Belanja di ShopBack, Cara Hemat dan Cermat Supaya Dapat Cashback

Belanja di ShopBack, Cara Hemat dan Cermat Supaya Dapat Cashback

“Penghematan Mode ON” di rumah masih berjalan. Meski tantangannya nggak mudah. Apalagi namanya perempuan nggak bisa menahan godaan untuk nggak belanja. Katanya sih itu sudah jadi fitrahnya perempuan yang terikat pada kebendaan. Makanya, susah deh memulai decluttering ya.

Masih ingat apa itu decluttering? Itu lho, proses menyortir barang dan perabot di rumah yang sudah nggak terlalu dipakai lagi. Aktivitas ini lah yang saya dan keluarga lakukan dalam proses menjadi minimalist.

Nah, kalau kita mulai menyortir barang yang ada, berarti nggak boleh menambah barang baru dong? Hmmm, nggak juga sih. Kita boleh-boleh aja belanja. Dengan syarat, barang yang akan dibeli memang benar-benar kita butuhkan. Nggak boleh karena tergoda doang.

Dan tentunya harus berhemat juga, alias mencari barang sebisa mungkin dengan harga murah namun dengan kualitas yang tetep keren. Menurut saya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa belanja tapi tetap berhemat. Saya coba tuliskan ya, berdasarkan pengalaman sehari-hari.

Tips Belanja Hemat ala Anne

  1. Belanja kebutuhan rumah tangga seminggu sekali

Saya biasanya belanja secara mingguan, ini termasuk belanja bahan makanan untuk nyetok isi kulkas. Kebetulan di kompleks rumah saya nggak ada tukang sayur yang lewat, jadi memang mau gak mau harus nyetok bahan makanan.

Keuntungannya belanja sekaligus dalam waktu sebulan atau seminggu sekali adalah kita nggak tergoda belanja tambahannya.

Karena tiap-tiap kita mampir ke minimarket aja, rencananya belanja 1 item, tambahannya ada 2 item. Menghemat kunjungan, bisa menghemat pengeluaran juga.

  1. Membuat catatan belanja dan mematuhinya

Percuma ya kita punya daftar yang akan dibeli, kalau nggak dipatuhi. Pasti tambahannya akan banyak. Jadi sebelum belanja memang penting membuat shopping list dulu.

  1. Langsung ke lokasi tujuan, jangan melihat-lihat

Godaan besar buat perempuan nih, kalau habis melihat-lihat barang yang tadinya nggak akan dibeli berubah jadi kebutuhan. “Rasanya perlu beli ini deh.” Atau “Kapan lagi saya punya itu.”

Walaaah penyakit kambuhan itu. Jadi mendingan langsung ke konter tujuan, ambil seperlunya, lalu bayar dan pulang.

  1. Jangan pakai kartu kredit (CC)

Saya nggak punya kartu kredit dan menolak menggunakannya. Karena saya pikir, belanja itu sesuai dengan jumlah uang yang kita punya aja. Kalau pakai CC pasti godaannya besar dan akhirnya kita jadi punya hutang dan kena riba juga.

Kadang kita memang perlu punya CC untuk belanja barang-barang secara online seperti tiket atau reservasi hotel. Hanya saja, saat kita belanja offline, sebaiknya Ccnya nggak dibawa.

  1. Belanja online dan cari diskon atau cashback

Belanja online itu bisa menghemat ongkos. Meski nggak selamanya belanja online itu membuat kita jadi hemat. Kalau tergoda ya tergoda aja. Jadi supaya bisa menahan diri, tetap gunakan rumus: Belanja Langsung ke Tujuan. Jangan melihat-lihat beragam produk deh.

Belanja produk diskonan juga bisa jadi alternatif, namun bisa juga membahayakan. Kembali ke poin-poin di atas bahwa kita akan membeli barang yang kita butuhkan aja.

Sekarang, ada situs yang menguntungkan banget dengan memberikan cashback setiap berbelanja di web e-commerce atau marketplace. Jadi uang kita kembali beberapa persen deh. Lumayan kan.

Dimana Kita Bisa Dapat Cashback?

Ternyata ada lho situs yang bukan hanya menyediakan diskon tapi juga cashback. Pasti temen-temen biasa ya belanja di Lazada, Zalora, Tokopedia, Ebay, dan sebagainya. Sekarang, alih-alih belanja ke web e-commercenya langsung, kita cukup hanya mengunjungi satu situs yang di dalamnya terdapat berbagai e-commerce yang sudah kita percaya dan mendapat cashback pula!

Ya, tempatnya adalah SHOPBACK.CO.ID.

shopback

Nih ya, saya jelasin benefit belanja di ShopBack:

  1. Mendapat Cashback hingga 30% yang bisa ditransfer langsung ke rekening pribadi kita. Ya iyalah, masa rekening tetangga. Caranya mah tinggal belanja aja di beberapa merchants yang tersedia di ShopBack, seperti Tokopedia, BukaLapak, Lazada, Matahari Mall, eBay, AliExpress, Blibli, Groupon, Orami, Agoda, Tiket.com, Zalora, Muslimarket, Foodpanda, Berrykitchen, UBER, dll.

Begitu banyaknya e-commerce yang bergabung di ShopBack artinya situs ini terpercaya dan pernah juga diulas oleh media online terkemuka.

  1. Kalau dipikir-pikir, ngapain ya kita belanja lewat ShopBack. Kenapa nggak langsung aja ke web terkait, misalnya ke Tokopedia supaya menghindari belanja berlebihan tadi.

Ternyata, lewat ShopBack kita bisa dapet beberapa keuntungan, tapi jangan lupa untuk tetap menahan diri dan belanja sesuai yang dibutuhkan aja. Susah yeee. Iya, semua juga banyak godaannya. Tapi namanya juga perjuangan, no pain no gain ya.

Kalau mau hemat, ya harus berusaha.

Benefit dari belanja di ShopBack lainnya diantaranya:

– Lebih hemat dan menguntungkan apabila dibandingkan dengan langsung membeli di e-commercenya, karena mendapat tambahan uang cashback hingga 30%. Nah ini dia yang udah dibahas dari tadi.

– Dapat menggabungkan promo, diskon, voucher, kode kupon dari e-commerce + cashback dari ShopBack sehingga jauh lebih hemat!

Kita bisa mendapatkan voucher Lazada dan kode diskon Zalora. Dan dari e-commerce lainnya, trus digabungin.

– Lewat ShopBack,  belanja segala macam barang atau produk bisa dapat cashback. Seperti beli pulsa, gadget, smartphone, tiket pesawat, tiket kereta, tiket nonton bioskop, pesan hotel, voucher makan, makanan ringan, fashion, makeup, kebutuhan ibu dan balita seperti popok dan susu, dan masih banyak lagi.

  1. Belanja nggak perlu pergi-pergian jauh. Ini salah satu alasan kenapa saya memasukkan belanja online sebagai tips berhemat. Yaitu supaya selain hemat uang transportasi (plus jajan makanan dan macem-macem) kita juga bisa hemat waktu.

Apalagi, ShopBack sekarang bisa diunduh di Google Playstore dan Applestore dan ada bonus eksklusif buat penggunanya. Makin gawat sih emang ya, hahaha. Belanja bisa pake jari doang. Tapi sekali lagi, dengan beragam keuntungannya kita bisa lebih berhemat kok.

Asal kita tetap sadar diri dan jangan kalap. Katanya mau hidup minimalist, hihihi.

shopback app

4.       Ada program khusus yang kalau kita ngajak seorang teman buat belanja juga, akan dapat cashback tambahan. Kita dapat Rp 25.000,  teman yang diajak juga dapat Rp 25.000. Sssstttt, khusus untuk blogger dapat menggunakan link referal ShopBack sendiri agar mendapatkan Rp 25.000 untuk setiap visitor yang mendaftar. Yuuk kerjasama, temen-temen. Lumayaaaan *mukaduit* Cara kerjanya cuss langsung di webnya deh ya, biar jelas. Klik ini aja: https://www.shopback.co.id/cara-kerja

Nah-nah, jadi pengen belanja kaaan? No, tunggu bentar. Sebelum belanja, baca doa masuk pasar dulu. Karena godaan di marketplace sama dengan godaan saat kita masuk mall atau supermarket, segala kerasa penting dan ingin dibeli.

Tetap, gunakan akal sehat kita dan catat apa aja kebutuhan yang diperlukan. Dari cashbacknya, kita bisa dapat bonus uang untuk belanja sesuatu yang lain deh. Sesekali memanjakan diri juga boleh kok. Nggak usah dibuat susah.

Belanja Cermat dan Hemat? ShopBack-in Aja!

Share:

31 Comments

  1. September 29, 2016 / 1:51 pm

    saya masih belum bisa belanja mingguan kalau buat lauk pauk, teh. kalau sayur masih bisa beli banyak. kalau ikan sayanya yang bosan kalau itu-itu melulu 😀

    • Anne Adzkia
      September 30, 2016 / 2:28 pm

      Kalau sayur malah enaknya beli dadakan sih, aku pgnnya gitu. Hanya gak sanggup kalo ke pasar tiap hari.

  2. September 29, 2016 / 2:00 pm

    ish… asyik banget kayaknya ya belanja di shopback 🙂

  3. September 29, 2016 / 3:42 pm

    Cari yang diskonan bener bgt mba..misal minyakbyg lagi murah di toko a..gula di toko b..whehee..

    • Anne Adzkia
      September 30, 2016 / 2:29 pm

      Karena beda seribu dua ribu itu sangat berarti, wkwkwwkk

  4. September 29, 2016 / 3:53 pm

    Whaaa boleh juga nih…asik asik meluncur ah

    • Anne Adzkia
      September 30, 2016 / 2:29 pm

      Mangga cobian, bilih panasaran 🙂

  5. September 29, 2016 / 7:42 pm

    Sepertinya di kota-kota besar belanja online udah menjadi gaya hidup dan kebutuhan ya Mba. Banyak keuntungannya sih, salah satunya seperti yang Mba Anne bilang, hemat dan praktis.
    Kalau saya di Palopo belum bisa kayak gitu, hiks. Belanja online hanya untuk barang-barang yang nggak tersedia di sini. Dan ongkirnya berat bangeeet -___-

    • Anne Adzkia
      September 30, 2016 / 2:30 pm

      Aku bukan pembelanja online juga, kecuali memang butuuuuh banget. Jadi mbak Rotun ada temennya kok.

  6. September 29, 2016 / 8:37 pm

    Satu lagi, Teh. Belanja saat perut kenyang. Hehehehe… Kalau lapar bawaannya kalap. Pengin masak ini lah, itulah. Jadi beli macam2 bahan. Kalau kenyang secukupnya aja 😀

    • Anne Adzkia
      September 29, 2016 / 8:44 pm

      Yup, sebelum belanja harus makan dulu di rumah. Ini tips para org tua dulu ya, hihi.

  7. September 30, 2016 / 1:56 am

    Saya kok kalo belanja online justeru sering kalap ya, mbak? Hehehe…
    Milih satu terus liat selanjutnya, eh pas liat keranjang udah gede aja totalan harganya x_x

    • Anne Adzkia
      September 30, 2016 / 2:31 pm

      Naaah, itu ada tipsnya lagi biar nggak kalap 😀

  8. September 30, 2016 / 1:58 am

    Belanjaaaa…
    Seneng banget kalo denger kata itu.

    Apalagi mudah dan dapat cashback.

    • Anne Adzkia
      September 30, 2016 / 2:31 pm

      Anda masih normal. Hahahaha

    • Anne Adzkia
      September 30, 2016 / 2:32 pm

      Oya mbak. Good then ^^

  9. September 30, 2016 / 11:35 am

    Bener banget, Mbak. Sebelum belanja, buat list belanjaan. Belanja sesuai list, jangan tengok kanan-kiri. Belanja jangan terlalu sering. Dengan begitu, kita gak akan beli barang-barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan ya..

    • Anne Adzkia
      September 30, 2016 / 2:33 pm

      Jangan bawa uang banyak-banyak juga, hihihi

  10. September 30, 2016 / 12:29 pm

    Aku dah pernah beanja via shopback tapi belum unduh aplikasinya. Unduh ah biar praktis hehe TFS 🙂

    • Anne Adzkia
      September 30, 2016 / 2:33 pm

      Hati-hati kalap ya mbak, wkwkwk

  11. October 1, 2016 / 6:56 pm

    Nah… mesti tanggung jawab nih, jadi pengen belanja nih… gimana nih…. untung sudah awal bulan 🙂

  12. October 3, 2016 / 2:26 pm

    Kalau menurut mbak anne lebih baik yang mana mbak belanja kebutuhan rumah tangga perbulan atau perminggu ?

    • Anne Adzkia
      October 3, 2016 / 2:28 pm

      Kalau aku sih perminggu, karena tempat penyimpanan di rumah nggak memadai juga.

  13. October 5, 2016 / 1:51 pm

    Sama mbak anne, kalau belanja lauk pauk enakan seminggu sekali. jadi sebelum belanja sudah punya bayangan dan kadang ditulis menu masakan seminggu itu apa aja. Jadi lebih efisien pas belanja. lagian aku pun ke pasar itu perjuangan dan bisanya cuma hari sabtu, hehehe..

    nah kalau belanja online sekarang udah hampir nga pernah. nga tau tiba2 selera untuk belanja online pupus begitu saja. kecuali mungkin tiket pesawat kali yach. cuma rajin ngelihatin dan banding2in harga habis itu ditutup dech, takut tergoda.

  14. October 7, 2016 / 8:44 am

    makasih mba atas tips nya mba.

  15. October 10, 2016 / 1:55 pm

    Kayanya enak yah belanja di shopback ini. Mau nyobain ah ntar. Mayan bisa dapet cashback^^

  16. October 21, 2016 / 9:40 pm

    Aku juga suka belanja online, lebih simpel, apalagi diperlukan cepat. Nah, ditambah cash back wiih makin seru ya. Nulis lagi ah yang banyak biar belanja di ShopBack hehehe

  17. November 1, 2016 / 9:12 am

    berarti kita kembaran ya… sama2 muka duit… langsung semangat denger cash back sm voucher :))))

  18. November 1, 2016 / 1:41 pm

    gmn caranya buat menghemat pengeluaran kita ya mba??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *