nih, aku lebih sering pakai referensi gambar orang lain dengan kredit -seandainya aku gak punya stock gambar yang aku butuhkan-, ternyata belum tentu setiap pemilik bersedia gambarnya dipakai ya? Padahal khan dengan begitu bisa nyiptain backlink ke situsnya. Hmmm bener gak?

    Yang nomor tujuh: Alternative Text kak, alias Alt Text 🙂 *nambahin*

    • Anne Adzkia
      January 7, 2016 / 11:55 pm

      Yg no 7 nanti aku edit tambahannya. Tengkiu Bart.

  30. evrinasp
    January 8, 2016 / 8:20 am

    pe er saya adalah memperbaiki themes agar mobile friendly dan ramah SEO, kalo konten udah lebih dari 400 dan diusahain 1000 mbak

    • Anne Adzkia
      January 8, 2016 / 8:45 am

      Sama Ev, foto2ku masih besar jd blm SEO friendly

  31. January 13, 2016 / 4:32 pm

    Makasih tipsnya

    • Anne Adzkia
      January 13, 2016 / 4:50 pm

      Sama-sama

  32. January 19, 2016 / 7:20 pm

    nyasar kesini dari blognya Ryan, aaahh nambah lagi ilmu SEO.
    dari dulu gak pinter-pinter nih gw mbak belajar beginian.
    salam kenal yaaa…

    • Anne Adzkia
      January 19, 2016 / 9:18 pm

      Samaaa…ini belajar sama Ryan n pakar lain

  33. May 11, 2016 / 8:23 am

    setuju mbak, nah masalahnya aku ini belum ada yang shareable, tema bog ku kayanya kurang diminati khalayak karena bahas yang hijau-hijau

    • Anne Adzkia
      May 11, 2016 / 8:41 am

      Masa sih Ev. Tulisanmu keren2 kok. Ttg hidroponik, dll itu kan sangat sharable.

  34. May 26, 2016 / 9:08 pm

    TFS Mba.
    Iya bener, ngebuktiin banget bahwa postingan yg dibikin bener-bener mulai dari cari temanya sampai garnishnya, itu mendatngkan traffic banget. Tapi kenapa ya, rasanya energi tak selalu ada untuk membuat postingan macam itu 🙂 ha..ha..

  35. June 2, 2016 / 7:13 pm

    Wah makasih banget tipsnya, dapat banyak ilmu tentang SEO nih 😀

    • Anne Adzkia
      June 2, 2016 / 7:21 pm

      Sama-sama ^^

  36. July 23, 2016 / 6:55 am

    waah dapet ilmu baru, thanks for sharing mba,

  37. July 24, 2016 / 7:49 am

    aku tergantung postingannya tapi semoga termasuk konten bagus bukan yang sekenanya saja xD
    makanya kalau nulis suka panjang, soale aku ngebidik bukan yang bw tapi yang butuh

  38. August 3, 2016 / 6:22 pm

    tenyata banyak banget ya ilmu yang musti dipelajari. ga cuma nulis – nulis konten aja. apalagi yang blognya isinya curhat kayak saya. hehe

  39. November 27, 2016 / 10:38 am

    Trmakasih mb Anne..jalan2 ketemu konten ini..
    Semakin malu…masih grontal grantul ngeblognya..

  40. June 22, 2017 / 4:40 am

    Kereeen ilmunya…jadi Lucu sendiri baca posyibgsn jaman baheula hihii
    Thanks Mbak Anne, saya mau Belajar lagiii aah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *