9 Destinasi Travelling dengan Atraksi Budaya Lokal Paling Menarik

9 Destinasi Travelling dengan Atraksi Budaya Lokal Paling Menarik

Salah satu harta sebuah bangsa adalah BUDAYA, dan Indonesia merupakan negara yang kaya akan kebudayaannya. Berbagai jenis budaya lokal terbentang dari Sabang hingga Merauke menjadi bukti betapa luas kebudayaan yang dimiliki Indonesia. Nggak heran jika hal ini menjadi alasan banyak traveller dunia menjadikan Indonesia sebagai destinasi liburan mereka.

Sebagai bagian dari bangsa Indonesia,  kita pasti kepingin dong ikut melestarikan kebudayaan ini. Dan saya ingin memberi rekomendasi tentang destinasi travelling di Indonesia dimana kita masih bisa merasakan kebudayaan yang kental.

Beberapa destinasi travelling yang recommended dengan atraksi budaya lokal Indonesia:

 

Bali

tari-bali

Sudah bukan rahasia jika Bali merupakan destinasi travelling favorit di Indonesia. Tidak hanya karena keindahan alam khususnya pantai, Bali juga terkenal memiliki banyak atraksi budaya lokal yang khas dan unik.

Budaya-budaya khas masyarakat Bali, salah satunya adalah upacara kremasi, yang mungkin pernah kita dengar melalui pelajaran di bangku sekolah dasar, Ngaben.

Kemudian, Bali juga terkenal dengan tari-tarian khasnya yang mendunia, seperti Tari Kecak, Tari Bali, Tari Pendet, dan Tari Cendrawasih. Selain itu, ada juga atraksi budaya masyarakat Bali, Makepung.  Makepung adalah atraksi balap kerbau yang diadakan di bagian barat Bali.

Lalu, selain budaya yang berunsur seni, Bali juga memiliki budaya dengan unsur keagamaan. Budaya dengan unsur keagamaan ini pada umumnya dilakukan di pura, dan Pura Besakih adalah salah satu pura yang paling ramai dikunjungi masyarakat Bali untuk ritual keagamaan.

 

Yogyakarta

upacara sekaten

Setelah Bali, destinasi travelling budaya selanjutnya adalah Yogyakarta. Di Jogja, Candi Borobudur, selain menjadi objek foto oleh wisatawan juga digunakan sebagai tempat ritual keagamaan umat Buddha pada Hari Waisak.

Lalu, ada juga ritual keagamaan umat Islam di Yogyakarta, yaitu Upacara Sekaten. Upacara Sekaten adalah upacara yang berlangsung di alun-alun Kota Surakarta dan Yogyakarta, untuk memperingati hari ulang tahun Nabi Muhammad SAW. Upacara ini diadakan setiap tanggal lima, bulan Jawa Mulud.

Selain Sekaten, masyarakat Yogyakarta juga memiliki upacara kebudayaan seperti Upacara Saparan. Upacara Saparan adalah upacara budaya masyarakat Yogyakarta untuk menghormati arwah Kiai dan Nyai Wirosuto sekeluarga. Upacara ini ditandai dengan perarakan boneka Bekakak. Penasaran seperti apa? Kunjungi langsung saja Yogyakarta.

 

Maluku Utara

festival teluk jailolo

Sumber: Indonesian Travel Magazine

Di Maluku Utara tepatnya di Halmahera Barat, terdapat sebuah teluk bernama Jailolo. Teluk Jailolo ini adalah lokasi dimana masyarakat mengadakan Festival Teluk Jailolo. Festival ini adalah salah satu festival paling meriah yang diselenggarakan oleh pemerintah Halmahera Barat. Festival ini berlangsung selama kurang lebih satu minggu, dan diadakan setiap tahun.

Acara di festival ini antara lain adalah tari-tarian tradisional, adegan teatrikal di atas laut, pameran rempah, dan pesta pernikahan massal. Sebuah pertunjukan yang cukup menarik untuk disaksikan.

 

Madura

karapan sapi

Jika dahulu Roma memiliki balap kereta kuda, Indonesia memiliki hal serupa yaitu balap sapi. Tepatnya di Madura, balapan sapi atau disebut Karapan Sapi, adalah festival masyarakat Madura yang diadakan antara bulan Juli hingga Oktober setiap tahunnya.

Setelah melewati beberapa fase, puncak dari Karapan Sapi akan diadakan di Kabupaten Pamekasan, Madura. Hadiah bagi pemenang pun tidak tanggung-tanggung, satu unit mobil diberikan untuk jawara Karapan Sapi ini.

 

Semarang

festival dugderan semarang

Selain Lawang Sewu dan Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang juga terkenal dengan atraksi budayanya, Dugderan.

Atraksi budaya Dugderan adalah festival masyarakat muslim di Semarang untuk menyambut bulan puasa. Ciri khas Dugderan adalah perarakan maskot berupa boneka bertubuh kambing, berkepala naga, dan diiringi penari tarian Japin. Perarakan ini dilakukan dari Balai Kota hingga Masjid Agung Jawa tengah.

Akhir dari Dugderan ditandai dengan pengumuman tanggal dimulainya Bulan Ramadhan dan tabuhan bedug dari Walikota Semarang.

 

Bromo

kasada

sumber: Bromojaya Travel Agent

Bermula dari kisah Roro Anteng dan Joko Seger, masyarakat Suku Tengger mengadakan ritual kepercayaan Kasada setiap Bulan Kasada hari ke-14 dalam penanggalan Jawa. Masyarakat yang tinggal di daerah Gunung Bromo ini, percaya bahwa ritual Kasada sangat penting karena dapat mempengaruhi aktivitas Gunung Bromo.

Ritual Kasada ini dilakukan masyarakat Hindu Suku Tengger dengan mengenakan pakaian adat, dan berjalan kaki sejauh lima kilometer menuju Pura Agung, sambil membawa hasil pertanian untuk sesajian.

Setelah berdoa dan menyelesaikan ritual di Pura Agung, mereka akan segera mendatangi kawah Gunung Bromo untuk melempar hasil pertanian sebagai pengorbanan kepada Sang Hyang Widhi.

Acara ini pun banyak menyita perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara.

 

Raja Ampat

festival bahari raja ampat

Sumber: Web Pendam17 Cendrawasih

Selain keindahan alam-nya mempesona, alasan lain untuk mengunjungi Raja Ampat adalah untuk menyaksikan atraksi budaya Kepulauan Raja Ampat, Festival Bahari.

Festival ini diadakan sekitar bulan Agustus setiap tahunnya di Kota Waisai, Raja Ampat. Ada banyak lomba untuk memeriahkan festival ini, seperti lomba foto bawah laut, balap perahu dayung dan voli pantai. Selain itu, diadakan juga atraksi kesenian masyarakat, seperti tari-tarian tradisional Raja Ampat dan Kabupaten lain di Papua.

Festival ini bertujuan untuk mengundang wisatawan dari seluruh dunia untuk mengunjungi Raja Ampat dan daerah Indonesia Timur lainnya.

 

Tana Toraja

mapasilaga tegong

Kabupaten yang terkenal dengan budaya Rumah Tongkonan ini terletak di Provinsi Sulawesi Selatan. Banyak wisatawan menjadikan Tana Toraja sebagai tujuan wisata karena keunikan budaya lokal masyarakat Tana Toraja ini.

Salah satu budaya khas Toraja adalah adu kerbau yang disebut Mapasilaga Tegong. Atraksi budaya ini, mempertontonkan pertarungan kerbau terbaik, yang pada umumnya berjenis albino, lumpur, Salempo, dan Boke. Selain itu, ada juga prosesi pemotongan kerbau yang disebut Ma’tinggoro Tedong.
Mapasilaga Tegong dan Ma’tinggoro Tedong diadakan sebelum acara pemakaman masyarakat Tana Toraja yang disebut Rambu Solo.

 

Danau Toba

festival danau toba

sumber: The Baltimore Sun

Destinasi travelling dengan atraksi budaya selanjutnya adalah Danau Toba, Sumatera Utara.

Nah, ketika mengunjungi Danau terbesar se-Asia Tenggara ini, pastikan untuk menyaksikan Festival Danau Toba. Festival ini diselenggarakan selama empat hari di bulan September, setiap tahunnya.

Festival Danau Toba akan dimeriahkan dengan perlombaan balap perahu beregu di Danau Toba, menggunakan perahu khas Pulau Samosir yang disebut, Solu Bolon.

Festival ini juga diiringi oleh kesenian khas Batak seperti Tari Tor Tor, Musik Gondang dan boneka tradisional, Sigale-Gale.

***

Traveller mancanegara saja berbondong-bondong datang melihat budaya lokal kita. Yuk, segera kita kunjungi destinasi-destinasi travelling budaya Indonesia ini! Mengunjungi berbagai destinasi ini juga merupakan media yang baik untuk mengenalkan kebudayaan Indonesia sedini mungkin kepada si kecil.

Tips dari saya, untuk mempermudah mencari dan membeli tiket transportasi ke destinasi-destinasi travelling ini, manfaatkan layanan online seperti Skyscanner. Selain mencari tiket penerbangan jadi lebih mudah, kamu juga bisa mencari penginapan serta menyewa mobil lewat layanan Skyscanner.

Jadi, sudah tentukan kemana selanjutkan kamu akan berlibur?

 

 

 

 

Share:

27 Comments

  1. February 21, 2017 / 12:08 pm

    Jogjakarta tetap tujuan favorit untuk berwisata 🙂 dekat sih sama solo

    • Anne Adzkia
      February 21, 2017 / 1:21 pm

      Saya juga suka Jogjaaa

  2. February 21, 2017 / 1:09 pm

    Belum pernah ke Maluku.
    Paling pengen ker Raja Ampat

    Sudah sering ke bromo.
    Tapi belum pernah bertepatan dengan adanya upacara upacara adat gitu

    • Anne Adzkia
      February 21, 2017 / 1:22 pm

      Ayo mbak, coba traveling ke Indonesia Timur. Katanya pemandangan alamnya cantik banget

  3. February 21, 2017 / 1:44 pm

    Bali selalu jadi destinasi pertama dan utama buat travelling. selalu

    • Anne Adzkia
      February 23, 2017 / 12:06 am

      Bali memang masih jadi destinasi favorit yaa

  4. February 21, 2017 / 3:00 pm

    Aku mau ke Raja Ampattt..
    Surga duniaaa ituu…
    Wah budaya indonesia keren bangett

    • Anne Adzkia
      February 23, 2017 / 12:07 am

      Samaaa 🙂 pengen banget

  5. February 21, 2017 / 3:33 pm

    jogjaa selalu di hatii 😀
    ngga bosen bosen jelajahi kota satu ini hihi

    • Anne Adzkia
      February 23, 2017 / 12:07 am

      Setuju

  6. February 22, 2017 / 5:53 am

    Huaaa masih banyak lokasi wisata Indonesia yang belum aku kunjungi. Daerah timur emang banyak pantai eksotis

    • Anne Adzkia
      February 23, 2017 / 12:08 am

      Pantainya masih bersih dan alami yaa

  7. February 22, 2017 / 9:47 am

    ye Semarang masuk 😀
    di sini Kaliwungu juga ada Dugderan mba An, rame banget

    • Anne Adzkia
      February 23, 2017 / 12:08 am

      Waah memang di beberapa kota budaya ini masih dilestarikan ya mbak. Keren

  8. February 22, 2017 / 10:08 am

    Itu emang tana ya mb bukan tanah

    • Anne Adzkia
      February 22, 2017 / 10:52 am

      Tana mbaa, hihi

  9. February 22, 2017 / 6:02 pm

    Teluk Jailolo indah sekali…dasar lautnya sampai keliatan. Jadi pengen ke sana…

    • Anne Adzkia
      February 23, 2017 / 12:09 am

      Ayo kesanaa, jangan sampai terlewat 🙂

  10. February 23, 2017 / 8:40 am

    Bromo, deket tapi belum…dan masih penasaran

    • Anne Adzkia
      February 23, 2017 / 11:20 am

      Yang udah pun masih penasaran kok 🙂

  11. February 23, 2017 / 9:34 am

    ke Raja Ampat yuk . banyak wisata menarik diIndonesia yg belum didatangin

    • Anne Adzkia
      February 23, 2017 / 11:21 am

      Mauuuu

  12. Astri Indriyati
    February 23, 2017 / 10:08 am

    Mari menjelajah Indonesia..

    • Adhe Rizka
      February 23, 2017 / 11:02 am

      Yuuuk mariii… Raja Ampat sama MalUt yang diawang2.. kapan bisa sampe sana 🙂 🙂

      • Anne Adzkia
        February 23, 2017 / 11:21 am

        Kapan mulai nabung? Gak mulai-mulai nih

  13. February 23, 2017 / 6:00 pm

    Kayaknya harus diagendakan nih datang ke tempat-tempat ini pas ada event budaya-nya. Seru banget kalo bisa liat.

  14. Oyeq SF
    March 19, 2017 / 6:50 am

    Lombok Kok Gk Ada??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *